Technical Infrastructure, WATER-TECH

Aplikasi SmArt Serv Kurangi Downtime, Banjir pun Diminimalisasi

SharePerusahaan Grundfos siapkan aplikasi SmArt Serv yang mampu  mengurangi downtime ketika  perbaikan mesin pompa secara online. Digitalisasi mesin pompa  jelas Nicolai Thrane,...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >

Perusahaan Grundfos siapkan aplikasi SmArt Serv yang mampu  mengurangi downtime ketika  perbaikan mesin pompa secara online. Digitalisasi mesin pompa  jelas Nicolai Thrane, Regional Service Director Grundfos  Asia Pacific, minimalkan banjir.   

Dari kiri, Nicolai Thrane, Regional Service Director Grundfos Asia Pacific dan Wahyu Khrisna Dewangga, Technical Service Supervisor PT Grundfos Pompa. (Foto/@: mmINDUSTRI.co.id/Rayendra L. Toruan)

Bukan hanya keluarga yang membutuhkan air yang disedot mesin pompa dari  perut bumi. Hampir seluruh sektor industri membutuhkan air. Air merupakan kebutuhan primer dan mutlak bagi manusia dan alam semesta yang juga sumber air.

Untuk menyedot air dari sumbernya, kita memerlukan mesin pompa merupakan bagian dari alat infrastruktur. Sekarang ini mesin pompa dilengkapi dengan aplikasi servis berbasis cloud terbaru  buatan Grundfos

Aplikasi yang merupapkan bagian dari teknologi, bermanfaat untuk mengurangi downtime pada infrastruktur utama sistem pompa. Aplikasi itu telah diterapkan di Indonesia sejak Februari 2020. 

Sektor publik dan swasta Indonesia telah memanfaatkan peran teknologi digital  untuk mengembangkan berbagai infrastruktur, mengoptimalkan kinerja, dan meningkatkan produktivitas—termasuk pengelolaan sektor air. 

Dengan digitalisasi yang telah diadopsi di Indonesia, berbagai sektor seperti manufaktur, utilitas, perbankan, telekomunikasi, penyiaran, e-commerce, logistik, travel, dan bidang lain semakin menguntungkan masyarakat dan pelaku bisnis. 

Kenyamanan dan kecepatan yang dihasilkan penggunaan digital   platform, misalnya melalui aplikasi-aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna dengan sangat mudah setiap waktu dan di mana saja. 

Sejalan dengan pertumbuhan implementasi digital di Indonesia, produsen pompa global Grundfos mendukung masyarakat Indonesia dengan aplikasi servis berbasis cloud terbaru yang disebut SmArt Serv. Tujuannya untuk mengurangi downtime atau waktu perbaikan infrastruktur pemompaan. 

Aplikasi seluler SmArt Serv ini memanfaatkan digital untuk memastikan kelancaran kinerja infrastruktur-infrastruktur utama di Indonesia, mulai dari industri hingga utilitas air yang menggunakan produk Grundfos. 

Aplikasi SmArt Serv hasil rancangab agar mampu menyediakan servis yang cepat dan efisien. Misalnya kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau kerusakan pada pompa-pompa Grundfos sekaligus memangkas proses servis, dan meminimalisir downtime pada setiap perbaikan. 

“Pertumbuhan signifikan pada ekonomi yang dibantu digital mengubah cara bisnis dan konsumen mengadopsi teknologi untuk membantu meningkatkan kinerja operasional infrastruktur. Ingat, konsumen mencari sebuah pengalaman pengguna next-generation yang terpersonalisasi, selalu bisa saling terhubung, cepat dan mulus–digitalisasi merupakan kunci utama,” tandas Nicolai Thrane, Regional Service Director Grundfos Asia Pasifik yang bermarkas di Singapura itu.

Aplikasi SmArt Serv adalah salah satu dari banyak inisiatif Grundfos yang menggabungkan digitalisasi dengan servis yang memastikan tingkat respons yang cepat dan meminimalisir downtime bagi para pelanggan Grundfos, tambah Nicolai Thrane kepada sejumlah jurnalis di Jakarta.  

Aplikasi SmArt Serv
Dari kanan ke kiri,  Wahyu Khrisna Dewangga, Technical Service Supervisor PT Grundfos Pompa, jurnalis mmINDUSTRI, Mahathi Parashuram, Regional Head of Public Affairs, Communication & Engagement Grundfos Asia Pacific Region (India),  Nicolai Thrane, Regional Service Director Grundfos Asia Pacific, Septa Perdana, Senior Partner Occam (Foto/@: mmINDUSTRI.co.id/File)

“Pentingnya peran air dalam banyak aspek ekonomi, setiap downtime pada infrastruktur utamanya tidak hanya berdampak negatif pada kesinambungan bisnis dan pendapatan, akan tetapi juga memiliki konsekuensi yang besar bagi masyarakat,” jelas Nocolai Thrane.

Ia mencontohkan banjir yang sering terjadi di beberapa kota di Indonesia merupakan bukti nyata pentingnya memiliki sistem pemompaan yang andal untuk proses drainase dan pengeringan yang lebih efisien agar dampak banjir minimal.  

Melalui aplikasi SmArt Serv,  pelanggan mudah  menemukan  penyedia servis lokal terdekat dan mengajukan permintaan dengan mengisi formulir secara online serta memasukan gambar pompa atau sistem tersebut secara online

Penyedia servis kemudian menugaskan salah satu teknisinya ke lokasi pelanggan untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah. Untuk pompa digital, penyedia servis dapat melakukan proses perbaikan secara online melalui fitur bantuan jarak jauh. 

Aplikasi ini juga menyediakan opsi kepada para pelanggan untuk memberikan peringkat dan pendapat setelah masalah pompa teratasi. Laporan-laporan pelanggan digunakan oleh Grundfos untuk menilai dan merencanakan peningkatan servis secara berkala. 

“Kami berupaya keras membangun pompa yang mumpuni agar pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik. Untuk itu kami menggabungkan kualitas tinggi dengan servis terbaik. Usulan pelanggan memastikan kualitas servis dan kami berusaha agar tidak sekadar memenuhi harapan pelanggan, namun melampaui ekspektasi mereka,” tandas Nicolai Thrane.

Sementara itu, Wahyu Khrisna Dewangga,  Technical Service Supervisor PT Grundfos Pompa, menjelaskan bahwa SmArt Serv dapat diakses melalui iOS, Android, dan Windows atau diinstal di komputer desktop milik pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *