KACAMATA PINTAR

Rahasia Mengoperasikan Mesin Bekerja dari Jarak Jauh

0
9
Kacamata pintar digunakan dalam mesin blister Noack Romaco (gambar kiri) dan (kanan) komunikasi virtual dengan hotline Romaco. (Sumber foto: Romaco Group)

Operator mesin di mana saja di seluruh dunia dapat diberikan instruksi sesuai target.  Contohnya selama fase inisial, perubahn format atau perbaikan.

Kacamata pintar digunakan dalam mesin blister Noack Romaco (gambar kiri) dan (kanan) komunikasi virtual dengan hotline Romaco. (Sumber foto: Romaco Group)

Alat Remote Assist adalah sebuah konsep layanan inovatif yang membuat Romaco dapat mendukung mesin secara real time. Empat mesin yang digelar pada pameran INTERPACK 2017 di Dusseldorf, Jerman dilengkapi dengan kacamata pintar. Teknologi ini memungkinkan komunikasi virtual antara operator mesin dan teknisi servis.

Bagian Romaco Service memperlihatkan kacamata pintar yang terhubung dengan internet yang memungkinkan mesin pabrikan dimomitor dari jarak jauh. Kacamata ini menghubungkan teknisi Romaco yang bertanggungjawab dengan operator mesin di lokasi pengguna melalui interface Wi-Fi. Sekarang pelanggan (pengguna mesin produksi) yang membutuhkan asistensi darurat untuk mengoperasikan peralatannya dapat memilih bantuan virtual dari Romaco.

Advertisement

Sebuah kamera terintegrasi dalam kacamata mengirimkan perspektif mesin secara langsung ke hotline monitor pegawai Romaco. Tim bantuan Romaco dapat memperoleh gambaran situasi mereka di lapangan secara live stream dan mengambil aksi menurut situasi tersebut.

Operator mesin di mana saja di seluruh dunia dapat diberikan instruksi sesuai target.  Contohnya selama fase inisial, perubahn format atau perbaikan. Ukuran resolusi 800×600 pixel atau lebih. Romaco dapat menunjukkan informasi penting kepada operator pada sistem layar transparan. Tiap pasang kacamata pintar dilengkapi dengan mikrofon dan headphones untuk berkomunikasi secara audio.

Penggunaan kacamata pintar dalam layanan pelanggan dapat menghemat  waktu dan ongkos karena kesalahan minor atau pesan eror dapat diselesaian dengan cepat dan mudah. Hal itu  berarti berkurangnya waktu henti (mengaso) dan secara signifikan OEE (overall equipment effectiveness) berjalan lebih baik.

Teknologi industri 4.0

“Kacamata pintar adalah instrumen pabrik di masa depan. Kehadirannya merupakan pencapaian besar bagi aktivitas layanan dalam bentuk apa pun,” jelasan Gero von Stackelberg, Product Manager Customer Service perusahaan Romaco. “Kemampuan untuk berkomunikasi secara virtual menyederhanakan pekerjaan harian tim hotline kami, sementara itu pelanggan kami mendapat keuntungan dari layanan yang efisien dan terjangkau.”

Baca juga :   Cerdaskanlah Pabrik agar Efisien

Orang mendapat kesempatan untuk mencoba teknologi industri 4.0 yang inovatif ini pada empat mesin yang berbeda milik  Romaco. Sebuah processing machine Innojet V 100, tablet press Kilian KTP 590X, mesin blister Noack NBP 950, dan sebuah cartoner Promatic PCI 915 masing-masing dilengkapi dengan kacamata pintar. Kacamata ini adalah elemen penting bagi konsep layanan Remote Assist buatan Romaco.

Manajemen Romaco memperkenalkan Remote Assist sebagai konsep generasi selanjutnya untuk remote bantuan online. Sistem ini menjembatani jarak fisik ke pelanggan dengan pertukaran data secara langsung dengan posisi mesin di lapangan (lokasi pabrik). Terminal HMI Romaco dikonfigurasikan dengan tombol Call 4 Service untuk tujuan ini. Hanya dengan menekan tombol ini yang diperlukan untuk menginisiasi sebuah tugas servis melalui sistem tiket Romaco.

Seluruh data relevan, termasuk pesan eror, kemudian dikirimkan melalui koneksi yang aman ke platform pusat layanan Romaco. Dengan menggunakan konsep ini memungkinkan penyelesaian masalah dengan cepat. Contohnya waktu diagnostik yang berharga dibuat menjadi ekonomis. Para ahli Romaco dapat bekerja untuk menemukan solusi tanpa jeda.

Prioritas pertama adalah untuk membatasi waktu henti mesin hingga seminimum mungkin. Menggunakan aplikasi status, pemilik perlengkapan pabrikan Romaco dapat memeriksa status mesin mereka kapan pun juga melalui portal pelanggan. Konsep Remote Assist yang diperkenalkan Romaco memberi keseluruhan arti baru pada kalimat “dekat dengan pelanggan”.

Kapan kacamata Remote Assist digunakan oleh para pelaku industri khususnya farmasi di Indonesia? Kita tunggu saja berita dari Grup Romaco.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda