PENDIDIKAN (2)

Anak-anak Berkarya dengan Open Roberta

0
1
Lebih dari 30000 anak- anak mengambil bagian dalam proyek Open Roberta tiap tahunnya.(Sumber foto/ ©: Fraunhofer IAIS).

Konsep pelatihan komprehensif  maupun gender-appropriate teaching dan materi pembelajaran mendukung para guru.

Lebih dari 30000 anak- anak mengambil bagian dalam proyek Open Roberta tiap tahunnya.(Sumber foto/ ©: Fraunhofer IAIS).
Lebih dari 30000 anak- anak mengambil bagian dalam proyek Open Roberta tiap tahunnya.(Sumber foto/ ©: Fraunhofer IAIS).

Perangkat lunak berbasis web memungkinkan anak-anak untuk bekerja di program mereka sendiri baik di sekolah dan di rumah, membaginya dengan orang lain dan mengerjakan bersama, kapan pun dan di mana pun.

Tutorial untuk guru yang bekerja dengan Open Roberta akan tersedia sebentar lagi, yang khusus dibedakan antara ketertarikan anak perempuan dan laki-laki.

Advertisement

Saat ini di pengujian beta, perangkat lunak Open Roberta akan dikembangkan sebagai sumber terbuka. Langkah selanjutnya adalah untuk para ahli TI dari IAIS untuk secara aktif melibatkan guru dan para ahli pendidikan dari jaringan Roberta serta universitas dan siswa mereka dalam proses pengembangan.

“Bekerja dengan pihak universitas secara simultan memperkuat proyek dan menyediakan pengalaman praktik pemrograman bagi para siswa,” penjelasan Wrobel.

Pada pertengahan 2015, perangkat lunak sudah tersedia tanpa batasan bagi semua orang, dapat untuk memprogram sistem robot tambahan, contohnya. Baik perangkat lunak dan peralatan pengembang sumber terbuka akan tersedia pada server Fraunhofer.

Selain itu, para siswa dari seluruh Jerman dapat secara aktif membentuk lingkungan pemrograman Open Roberta dengan melaksanakan workshop ide dan kompetisi.

Open Roberta juga memungkinkan IAIS Fraunhofer untuk melanjutkan kolaborasi kontinyu dengan LEGO Education. LEGO Education membuat 160 building kit Open Roberta tersedia untuk distribusi lebih lanjut di berbagai Länder.

Dalam kerja sama dengan inisiatif D21 dan inisiatif “Anyone can Program” oleh Start Coding e.V., partner proyek mempresentasikan pekerjaan mereka ke publik untuk pertama kalinya pada 4 November 2014.

Baca juga :   Mobil yang dapat Terbang, Menyelam dan Mendarat

Inisiatif Roberta-Learning with robots

Program Roberta-Learning with Robots adalah sebuah program edukasi yang membantu memercikkan antusiasme dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi di antara anak-anak dan remaja lebih dari sepuluh tahun.

Diluncurkan oleh IAIS pada tahun 2002, inisiatif ini menerima pendanaan dari German Federal Ministry of Education and Research (BMBF). Tiap tahun, inisiatif Roberta mencapai lebih dari 30.000 orang muda melalui lebih dari 800 pelatihan Roberta yang terdokumentasi.

Konsep pelatihan komprehensif  maupun gender-appropriate teaching dan materi pembelajaran mendukung para guru yang mana mereka menanamkan topik terkait pada ilmu pengetahuan alam atau teknologi dengan cara yang menyenangkan.

Pusat regional Roberta dan pengajar Roberta tersertifikasi membuat sebuah jaringan Eropa untuk berbagi penglaman dan lebih lanjut lagi mengembangkan konsep Roberta. (Bahan diolah dari Programming is child’s play karya Katrin Berkler dan Marion Horn, Fraunhifer 2/15)

Simak artikel selanjutnya dengan topik PENDIDIKAN (1)
Anak-anak Tangani Program Robot

Advertisement

Tulis Opini Anda