Robot YuMi®

ABB Memanusiakan Robot

0
15
Robot YuMi®buatan ABB mampu berkolaborasi dengan manusia, dan dapat melakukan pekerjaan di lokasi paling sulit yang berpotensi membahayakan seperti di dasar laut. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Robot YuMi® mampu mengelas pipa di dasar laut. Konsep robot buatan ABB ini unik  dan menimbulkan masalah tapi justru menciptakan jalan baru untuk utilisasi peran teknologi agar kualitas hidup manusia semakin meningkat.

Robot YuMi®buatan ABB mampu berkolaborasi dengan manusia, dan dapat melakukan pekerjaan di lokasi paling sulit yang berpotensi membahayakan seperti di dasar laut. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Robot YuMi®buatan ABB mampu berkolaborasi dengan manusia, dan dapat melakukan pekerjaan di lokasi paling sulit yang berpotensi membahayakan seperti di dasar laut. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Kedua lengan robot bernama  YuMi® bergerak-gerak seperti hendak mengerjakan sesuatu. Menurut   Lilik Suharmawan Local Business Unit Manager Robotic Discrete Automaton and Motion Division PT ABB Sakti Industri,  di sektor industri, inilah kali pertama robot YuMi® mampu berkolaborasi dengan manusia. Dia seolah mampu berbicara dengan tim kerja yang terdiri dari beberapa orang.

Robot YuMi® merupakan wujud komitmen ABB untuk memberikan solusi inovatif di bidang energi dan teknologi otomatisasi yang aman bagi manusia dan lingkungan. ABB sebagai perusahaan di bidang energi dan teknologi otomatisasi,  menciptakan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi pada sektor energi, mengoptimalkan produktivitas industri, sekaligus mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Meski penggunaan robot di sektor indusri masih jarang, ABB  justru menerbangkan YuMi® ke Indonesia manusia. Siapa tahu si YuMi® mudah mendapatkan pekerjaan di sektor energi atau industri manufaktur yang merupakan andalan pada masa yang akan datang.

Advertisement

Robot YuMi® mempunyai  fitur-fitur unggulan yang dirancang khusus agar dapat berkolaborasi dengan manusia. Menurut  Claes Rytoft Chief Technology Officer and Group Senior Vice President ABB Group yang bermarkas di Zurich, Swiss, bahwa kunci kinerja YuMi® agar dapat bekerja seperti manusia sepenuhnya ditentukan oleh perangkat lunak, presisi, dan desain yang inovatif.

Richard Ledgard (paling kiri) Presiden Director PT ABB Sakti Indonesia, Steven Lim Head of Division Discrete Automaton and Motion Division PT ABB Sakti Industri (nomor 2 dari kiri), dan Lilik Suharmawan Local Business Unit Manager Robotic Discrete Automaton and Motion Division PT ABB Sakti Industri (nomor 5 dari kiri) saat meluncurkan robot  YuMi® pada pameran Elecric, Power & Renewable Energy Indonesia di Kemayoran, Jakarta. (Sumber foto: ABB)
Richard Ledgard (paling kiri) Presiden Director PT ABB Sakti Indonesia, Steven Lim Head of Division Discrete Automaton and Motion Division PT ABB Sakti Industri (nomor 2 dari kiri), dan Lilik Suharmawan Local Business Unit Manager Robotic Discrete Automaton and Motion Division PT ABB Sakti Industri (nomor 5 dari kiri) saat meluncurkan robot YuMi® pada pameran Elecric, Power & Renewable Energy Indonesia di Kemayoran, Jakarta. (Sumber foto: ABB)

Membuka peluang baru

Saat ini, dengan melihat pertumbuhan dan pergerakan industri produksi yang meningkat begitu pesat, secepat pertumbuhan industri manufaktur komponen berukuran kecil, industri elektronik sendiri secara mengejutkan memperlihatkan permintaan pasar yang sangat tinggi. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan  berlomba untuk mencari solusi baru yang lebih strategis dan ekonomis yang mampu menjawab berbagai tantangan dan kendala tersebut.

Oleh karena itu, peluncuran YuMi® diharapkan dapat membuka peluang baru pada perakitan komponen industri berukuran kecil sehingga mendorong perkembangan berbagai industri, terlebih lagi aplikasi robot kini tengah menarik perhatian masyarakat dan komunitas robotik di Indonesia.

Baca juga :   Apa Manfaat Sensor Gambar Berbasis Monolitik?

“YuMi®  akan mengubah cara berpikir kita terhadap otomatisasi perakitan dan akan memberikan sudut pandang baru terhadap masyarakat modern dimana manusia dan robot dapat bekerja berdampingan,” ujar Manpalagupta Sitorus, Country Communications Manager ABB di Indonesia.

Selain YuMi®, ABB juga menawarkan berbagai solusi berupa produk, jasa dan sistem untuk efisiensi energi—mulai dari pembangkit listrik, distribusi listrik sampai energi terbarukan. ABB juga fokus pada kebutuhan berbagai industri primer, seperti industri makanan dan minuman, minyak dan gas, infrastruktur, data centers, pulp dan kertas, pertambangan, mineral dan kelautan.

Dengan meningkatnya kebutuhan dan permintaan industri modern, sektor listrik di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi membutuhkan investasi yang sangat besar. Agar tren ini dapat menyediakan pertumbuhan ekonomi positif serta memenuhi kebutuhan listrik dari populasi yang semakin meningkat, maka ABB berdedikasi menawarkan solusi melalui energi terbarukan dan inovasi dalam produk yang ditawarkannya.

Menurut Richard Ledgard Presiden Director PT ABB Sakti Indonesia, ABB tetap komit untuk terus memberikan solusi lengkap dan update terbaru secara berkala di bidang energi dan teknologi otomatisasi kepada pelaku industri di Indonesia, yang dapat ditemukan di satu tempat pada satu perusahaan.

Rangkaian solusi yang ditawarkan ABB diharapkan dapat membantu para pelaku industri dengan latar belakang beragam untuk mencapai tujuan bisnis mereka. ABB hadir dengan solusi yang menekankan pada efisiensi, kualitas tinggi, keselamatan dan pengurangan konsumsi energi agar proses produksi dapat dilakukan secara aman untuk lingkungan.

ABB adalah perusahaan yang bergerak di bidang energi dan teknologi otomatisasi yang mendukung kalangan industri dalam memicu kinerja mereka dalam utilitas, transportasi dan infrakstruktur, seraya mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda