Distribusi, Energi

Optimalkan Pembangkit Listrik dari Sumber Energi Terbarukan, Manfaat myPowerGrid?

Bagaimana tim ahli optimalkan pembangkit listrik yang berasal dari sumbet energi terbarukan?  Interaksi pembangkit harus efisien, pasokan cukup andal, energi dapat disimpan,...

Written by Erwin Prasetyo · 1 min read >
Optimalkan Pembangkit Listrik

Bagaimana tim ahli optimalkan pembangkit listrik yang berasal dari sumbet energi terbarukan?  Interaksi pembangkit harus efisien, pasokan cukup andal, energi dapat disimpan, dan  jaringan listrik selalu stabil.  Apa kaitan myPowerGrid dengan penyimpanan energi?

Optimalkan Pembangkit Listrik
Sistem manajemen energi Fraunhofer ITWM menggunakan nama Amperix®; myPowerGrid adalah platform untuk komunitas microgrid dan energi. (Foto/©: Fraunhofer ITWM

Kalau pasokan listrik berkurang, para pelanggan merasa dirugikan. Kalau tagihan membengkak atau tarif naik secara mendadak, pelanggan pun heboh. Listrik merupaka kebutuhan prima.

Optimalkan Pembangkit Listrik

Oleh sebab itu, para ahli yang bekerjaa di Power Electronics, Grids and Smart Systems, dan Fraunhofer ISE—ketiga organisasi itu berkaitan dengan energi—selalu membahas topik-topik penelitian tentang kelistrikan. 

Penggabungan antarsektor yakni energi dan sektor transportasi dan bangunan sebagai contoh yang mewakili aspek penting yang dilakukan oleh tim ahli.

Daya elektronik yang meliputi teknologi semakin penting guna menyanggupi tersedianya pasokan energi pada masa depan demikian para ahli Fraunhofer. 

Dengan menerapkan teknologi untuk mengatasi gangguan seperti silikon karbida atau semikonduktor gallium nitride, para ahli  mengembangkan inverter yang secara signifikan lebih kompak, lebih efisien, dan lebih murah. 

Pembahasan dan penelitian bukah hanya  sumber energi terbarukan. Tim ahli juga membahas keuntungan elektromobilitas dari perkembangan infrastruktur pengisian daya tinggi dan mendukung jaringan dan jarak jelajah yang lebih lama dengan on-board converters yang efisien. 

Penyebaran fotovoltaik, pompa panas, dan kendaraan listrik yang berkembang memperluas kapasitas beban jaringan listrik hingga batasnya di berbagai negara. 

Kekurangan dan ketidakstabilan yang dinamis sering dihadapi para ahli. Dengan demikian tim ahli harus bekerja pada integrasi jaringan yang lebih baik dari sistem energi terdistribusi. 

“Operasi yang mendukung jaringan” seperti  PV or battery systems bergantung pada kepatuhan terhadap pedoman yang relevan, dan pada integrasi sistem yang optimal ke pasar energi.  

Digitalisasi memainkan peran penting dalam proses. Selain simulasi dan optimalisasi jaringan listrik untuk mencapai kapasitas yang lebih besar, tim ahli meneliti peran teknologi informasi dan komunikasi baru termasuk penggunaan metode kecerdasan buatan atau artificial intelligence

Para pakar bertujuan untuk memungkinkan pembangkit listrik mengatur diri secara mandiri, sehingga peralatan termasuk mesin pembangkit secara bersama merespons tantangan yang berasal dari aplikasi atau sistem. 

Selain itu, para peneliti mengembangkan model digital untuk analisis holistik sistem energi. Cara ini memberikan rute konversi yang optimal berbasis tekno-ekonomi untuk transformasi energi antarsektor.

Hal itu sangat penting baik untuk mendukung terbentuknya kota cerdas atau smart city baik tingkat regional dan transnasional. Tim peneliti mensosialisasikan hasil penelitian mereka dengan tajuk: myPowerGrid yang bertujuan untuk mencapai penyimpanan energi yang ramah lingkungan.

Agregasi penyimpanan energi bertujuan untuk melancarkan distribusikan. 

Penciptaan myPowerGrid bertujuan untuk menyimpan energi dengan cara mendistribusikan energi ke dalam myPowerGrid-Platform. Operasi agregat penyimpanan memungkinkan manajemen yang aman dan masuk akal secara ekologis, dan pada saat yang sama dioptimalkan secara ekonomi.

Integrasi energi terbarukan meliputi:

myPowerGrid mengintegrasikan daya hijau (ramah ingkungan) ke dalam jaringan listrik, dan menangani tantangan pembangkit listrik berkelanjutan.

Dengan myPowerGrid memungkinkan untuk mengurangi permintaan puncak berdasarkan basis konsumsi dan perkiraan PV.

Optimalisasi pasokan secara mandiri

myPowerGrid memaksimalkan pasokan energi-PV

Menghindari ekspansi Grid

myPowerGrid memungkinkan untuk membongkar jaringan listrik dengan pengaturan penyimpanan energi yang cerdas.

Nilai tambah regional

myPowerGrid meningkatkan manfaat setiap penyimpanan individu, keberlanjutan regional, dan ekonomi regional.

Meningkatkan efisiensi ekonomi

Penyimpanan energi terdistribusi myPowerGrid menyediakan layanan jaringan berkualitas tinggi. Ini memungkinkan model bisnis yang menarik secara ekonomi, bahkan dalam periode cuaca buruk.

Perkiraan daya

myPowerGrid menyertakan satuan ramalan-PV untuk mengoptimalkan penggunaan penyimpanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *