AUTO-TECH, Marketing & Promotion

Mobil Sport Listrik Berpacu dengan Ban Hankook, Audi e-tron GT pun Menggunakannya

ShareMampukah  mobil sport listrik berpacu dengan ban Hankook seperti  Audi e-tron GT kendaraan listrik buatan Jerman?  Hankook Tire terpilih sebagai ban mobil...

Written by Jeremius Bawono · 1 min read >
Mobil Sport Listrik

Mampukah  mobil sport listrik berpacu dengan ban Hankook seperti  Audi e-tron GT kendaraan listrik buatan Jerman?  Hankook Tire terpilih sebagai ban mobil sport listrik pertama Audi. Apa manfaat teknologi bead-packing

Mobil Sport Listrik
Bank buatan Hankook yang telah digunakan mobik sport listrik buatan Jerman. Mobil sport listrik berpacu dengan ban Hankook (Foto/@: Hankook & Company Co., Ltd.)

Penulis: Jeremius Bawono        Editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id –  Dari kota Neu-Isenburg, Jerman, belum lama ini, Hankook & Company Co., Ltd., menginformasikan bahwa pasar mobil listrik tumbuh lebih cepat dibandingkan kategori mobil lainnya. 

Contohnya di pasar Eropa, pertumbuhan mobil listrik mengalami kenaikan hingga 138 persen tahun  tahun 2020. Potensi dan peluang itu dimanfaatkan baik oleh produsen ban global Hankook Tire dengan melakukan ekspansi pasar original equipment (OE).

Pengembangan pasar khusus untuk mobil listrik itu dilakukan oleh manajemen Hankook & Company Co., Ltd., yang bermitra  dengan Audi produsen mobil listrik premium di Jerman.

Mobil tipe Audi e-tron GT pun menggunakan ban buatan Hankook & Company Co., Ltd. Sejak tahun 2018, prototype atau purwarupa  Audi e-tron GT dipresentasikan untuk pertama kalinya, dan disambut antusias oleh pengguna mobil listrik premium pada tahun 2021. 

Mobil Sport Listrik Berpacu dengan Ban Hankook

Ban Hankook khusus  mobil listrik dinamai  Ventus S1 evo 3 ev yang terpilih sebagai ban resmi untuk Audi e-tron GT ex works. Sementara ban ukuran 225/55R19 XL 103Y dipasang di bagian roda depan, sedangkan ban ukuran 275/45R19 XL 108Y melengkapi bagian roda belakang. 

Ban Ventus S1 evo 3 ev telah melalui berbagai penyempurnaan teknis agar memungkinkan performa mobil sport listrik semakin maksimal. 

“Pengembangan ban listrik itu sangat kompleks. Hasilnya terasa sepadan dengan upaya kami saat melakukan ekspansi penelitian. Hankook membuat sejumlah model ban premium untuk segmen mobil sport listrik seperti  Audi e-tron GT,” ungkap Jeongho Park, Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Divisi OE Hankook & Company Co., Ltd.

Jeongho Park melanjutkan, posisi ban buatannya sangat baik dalam segmen ini secara keseluruhan. Untuk mendukung Audi e-tron GT, pola tapak Ventus S1 evo 3 telah diadaptasikan secara khusus untuk meredam kebisingan ban hingga sekitar 3 desibel. 

Ini sangat penting, karena suara mesin mobil listrik telah diredam, maka suara gesekan jalan dan ban dianggap lebih keras demikian rilis Jeongho Park. 

Selanjutnya, untuk mengantisipasi tekanan tinggi yang dihasilkan performa kendaraan yang kuat, ban mobil listrik Hankook didukung dan kekakuan lateral tinggi sehingga  memberikan handling yang tepat bahkan saat digunakan dalam kecepatan tinggi. 

Mobil Sport Listrik
Ban nyaman meluncur di jalan dengan jarak jauh (Foto/@: Hankook & Company Co., Ltd.)

Dengan karakteristik mobil Grand Turismo seperti Audi e-tron GT yang sporty, ban menjadi komponen penting guna memberikan kenyamanan berkendara seperti melintas di jalan yang berjarak jauh.

“Ban Hankook memiliki kekuatan berkendara yang tinggi untuk Audi e-tron GT saat meluncur di jalan, dan di waktu yang sama juga memberikan resistensi gulir yang rendah sebagai kunci bagi efisiensi dan kemampuan jarak yang jadi keunggulan mobil listrik. Kami bangga dengan hasilnya,” tutur Jeongho Park.

Untuk memenuhi kebutuhan spesifik bagi mobil listrik seperti Audi e-tron GT, para pengembang produk Hankook mengoptimasi proses vulkanisasi untuk komponen ban berdasarkan pengaplikasiannya untuk memastikan keseimbangan antara suhu, waktu, dan tekanan. 

Hasilnya? Daya tahan Ventus S1 evo 3 ev lebih baik sekitar 30 persen dibandingkan dengan standar tapak komponen ban. 

Kinerja abrasi pun ditingkatkan hingga 5 persen dibandingkan model konvensionalnya dan keseluruhan hambatan gulir yang telah dikurangi hingga 13 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *