Robotic, ROBOTICS & AI

Mesin MicroRobot 50 Microdosing Isi Bubuk Obat Sitostatik ke Botol

Romaco Macofar perkenalkan mesin microRobot 50 microdosing yang berguna untuk mengisi  bubuk obat sitostatik ke dalam botol.  Berkat teknologi pengisian canggih, robot...

Written by Erwin Prasetyo · 1 min read >
MicroRobot 50

Romaco Macofar perkenalkan mesin microRobot 50 microdosing yang berguna untuk mengisi  bubuk obat sitostatik ke dalam botol.  Berkat teknologi pengisian canggih, robot mengisi tiap botol sesuai jumlah dan dapat ditingkatkan kapasitas produksi farmasi pengguna mesin itu.

MicroRobot 50
Mesin microdosing Romaco Macofar MicroRobot 50 dengan tiga robot yang bekerja untuk mengisi tiap botol di pabrik farmasi. Mesin microrobot 50 microdosing isi bubuk obat sitostatik ke botol (Foto/@: Romaco Group)

Grup Romaco yang bermarkas di Karlsruhe, Jerman, sangat piawai membuat berbagai mesin yang digunakan oleh para pelaku industri farmasi. Salah satu mesin buatan Romaco adalah mesin yang disebutkan microRobot 50 microdosing.

Mesin microRobot 50 microdosing merupakan solusi yang inovatif dengan keandalan teknologi tinggi yang demikian cekatan mengisi bubuk sitostatik ke dalam botol. Dengan perlindungan isolator, tiga robot antropomorfik bekerja sesuai dengan proses yang standar internasional.

MicroRobot 50 microdosing buatan Romaco Macofar disebut sebagai mesin microdosing dengan robot yang dirancang khusus untuk mengisi obat ampuh dan bubuk sitostatik. Misalnya obat yang digunakan untuk menyembuhkan kanker dan penyakit autoimun. 

Menurut rilis Romaco, teknologi pengisian yang digunakan cocok untuk dosis bubuk farmasi serbuk atau higroskopis yang bentuknya tidak teratur. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengisi bahan obat berbentuk cair yang steril. 

Untuk aplikasi penahanan tinggi hingga level OEB 5,  microRobot 50 microdosing disiapkan dengan teknologi isolator. Atau jika dikehendaki, mesin mudah dikonfigurasi dengan cRABS atau oRABS untuk mengisi bahan produk non-sitotoksik (bukan bubuk).

Selama proses produksi, tiga robot antropomorfik mengangkut vial di bawah isolator ke stasiun dosis, stoppering, dan capping

Uniknya, robot bekerja secara independen dari format tertentu, dan waktu perubahan produk berlangsung lebih singkat. Sistem transfer yang digerakkan oleh servo umumnya mengurangi konsentrasi partikel di area kritis dan menghindari risiko kontaminasi. 

Selain itu, berkat konsep sistem yang terstruktur dengan jelas, microRobot 50 microdosing mudah diakses dan  dibersihkan. Sementara grippers robot dilengkapi alat pembersih untuk memvalidasi proses pembersihan.

Mesin microRobot 50 microdosing mencapai total output maksimum 50 vial per menit, dan seratus persen kontrol berat dalam proses. Setiap vial ditimbang satu per satu baik sebelum dan setelah botol farmasi diisi. 

Jika dibutuhkan, volume pengisian disesuaikan secara otomatis. Sejumlah sistem kontrol memastikan proses yang andal. Sedangkan  tingkat limbah yang berasal dari produksi obat-obat mahal itu sangat rendah. 

Jika stopper hilang, misalnya, botol diisi diumpankan kembali ke stasiun yang bersangkutan, di mana proses diulang, dan bukan hanya dihilangkan. 

Hal yang sama berlaku untuk penutup  botol yang hilang. Kuantitas batch yang tersisa telah dikurangi hingga minimum di stasiun dosis agar tidak kehilangan produk atau nol.

Mesin ultra-kompak ini memiliki panjang kurang dari empat meter dan dirancang dengan prinsip-prinsip ergonomis. 

Semua bagian kontak produk sangat kecil dan ringan. Penggunaan komponen yang mudah dilepas dan dipasang juga merupakan prioritas pengembangan. 

Akses ke alat berat adalah melalui port glove dan sistem RTP. Isolator ini memiliki generator VHP built-in untuk dekontaminasi bio.

MicroRobot 50 menyatukan keahlian bubuk dengan teknologi isolator buatan perusahaan Truking Technology yang bermarkas di China.

Mesin microdosing robot ini merupakan proyek pengembangan bersama dua spesialis mesin farmasi yang bermarkas di Italia dan China yakni perusahaan Truking Technology. 

Umpan balik dari pelaku industri farmasi demikian positif. Romaco menerima pesanan dari dua produsen farmasi di Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *