Inspiration, MICE, Video

Platform Penelitian Komputasi Kuantum, Ragam Manfaat Luar Biasa

Fraunhofer meluncurkan platform penelitian komputasi kuantum—menggunakan aplikasi IBM Quantum System One. Selain industri, bidang apa yang memanfaatkan teknologi komputasi kuantum? Penulis/editor: Rayendra...

Written by Rayendra L. Toruan · 3 min read >
Featured Video Play Icon

Fraunhofer meluncurkan platform penelitian komputasi kuantum—menggunakan aplikasi IBM Quantum System One. Selain industri, bidang apa yang memanfaatkan teknologi komputasi kuantum?

Komputasi Kuantum
Pada IBM Quantum System One yang dipasang di Jerman, perusahaan dan organisasi penelitian dapat mengembangkan dan menguji algoritme kuantum terapan serta mengumpulkan keahlian. Platform penelitian komputasi kuantum (Foto/©:  IBM Research)

Penulis/editor: Rayendra L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Eropa menginstal IBM Quantum System One yang tersedia untuk perusahaan dan organisasi penelitian. Penginstalan itu dilakukan agar  dapat mengembangkan dan menguji algoritm kuantum terapan sekaligus meningkat keahlian para peneliti.

Fraunhofer Competence Network Quantum Computing mengumumkan penerapan komputasi kuantum itu pada pameran Hannover Messe yang berlangsung di Hannover, Jerman pada 12-16 April 2021.

Komputasi kuantum menghasilkan ilmu pengetahuan dan menciptakan peluang baru di berbagai sektor industri di tahun-tahun mendatang. Aplikasi ini mampu  mengoptimalkan dan mensimulasi di lingkungan logistik dan transportasi, manajemen energi, kimia, kedokteran, ilmu material.

Para stakeholders di Jerman menyatakan, potensi  teknologi komputasi kuantum sangat hesar pada masa depan. Oleh sebab itu politisi, pelaku industri, dan  ilmuwan bekerja untuk memajukan komputasi kuantum untuk memecahkan masalah praktis yang lebih efisien.

Menurut rilis Fraunhofer-Gesellschaft belum ada platform penelitian yang aman. Misalnya   perusahaan dan institusi  mencoba strategi penelitian berbasis kuantum, mengoptimalkan bidang aplikasinya, dan mengembangkan keterampilan dari pelatihan sistem komputasi kuantum.

“Secara aktif kami membantu membentuk kemajuan komputasi kuantum. Kami  mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk berbagai skenario aplikasi, dan algoritma yang kompatibel, dan semua model bisnis baru,” tutur Prof. Reimund Neugebauer, Presiden Fraunhofer-Gesellschaft.

“Dengan platform di seputar komputasi kuantum IBM dan komputasi kuantum jaringan kompetensi kami, Fraunhofer  menawarkan ke perusahaan dan lembaga penelitian, kesempatan ini untuk berperan aktif dalam memajukan teknologi masa depan,” ujar Prof. Reimund Neugebauer.

Prof. Reimund Neugebauer mengajak para peneliti untuk mengumpulkan keahlian yang dibutuhkan untuk berkembang di era kuantum,  dan menerapkan keterampilan yang baru diperoleh itu untuk keuntungan yang baik.

“Di IBM, kami yakin teknologi terbuka dan komunitas pengembang yang aktif dan global. Para ilmuwan dan pakar dari sektor industri, pemerintah, dan universitas merupakan pemegang kunci keberhasilan komputasi kuantum,”  kata Gregor Pillen, Manajer Umum IBM (Jerman, Austria, dan Swiss).

“Instal pertama IBM Quantum System One di Eropa mempercepat kemajuan di bidang komputasi kuantum, dan semua perusahaan dapat akses ke teknologi saat mereka bersiap untuk memasuki era komputasi  kuantum,” tandas Gregor Pillen salah satu bos IBM itu.

Menteri Pendidikan dan Riset Federal Jerman,  Anja Karliczek berpendapat, “Teknologi kuantum akan membawa perubahan yang langgeng dan mendasar dalam sains, bisnis, dan masyarakat. Sensor kuantum, komunikasi kuantum, dan komputasi kuantum saling bekerja sama.”

Semua  teknologi yang muncul bakal memungkinkan solusi untuk memecahkan masalah ilmiah, ekonomi, dan sosial yang awalnya sulit dipecahkan. Misalnya, komunikasi kuantum akan membuat transmisi data yang sepenuhnya aman menjadi kenyataan.

Menurut Anja Karliczek, pihaknya mempromosikan teknologi kuantum melalui inisiatif dan pengumuman pendanaan misalnya melalui proyek QuNET untuk komunikasi yang sepenuhnya aman, untuk memfasilitasi transfer teknologi kuantum ke dalam aplikasi kehidupan sehari-hari.

Misalnya digunakan untuk bisnis dan masyarakat serta mengamankan Jerman dan kedaulatan teknologi Eropa. Anja Karliczek melakukan semua yang dapat dikerjakannya untuk memastikan bahwa pemerintah tegas dan cepat memajukan bidang kritis teknologi kuantum.

Dengan demikian, pengembangan teknologi menjadi lebih matang dan siap pakai di Jerman. Kementerian Riset Federal mengandalkan peran Fraunhofer-Gesellschaft dan institutnya sebagai mitra penting dalam lanskap penelitian untuk pelaksanaan computing kuantum, tandas Anja Karliczek.

“Komputasi kuantum merupakan langkah penting bagi negara bagian Baden-Württemberg dalam perjalanannya untuk berhasil membentuk kunci teknologi  masa depan dan menjawab tantangan era digital,” ungkap Winfried Kretschmann, Menterin Baden-Württemberg.

Winfried Kretschmann menandaskan, pihaknya ingin menggunakan potensi komputasi kuantum untuk aplikasi di industri dan sains. Komputasi kuantum memiliki potensi besar untuk bidang penelitian dan eksperimen. Teknologi ini mengoptimalkan arus lalu lintas dan proses logistik.

Teknologi ini menganalisis aliran keuangan yang kompleks dengan lebih efisien, mensimulasikan model kimia baru atau mempercepat inovasi di sektor medis dan energi, tandas Winfried Kretschmann.

Menteri Negara Urusan Ekonomi, Dr. Nicole Hoffmeister-Kraut menimpali, “Baden-Württemberg mendapat manfaat dari jaringan mapan ilmu kuantum yang sangat baik untuk universitas dan lembaga penelitian terapan, serta industri teknologi tinggi yang terkemuka secara internasional.”

Algoritma kuantum membuka peluang baru dan pendekatan yang lebih efisien—dalam  ilmu teknik, material, dan data. Untuk mengembangkan bidang ini, aplikasi yang menguntungkan  negara, pihak Jerman bekerja sama dengan Fraunhofer dan IBM untuk membuat akses ke komputer kuantum paling kuat di Eropa,” tandas Dr. Nicole Hoffmeister-Kraut.

Titik pusat kontak untuk penggunaan komputer kuantum adalah Komputasi Kuantum Jaringan Kompetensi Fraunhofer, yang terdiri dari beberapa Pusat Kompetensi regional dengan berbagai bidang fokus.

Sementara itu, komputasi yang kita gunakan sehari-hari berupa desktop, laptop, tablet, dan  smartphone—semua menggunakan bit untuk menyimpan informasi. Artinya, satu dan nol. Komputer kuantum dari sisi lain menggunakan qubit yang dapat mewakili satu, nol, atau keduanya dan nol secara bersamaan.

Artinya, aplikasi dapat melakukan penghitungan lebih cepat—JAUH lebih cepat. Komputer kuantum dapat memecahkan dan kunci enkripsi pemerintah yang paling aman, menjadikannya ancaman terhadap keamanan.

Akan tetapi, aplikasi tidak mudah diakses, dan sebagian besar akan digunakan untuk penelitian dan pemecahan masalah yang kompleks. Bagaimana pun yang pada akhirnya membuat komputasi kuantum  berdampak terhadap dunia bisnis dan industri.

Simak penjelasan komputasi kuantum yang dipostingkan Eye on Tech

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *