Distribusi, Energi

Baterai Simpan Kelebihan Energi Surya, Bagaimana jika Cuaca tak Bersahabat?

Alat baterai simpan kelebihan energi surya dan bermanfaat sebagai stok daya atau  digunakan oleh warga yang berpesta. Sistem pengelolaan energi di Amsterdam,...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Kelebihan Energi Surya

Alat baterai simpan kelebihan energi surya dan bermanfaat sebagai stok daya atau  digunakan oleh warga yang berpesta. Sistem pengelolaan energi di Amsterdam, Belanda, tepat diterapkan di Indonesia yang memiliki beragam sumber daya terbarukan. 

Kelebihan Energi Surya
Suasana permukiman yag terdiri dari rumah apung di Amsterdam Utara yang digunakan sejak September 2019. Baterai simpan kelebihan energi surya (Foto/©: Isabel Nabuurs)

Pengelolaan energi di rumah apung di Amstersdam, Belanda, menginspirasi pengelolaan energi bagi negara kepulauan seperti Indonesia yang dapat menciptakan keadilan melalui distribusi energi. Kita juga memiliki beragam sumber energi terbarukan. 

Kelebihan Energi Surya

Secara kolektif, sistem manajemen yang sepenuhnya dilakukan oleh komunitas energi yakni perkumpulan 30 keluarga yang tinggal di rumah apung. 

Dengan 30 sistem fotovoltaik, mesin listrik, dan baterai yang dipasang di tiap rumah apung dan besaran daya yang digunakah berbeda pada jam atau pada hari tertentu. 

Misalnya penghuni rumah apung A sedang berlibur sehingga daya listrik saat rumah ditinggalkan atau kosong sangat minim misalnya hanya untuk kulkas atau mesin pendingin. 

Sedangkan beberapa keluarga lain misalnya rumah apung B dan C membutuhkah lebih besar daya. Misalnya kedua keluarga itu sedang berpesta atau ada acara yang memerlukan kapasitas daya listrik lebih besar.

Dengan sistem manajemen yang baik, pengurus komunitas energi mengalihkan  tenaga surya dari rumah apung A ke rumah apung B dan C yang membutuhan daya lebih besar.

Komunitas energi memiliki sistem mengetuk baterai rumah yang mengalami kegelapan di luar rumah apung, dan sumber daya/listrik yang bersumber dari unit surya tidak menghasilkan listrik, bagaimana mengatasi keadaan itu? 

Sumber daya listrik di rumah apung berasal dari beberapa sumber enegi terbarukan dan salah satunya adalah  baterai berbentuk modul. 

Sistem manajemen di komunitas energi memiliki modul dengan kecerdasan diskrit dengan beberapa manfaat. Salah satunya adalah pengontrol pintar baterai rumah memungkinkan sistem fotovoltaik untuk beroperasi dengan kapasitas penuh. Ini tidak biasa dilakukan secara konvensional. 

Sementara Undang-Undang  membatasi pemakaian sistem fotovoltaik pada hari yang sangat cerah. Jika tidak dibatasi, maka output sistem yang terinstal akan membebani grids atau tempat penyimpan daya. 

Unit PV standar harus didayagunakan secara ketat dan tepat misalnya saat matahari paling terang yang menghasilkan lebih besar daya listrik. 

Sistem manajemen energi mengatasi masalah kelebihan pasokan dengan mengubah rute kelebihan listrik itu misalnya tidak dibeli atau tidak digunakan oleh operator jaringan, maka daya disimpan  dalam baterai yang terdapat di tiap rumah apung. 

Baterai menyimpannya sebagai stok daya yang sesewaktu dapat digunakan oleh kelurga yang membutuhkan. Model peramalan atau analisis meningkatkan efisiensi baterai. Model ini berisikan data faktor cuaca ke dalam persamaan prediktifnya. Apa manfaatnya?

Pertama, ini menentukan berapa banyak energi yang diharapkan dihasilkan oleh sistem fotovoltaik dalam beberapa jam berikutnya. Berapa banyak panas yang mungkin dikonsumsi oleh tiap rumah apung? 

Belaku hasil perhitungan untuk mengatur penyimpanan. Misalnya, sistem PV berjalan pada kapasitas kurang dari penuh ketika langit sedang berkabut sehingga tidak menghasilkan daya. 

Jika cuaca diperkirakan cerah pada sore hari maka output sistem harus diperlambat. Sistem manajemen energi tidak akan mulai menyimpan daya di pagi hari karen keadaan cuaca. Artinya, warga tidak menunggu hingga baterainya nanti terisi daya. 

Dengan kata lain, alih-alih mengikuti praktik pengisian daya baterai standar dengan jam kilowatt listrik pertama yang diproduksi pada siang hari, sistem ini menunggu hingga lebih banyak energi digunakan. 

Baterai akan terisi penuh pada malam hari asalkan tenaga surya sangat baik pada pagi hari. Baterai mobil listrik juga perlu diisi, dan waktu terbaik untuk melakukannya adalah ketika sistem PV menghasilkan banyak listrik. 

Akan tetapi, baterai kosong bukan keadaan yang baik bagi petugas terkait untuk melakukan tugas secara mendesak. 

“Penghuni dapat menentukan tingkat pengisian minimum untuk mobil mereka dengan mengklik di aplikasi,” kata Matthias Klein, Manajer Proyek ERA Net Smart Grids Plus atau Grid Friends.  

Lima puluh persen mungkin cukup untuk seseorang yang hanya membutuhkan mobil untuk menjalankan toko kelontong cepat. Sistem mengisi ulang baterai ke tingkat yang ditentukan oleh pemilik ketika mobil dicolokkan. Jika perlu,hal  itu kembali pada listrik dari jaringan publik. 

Sistem akan terus mengisi daya melebihi level ini jika cerah di luar. Jika tidak, itu akan menunggu sampai produksi energi meningkat kembali untuk mengisi baterai. 

Manfaatnya ada dua yaitu untuk konsumsi sendiri, tenaga surya ini menurunkan tagihan listrik. Untuk yang lain, setiap watt energi surplus yang dialihkan ke baterai lokal alih-alih diekspor meringankan beban daya jaringan publik.

Modul-modul dapat digunakan secara individu dan disesuaikan dengan aplikasi yang diberikan.  

“Sudah ada basis 60 hingga 70 sistem kami yang terpasang secara permanen mulai dari rumah tangga pribadi dan kafetaria hingga seluruh bisnis dan satu pabrik pengolahan limbah,” ungkap Matthias Klein. 

Sementara sistem energi di rumah apung di  Amsterdam menggeser output daya puncak hingga 250 kilowatt, versi industri yang ada sejauh ini mengontrol 150 kilowatt, ujar Matthias Klein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *