Agenda, MICE

Hilton Manfaatkan Sisa Air Tamu untuk Siram Taman, Deteksi Pipa Bocor

ShareGrup Hilton manfaatkan sisa air tamu untuk menyiram taman bunga. Hilton memperingati World Water Day 2022 dengan menyelenggarakan pelbagai kegiatan seperti mendeteksi...

Written by Denis Stanislaus Toruan · 2 min read >

Grup Hilton manfaatkan sisa air tamu untuk menyiram taman bunga. Hilton memperingati World Water Day 2022 dengan menyelenggarakan pelbagai kegiatan seperti mendeteksi pipa air yang bocor, mengumpulkan sisa sabun, dan menampung air sisa para tamu. Apa kabar Hilton Jakarta?     

Penanda peringatan World Water Day 2022 bagi grup Hilton se-Asia Tenggara yang dipusatkan di Singapura belum lama ini. Sayang Hilton Jakarta tidak ada lagi sejak beberapa tahun silam. Hilton manfaatkan sisa air tamu untuk siram taman (Foto/@: Hilton)

Penulis: Denis Stanislaus Toruan  Editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id –  Grup Hilton se-Asia Tenggara merayakan World Water Day 2022 atau  Hari Air Sedunia yang diperingati tiap 22 Maret. 

Grup hotel Hilton beranggotakan  28 hotel yang tersebar di  Asia Tenggara. Mereka berkumpul di Hilton Singapura belum lama ini—salah  satu upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan misalnya melakukan aksi pengurangan air, dan membantu  masyarakat yang kesulitan mengakses ke sumber air bersih.  

Kegiatan itu tentu tidak dihadiri oleh Hilton dari Indonesia. Sejak beberapa tahun silam, Hilton Jakarta melepaskan diri dari manajemen grup Hilton. 

Sejalan dengan misi World Water Day 2022, hotel dan resor Hilton di Asia Tenggara memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya aksi penghematan konsumsi air bersih. Hilton pun  membantu kemudahan masyarakat untuk akses terhadap air bersih terutama di lokasi hotel Hilton. 

Kunci pembuka pintu Hilton’s Travel with Purpose 2030 Goals merupakan misi perusahaan yang mengelola Hilton untuk tetap berkomitmen dalam mengurangi limbah yang menggangu  lingkungan hingga 50 persen. Hilton  melipatgandakan dana investasi untuk membiayai kegiatan sosial yang ditimbulkan pencemaran lingkungan dengan capaian target  pada tahun 2030.

“Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, hak asasi manusia terhadap air bersih dan aman merupakan dasar untuk mencapai beragam hak asasi manusia yang lainnya yang diakui secara internasional. Lebih dari 2,2 miliar orang hidup tanpa kemudahan akses terhadap  air bersih setiap hari,” ungkap Alexandra Murray, Wakil Presiden  Grup Hilton untuk Asia Tenggara.

Ia melanjutkan, diperkirakan sekitar 110 juta penduduk tinggal di Asia Tenggara yang kesulitan mengakses air berish—termasuk warga Indonesia. Oleh sebab itu, grup Hilton ikut bertanggung jawab untuk melakukan komitmen melalui pemberian pengalaman kepada para tamu hotel Hilton.

“Kami di grup Hilton Asia Tenggara, menyatakan agar para pengunjung menikmati ketenangan pikiran yang lebih besar. Para tamu mengetahui bahwa mereka menginap di hotel dan resor Hilton sesuai tujuan yakni tempat yang lebih baik untuk tinggal, bekerja, dan pengalaman,” tandas Alexandra Murray salah satu bos grup Hilton Asia Tenggara itu.

Hilton kampanyekan penggunaan konsumsi air lebih irit. Memastikan kualitas dan ketersediaan air yang digunakan di seluruh rantai nilai dan operasi global grup Hilton, pengelolaan air holistik, mencakup penerapan praktik berkelanjutan dalam berbagai program di seluruh jaringan hotel dan resornya di Asia Tenggara.

Sebuah tim kecil di Conrad Koh Samui, Thailand,  belum lama ini mengunjungi sekolah dan kuil setempat. Tim mendukung untuk memperbaiki pipa air yang rusak sehingga air terbuang sia-sia.

Tim Hilton mensosialisasikan manfaat hemat air (Foto/@: Hilton)

Sementara Hilton Pattaya, Thailand,  memasang sistem perpipaan air terpisah di 15 lantai untuk mengumpulkan sisa air kemasan dari tiap kamar tamu. Sisa air para tamu itu selanjutnya dimanfaatkan guna menyirami taman hotel. 

Pipa air yang menyalurkan 750 liter air sisa dan selanjutnya digunakan kembali untuk menyirami taman bunga hotel seperti dilakukan pada minggu pertama. 

Demikian juga pengumpulan air hujan untuk hotel layak pakai, dilakukan di DoubleTree by Hilton Kuala Lumpur, DoubleTree by Hilton Johor Bahru, dan Hilton Garden Inn Puchong, Malaysia. Air hujan ditampung dan sellanjutnya  digunakan di menara pendingin dan air penyiram taman.

Bermitra dengan Little Ripples, manajemen Conrad Centennial Singapora mampu  menyediakan air bersih dalam  satu tahun untuk membantu komunitas lokal. 

Sementara di Filipina, Hilton Manila dan Hilton Clark Sun Valley Resort bekerja sama dengan Waves For Water mensosialisasikan kesadaran penggunaan air bersih. Kampanye ditujukan kepada masyarakat yang berlangsung pada  22 Maret – 22 April 2022. 

Grup Hilton juga menyelenggarakan  pendidikan masalah air bersih di beberapa negara—terutama situasi local—seputar  akses ke air bersih dan sanitas.

Hotel dan resor Hilton Asia Tenggara bersama mitra bisnis  melakukan daur ulang sabun guna membantu masyarakat agar memahami pentingnya pengurangan limbah tempat pembuangan sampah.

Dengan program daur ulang sabun—ini telah digunakan di industri perhotelan sejak lama—maka komitmen berkelanjutan itu mampu meningkatkan kesadaran Hari Air Sedunia.

Grup Hilton berdedikasi secara sukarela guna mendukung upaya daur ulang sisa sabun dari seluruh hotel dan resor. Mereka mendaur ulang sisa sabun batangan bekas yang disanitasi dan digunakan kembali sebagai sabun batangan baru untuk didistribusikan bagi warga yang tidak memiliki akses terhadap sanitasi dasar.

Inisiatif ini mencerminkan upaya global grup perusahaan untuk mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab. Dengan mewujudkan Travel with Purpose 2030 Goals, Hilton diakui oleh Dow Jones Sustainability Index, pemeringkat paling bergengsi selama 5 tahun berturut-turut.

Mau menikmati keramahan khas Hilton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *