AUTO-TECH, Materials

Gerakan Sederhana Tangan, Dasbor Terbuka secara Otomatis

Alat dashboard dibuka dengan gerakan sederhana tangan, terbuka secara otomatis. Tanaman carnivorous aquatic dan kulit manusia menginspirasi ilmuwan merancang dasbor dan siap...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Gerakan Sederhana Tangan

Alat dashboard dibuka dengan gerakan sederhana tangan, terbuka secara otomatis. Tanaman carnivorous aquatic dan kulit manusia menginspirasi ilmuwan merancang dasbor dan siap diproduksi massal.  

Gerakan Sederhana Tangan
Dua status atau keadaan yang berbeda hasil asumsi baki modular yang berubah bentuk untuk dasbor kendaraan. Gerakan sederhana tangan, dasbor terbuka secara otomatis (Foto/©:  Fraunhofer IWU)

Temuan para ilmuwan berdampak positif terhadap diversifikasi produk komponen yang meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Gerakan Sederhana Tangan

Oleh sebab itu, para peneliti di Institut Fraunhofer yang menangani Peralatan Mesin dan Teknologi Pembentukan (IWU) bekerja sama dengan perusahaan suku cadang mobil Brose Fahrzeugteile GmbH yang ikut mengembangkan dashboard atau baki

Baki atau dasbor dapat disembunyikan di ruang kemudi kendaraan dan muncul  atau tampak saat diperlukan. 

Jika lupa mengambil barang-barang Anda dari baki itu dan saat meninggalkan kendaraan, perubahan bentuk permukaan dasbor akan mengingatkan Anda.  

“Baki terbuka seperti gambar origami,” jelas Lukas Boxberger, Manajer grup di Fraunhofer IWU. “Ini bekerja melalui paduan memori bentuk atau disebut shape memory alloy (SMA). 

Alat ini menggunakan bahan khusus yang dibuat menjadi bentuk tertentu yang dipanaskan kembali, kemudian kembali ke bentuk aslinya. 

Apa kaitan dasbor atau baki dengan tumbuhan air karnivora? Dalam kasus baki penyimpanan dasbor, sensor mencatat gerakan tangan di area yang sesuai di dasbor. 

Selanjutnya, pada gilirannya, mengaktifkan proses berikut, seperti arus listrik mengalir sebentar melalui kabel yang terbuat dari paduan memori bentuk. 

Kabel menghubungkan pasangan sudut yang berdekatan dari nampan penyimpanan berbentuk persegi. Saat arus mengalir, kabel memanas dan membuatnya berkontraksi ke bentuk aslinya. 

Akibatnya, masing-masing dari keempat sudut ditarik secara merata menuju titik tengah yang sama. 

Ini memberikan tekanan ke bawah pada permukaan di dalam, sehingga melubangi depresi seperti baki di langkan atas dasbor. 

“Ide untuk mekanisme pelipatan berasal dari tumbuhan air karnivora,” jelas Lukas Boxberger, Manajer grup di Fraunhofer IWU.  

Segera setelah pengemudi mengosongkan baki atau jika tidak menyimpan sesuatu di dalamnya, maka baki kembali ke bentuk aslinya yang datar. 

“Arus listrik hanya mengalir melalui kabel saat baki berubah bentuk,” tutur Lukas Boxberger ilmuwan Fraunhofer IWU itu. 

Sistem ini sangat kuat, setelah menyelesaikan tiga juta siklus ekspansi/kontraksi tanpa kelelahan yang terlihat. Peneliti Fraunhofer menggunakan pencetakan 3D untuk membuat bahan yang diuji coba di lapangan.

Apakah merencanakan produksi di sektor industry? Pencetakan dengan 3D tidak cocok untuk tujuan produksi massal. 

Oleh karena itu, pada langkah selanjutnya, para peneliti mencari cara untuk memproduksi baki dengan memori yang dibuat dengan cara injection molding atau proses roll-to-roll

Cetakan injeksi hanya akan cocok untuk memproduksi proses produksi dalam jumlah besar. Sebaliknya, proses roll-to-roll dapat digunakan untuk produksi dalam  batch kecil dan besar. 

Di sini, dunia alam berfungsi sebagai inspirasi bagi para ilmuwan—dalam hal ini kulit manusia dan otot di bawahnya. Kulit terdiri dari banyak lapisan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda namun tampak menyatu dalam satu lokasi. 

Epidermis, misalnya, melindungi tubuh manusia dari faktor lingkungan yang berbahaya, sedangkan otot di bawahnya memberikan gerakan. 

Para peneliti ingin menerapkan prinsip yang sama untuk pengembangan lebih lanjut dari baki memori bentuk.

Seperti epidermis, lapisan luar baki melindungi dari pengaruh lingkungan, lapisan reseptifnya berisi sensor untuk mencatat gerakan tangan di area baki. 

Sedangkan kerangka endoskopi yang terbuat dari plastik dan lebih kuat memberikan kekuatan dan kontrol Gerakan, dan kabel shape memory alloy (SMA) membentuk otot dan menghasilkan gerakan. 

Para peneliti memeriksa, apakah setiap lapisan ini paling baik direkatkan dengan perekat, ditekan bersama atau dicetak? 

Tugas para ilmuwan adalah mengembangkan proses manufaktur yang menghasilkan produk bermutu tinggi yang dapat didaur ulang sekaligus ekonomis dan ramah lingkungan.

Menurut rilis Fraunhofer, sedang direncanakan untuk membuat bentuk lain-untuk baki penyimpanan yang lebih dalam, dan membuat baki dari bahan lain seperti veneer kayu atau tekstil. 

Aplikasi otomotif lainnya juga dapat dibayangkan dengan sempurna berbentuk tirai matahari yang dapat diaktifkan sendiri, lubang masuk dan keluar ventilasi otomatis, atau posisi kursi di mobil  yang dipersonalisasi.

Simak selengkapnya: Manfaat Baki atau Dasbor Mobil, Menyimpan Sejumlah  Barang dan Data      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *