Inspiration, MICE

Menghasilkan Aplikasi Ketahanan, Perusahaan lebih Kuat Pascakrisis

Bagaimana cara menghasilkan aplikasi ketahanan sehingga perusahaan lebih kuat meski telah didera krisis pandemi #Viruscorna lebih setahun?  Temuan para ilmuwan Fraunhofer merupakan...

Written by Rayendra L. Toruan · 1 min read >
Aplikasi Ketahanan

Bagaimana cara menghasilkan aplikasi ketahanan sehingga perusahaan lebih kuat meski telah didera krisis pandemi #Viruscorna lebih setahun?  Temuan para ilmuwan Fraunhofer merupakan konsep keseluruhan

Aplikasi Ketahanan
Kita menghadapi krisis dalam lima fase yakni: Mencegah, Mempersiapkan, Melindungi, Menanggapi, dan Memulihkan. Jika kinerja dilihat dari waktu ke waktu, menjadi jelas seberapa baik perusahaan atau organisasi merespons dan di fase mana masih ada ruang untuk perbaikan. Menghasilkan ketahanan dalam aplikasi (Foto/©: Fraunhofer)

Perkembangan seperti perubahan iklim atau digitalisasi juga telah membawa subjek ketahanan ke dalam diskusi publik. Pandemi #Coronavirus cukup tangguh menguji ketahanan manusia. 

Peneliti Fraunhofer mempresentasikan konsep yang berorientasi aplikasi baru. Aplikasi ini menawarkan pendekatan yang sistemik dan terukur.

Bahkan aplikasi baru itu dapat menunjukkan solusi yang praktis bagaimana perusahaan dan organisasi lebih mempersiapkan diri untuk mengatasi krisis dan guncangan di masa depan.

Perkembangan seperti perubahan iklim atau digitalisasi juga telah membawa subjek ketahanan ke dalam diskusi publik. Pandemi korona menguji ketahanan manusia. 

Topik ketahanan sering dibahas sehubungan dengan tantangan seperti perubahan iklim atau keselamatan publik dalam tahun-tahun terakhir. 

Dan pandemi COVID-19, melengkapi krisis yang menjadi focus perhatian dunia untuk memecahkan dan memecahkan masalah yang ditimbulkannya. 

Bagaimana membangun ekonomi, masalah suatu negara, dan masyarakat dapat bertahan dan mampu  mengatasi tantangan dan krisis yang sangat ekstrim itu? 

Dan apa yang dapat dipelajari dari situasi saat ini dan mampu mengatasi krisis yang akan terjadi di masa depan?

“Kedaulatan dan ketahanan di pusat, bidang teknologi demikan penting secara strategis—merupakan  landasan penting untuk mengamankan pasokan barang-barang kebutuhan dan ciptakan stabilitas rantai pasokan. Dengan demikian kemampuan inovatif perusahaan diuji,” jelas Presiden Fraunhofer Prof. Reimund Neugebauer. 

“Indikator apakah dan bagaimana organisasi dan masyarakat menguasai situasi kritis secara teknologi, sosial dan ekonomi, percaya diri adalah pembentukan ketahanan. Fraunhofer menyajikan berbagai kompetensi komprehensif dan menawarkan solusi praktis dalam menghadapi pandemi saat ini dan solusi krisis yang terjadi di masa depan,” lanjut Prof. Reimund Neugebauer. 

Konsep Fraunhofer adalah Ketahanan Organisasi, Infrastruktur, dan Sistem Kompleks lainnya dan kemudian menilai Kembali. 

Istilah ketahanan dalam menghadapi krisis dan pengalaman yang menimpa manusia saat ini selanjutnya dimemasukkan  ke dalam analisis yang komprehensif. 

Para peneliti Fraunhofer ingin memberikan kontribusi untuk pemahaman yang lebih baik tentang topik yang kompleks. 

Akan tetapi, pada saat yang sama, para ilmuwan juga ingin menunjukkan solusi bagi pengambil keputusan di tiao negara seperti bisnis, dan politik.

Dengan begitu maka secara optimal manusia siap menghadapi krisis-krisis yang terjadi di masa depan.

Baca: Kunci Pengelolaan Krisis, Bukan Unsur Kebetulan  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *