ALAT POTONG

Membuat Struktur Komponen Pesawat, Apa Rahasia Teknologinya?

0
23
Pesawat multiguna Pilatus Turboprop PC-12 yang sukses seperti semua pesawat Pilatus, sebagian besar terbuat dari komponen struktur aluminium. (Sumber foto: Pilatus Aircraft)

Pengiriman data tetap terkunci secara aman dan tidak terlepas dari pemegang alat potong meskipun berputar dengan kecepatan revolutions per minute (rpm) yang tertinggi.

Pesawat multiguna Pilatus Turboprop PC-12 yang sukses seperti semua pesawat Pilatus, sebagian besar terbuat dari komponen struktur aluminium. (Sumber foto: Pilatus Aircraft)

Perusahaan Pilatus Aircraft Ltd memasang sistem manufaktur baru untuk memproses komponen struktur yang terbuat dari aluminium sejak tahun 2016. Untuk mencapai kualitas permukaan dan kepresisian yang diinginkan dalam proses milling berkecepatan tinggi, pembuat pesawat ini  percaya kepada perusahaan HAIMER untuk membuat solusi yang meliputi pemegang alat potong yang berhubungan dengan mesin penyeimbang.

Gambar alat potong yang dibalance yang tersedia di toko tools HAIMER. (Sumber foto: HAIMER)

Ketika seseorang berada di lingkungan industri permesinan dan membicarakan presisi tentang terbang—presisi selalu dipikirkan agar tidak terjadi hal yang fatal. Keadaan ini juga berlaku di Pilatus Aircraft Ltd., satu-satunya perusahaan pembuat pesawat terbang di Swiss.

Advertisement

Segala sesuatu yang pada umumnya berkisar dengan  topik “terbang” yang dibicarakan di  kantor pusat yang berlokasi di Stans, Swiss. Struktur  komponen permesinan memegang peranan penting.

Pada tahun 2016, Pilatus menginvestasikan sejumlah biaya untuk membenahi sistem permesinan yang sepenuhnya modern agar mampu meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi. Unsur inti dari sistem produksi yang disempurnakan adalah dua sistem manufaktur fleksibel baru yang dijalankan dengan otomatisasi penuh dan menjamin kualitas tertinggi dalam proses yang stabil.

Direktur Milling Walter Duss menegaskan bahwa alat yang dibalance benar-benar diperlukan. Ia menambahkan, hanya alat potong yang terakit secara lengkap dengan tingkat balancing tinggi dan balancing itu dapat dilakukan oleh mesin balancing buatan HAIMER–juga mempunyai alat potong HAIMER yang dapat menjamin proses permesinan yang bebas getaran dan kualitas permukaan tanpa tanda-tanda getaran. Selanjutnya, run out yang akurat secara signifikan meningkatkan usia masa pakai seperti poros atau sumbu dan alat potong.

Mengerjakan komponen sangat tipis setebal  ≤ 1.2 mm

Berdasarkan pengalaman Patrik Odermatt, Kepala Tim Proses Mekanik yang bertanggungjawab pada  divisi internal alat potong (di Pilatus), pemegang alat potong yang berkualitas tinggi memiliki stabilitas jangka panjang dan run out yang akurat sehingga biaya inverstasi tidak sia-sia.

Oleh karena itu, Patrik beralasan kuat untuk bekerja di HAIMER  yang berlokasi di Igenhausen selama beberapa tahun. Dia menggunakan HAIMER Shrink Fit chucks dan High Precision Collet chucks dengan mesin presetting, shrinking, dan balancing yang tersedia di toko tools milik  Pilatus—berfungsi sebagai pusat layanan internal alat potong perusahaan.

Baca juga :   Mentransmisikan Data Tanpa Kabel, Begini Teknologinya

Berkaitan dengan topik seperti kualitas, rasio harga, performa, konsultasi dan dukungan, pengalaman dengan HAIMER sangat positif, lanjut Patrik Odermatt. Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk terus memercaya kerja sama dengan pemilik alat potong buatan HAIMER karena sesuai dengan sistem manufaktur baru milik Pilatus.

Pilatus menggunakan alat potong HAIMER Shrink Fit chucks standard, ultra-short, dan Powershrink chuck yang panjang, juga PowerMini Shrink Chucks, Power Collet chucks dan face mill arbors special—secara eksklusif.

Perusahaan  Pilatus juga mengerjakan banyak komponen yang berbeda dan mempunyai dinding sangat tipis yakni  ≤ 1.2 mm dan poket dalam, berbagai macam tipe pemegang alat potong buatan HAIMER. Produk HAIMER juga menunjukkan fleksibilitas berkaitan dengan antarmuka spindle: memerlukan pemegang alat potong HSK A63/80 khusus  untuk sistem manufaktur yang baru. Setelah bekerja sama dengan Pilatus, HAIMER mengembangkan produk untuk antarmuka ini dan menambahkannya dalam portofolio produk standar.

HAIMER merupakan pelopor inovasi dengan paten sistem pengunci mekanik Data-Lock yang mengunci alat pembawa data RFID ke pemegang alat potong. Pilatus menggunakan solusi ini untuk memastikan bahwa pengiriman data tetap terkunci secara aman dan tidak terlepas dari pemegang alat potong meskipun berputar dengan kecepatan revolutions per minute (rpm) yang tertinggi.

Menurut ahli alat potong Odermatt, salah satu keuntungan terbesar bekerja sama dengan HAIMER karena bersedia menstrafer semua teknologi yang berkaitan dengan pemegang alat potong dari satu sumber kepada mitra usaha.

“Parameter untuk setiap HAIMER Shrink Fit Chuck sudah diintegrasikan dengan mesin shrinking,” tandas Odermatt. Performa dan waktu pemanasan sudah ideal dengan garansi proses shrinking yang andal setiap kali menekan tombol.

Balancing juga mudah dilakukan dengan baik. HAIMER adalah perusahaan yang berlokasi di Igenhausen, Bavaria,  Augsburg, Jerman. HAIMER, kapan memulai kerja sama dengan perusahaan pembuat pesawat terbang yang berlokasi di Bandung dan Batam (Indonesia)?

Advertisement

Tulis Opini Anda