DIGITAL TWIN

Gunakan Digital, Perusahaan Capai Banyak Manfaat

0
86
CEO Siemens AG Joe Kaeser (dua dari kiri) menyerahkan duplikat cetak 3D kepada Kanselir Angela Merkel yang didampingi oleh Perdana Menteri Polandia Beata Szydło saat berkunjung di stan Siemens pada Hannover Messe 2017

Sistem operasi IoT (Internet of Things) terbuka berbasis awan, merupakan ekspansi portofolio yang konsisten dengan mitra untuk solusi baru pada industri.

CEO Siemens AG Joe Kaeser (dua dari kiri) menyerahkan duplikat cetak 3D kepada Kanselir Angela Merkel yang didampingi oleh Perdana Menteri Polandia Beata Szydło saat berkunjung di stan Siemens pada Hannover Messe 2017
Seorang teknisi mendemonstrasikan keampuhan kinerja digital twin.  (Sumber foto: Siemens AG)

Sebagai perusahaan yang menghasilkan banyak teknologi otomasi, Siemens AG mendorong digitalisasi dalam usaha dan industrinya secara keseluruhan melalui Digital Enterprise. Siemens AG perusahaan yang berlokasi (pusat) di Berlin dan Munich, Jerman itu, menawarkan MindSphere, sistem operasi IoT (Internet of Things) terbuka berbasis awan (cloud), merupakan ekspansi portofolio yang konsisten dengan mitra dan solusi baru.

Siemens menciptakan pasar digital terbuka untuk manufaktur aditif. Ketika mengikuti Hannover Mesee pada April 2017 di area seluas lebih dari 3.800 m2, terpampang spanduk bertuliskan Temukan Nilai Digital Enterprise. Siemens menunjukkan bagaimana perusahaan bisa meraih keuntungan maksimal melalui revolusi digital. Siemens mengklaim sebagai perusahaan terdepan dalam dunia otomasi untuk mendorong majunya proses digitalisasi—dalam usaha dan seluruh industri.

Advertisement

Fokus Siemens tahun 2017 adalah memperluas portofolio Digital Enterprise, solusi industri yang menghubungkan dunia produksi virtual dan nyata melalui simulasi mesin dan pabrik menggunakan peranti digital twin, atau dengan dukungan MindSphere, sistem operasi IoT terbuka berbasis awan.

Dengan memakai contoh dari berbagai sektor industri seperti manufaktur aditif, manajemen energi industri, industri susu dan obat-obatan, Siemens memperkanalkan cara-cara pemanfaatan digitalisasi terkini di setiap fase rantai produksi yang  memberikan keunggulan kompetitif berupa fleksibilitas, efisiensi, dan kualitas yang lebih baik.

“Dengan portofolio peranti lunak yang kami miliki, Siemens menjadi salah satu pemasok yang menawarkan digital twin di seluruh rantai nilai—untuk produk, produksi, dan pabrik secara lengkap,” kata Klaus Helmrich, Member of the Managing Board Siemens AG.

“Kami mendukung metode produksi baru dengan solusi inovatif untuk menangani sistem dan integrasi robot, serta melalui penciptaan pasar global digital yang terbuka untuk manufaktur aditif.”

Penggunaan solusi simulasi di keseluruhan proses produksi memberi produsen kemampuan merespons secara fleksibel terhadap kebutuhan pelanggan individual yang memesan produk dalam volume kecil.

Operasi pabrik secara maya

Di sinilah digital twin memegang peranan, menduplikasi dan mensimulasi sifat dan fitur kerja produk fisik, lini produk, proses atau pabrik secara lengkap di dunia maya, sebelum kemudian eksekusi proses produksi yang sebenarnya di dunia nyata. Ini secara signifikan akan berdampak pada peningkatan produktivitas dan efisiensi.

Baca juga :   Jangan Panik Jika Mesin Bocor, Begini Cara Mengatasinya

Dengan menawarkan peranti lunak dan beragam solusi otomasi, Siemens mendukung manufaktur aditif untuk pembangun dan pengguna mesin. Siemens juga menciptakan “Pasar Digital” global yang mampu membuka ruang lingkup dalam melengkapi model bisnis terbaru seperti penjualan machine hours.

Yang mendasari model usaha baru ini adalah MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis awan dari Siemens. “Bekerja sama dengan mitra dan pelanggan industri, kami terus mendorong pengembangan MindSphere sebagai platform layanan dalam menciptakan ekosistem yang lebih luas,” kata Helmrich.

Selama pameran, Siemens mempresentasikan ide dan kosep aplikasi baru kepada para mitra dan pelanggan. Betapa mudahnya mesin dan alat-alat produksi berkomunikasi dengan aplikasi MindSphere melalui Totally Integrated Automation.

Siemens menggunakan contoh industri susu untuk menunjukkan bahwa berbagai proses dan alur kerja yang berbeda dalam industri makanan dan minuman dapat memperoleh manfaat dari digitalisasi.

Faktor-faktor yang biasanya memengaruhi industri susu adalah risiko biaya tinggi dan kebutuhan produksi massal di satu sisi, ditambah dengan semakin beragamnya rasa dan konsep kemasan inovatif di sisi lainnya.

Di bidang manajemen energi pun penggunaan data yang cerdas memegang peranan yang semakin penting. Untuk mendorong lingkungan produksi yang dinamis, interaksi yang mulus antara peranti keras dan lunak serta pengelolaan data yang sistematis sangatlah penting. Orang dapat menyaksikan integrasi manajemen energi secara nyata langsung di mesin produksi yang tersedia.

Siemens AG merupakan perusahaan pembangkit tenaga listrik teknologi global dengan keunggulan di  bidang teknologi inovasi, kualitas, kredibilitas, dan reputasi di tingkat internasional—termasuk di Indonesia—selama lebih dari 165 tahun.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda