TEKNIK PENGELASAN (3)

3D Lock Seam, Teknologi Buatan Honda

0
42
Menggabungkan baja dan aluminium dengan sambungan kuat yang berkualitas tinggi. (Sumber foto: http://www.aluminiumdesign.net/)

Join Steel & Aluminium adalah inovasi teknologi  untuk menggabungkan material baja dan aluminium—diterapkan di  Honda—pada proses  produksi panel pintu luar mobil.

Menggabungkan baja dan aluminium dengan sambungan kuat yang berkualitas tinggi. (Sumber foto: http://www.aluminiumdesign.net/)

Perusahaan Honda (Jepang) yang menggunakan bahan material logam yakni baja dan aluminium tentunya memiliki pengalaman dalam pengemgangan teknologi. Bagaimana cara menggabung baja dan aluminium yang diterapkan pada panel pintu luar? Secara konvensional,  Honda menggunakan bahan baja sebagai panel pintu luar.

Untuk pertama kalinya, Honda menggunakan teknologi pada saat memproduksi mobil  Acura RLX 2014 yang dijual di Amerika Serikat sejak tahun  2013. Sejak saat itu, Honda memperluas penemuan mereka untuk memproduksi mobil buatan mereka dengan model-model baru lainnya.

Advertisement

Untuk menggabungkan 2 logam yang berbeda yakni baja dan aluminium, Honda menggunakan  teknologi-teknologi yang berbeda. Misalnya teknologi penggabungan  bahan-bahan yang berbeda, teknologi untuk mencegah korosi listrik (electrical corrosion), dan teknologi untuk mengontrol deformasi yang disebabkan pengaruh panas.

Honda menemukan manfaat dari penggunaan teknologi-teknologi baru itu seperti cara   menghilangkan titik pengelasan seperti panel pintu baja konvensional. Penggunaan bahan bakar (BBM) lebih efisien dan kinerja kendaraan lebih baik, dan mengurangi berat pintu panel sekitar 17 persen dibandingkan dengan  penggunaan pintu baja konvensional.

Menurut laman Carmal.com, Honda Motor yang sukses  membuat Honda automobile oil dan penggunaan robot untuk mengecat kendaraan yang baru diproduksi, memperkenalkan teknologi yang dapat menggabungkan bahan baja dan aluminium.

Teknologi itu disebutkan Join Steel & Aluminium suatu inovasi teknologi  untuk menggabungkan material baja dan aluminium ketika berlangsung proses  produksi khususnyab panel pintu luar mobil.

Dengan demikian, aplikasi teknologi baru itu menjadikan berat atau bobot mobil menjadi lebih ringan yang berdampak terhadap performa mobil  yang menjadi lebih dinamis dan membuat efisiensi bahan bakar lebih irit.

Baca juga :   Universalitas yang Disesuaikan untuk Kualitas dan Efisiensi

Lebih ringan 17 persen

Seperti dijelaskan di atas, manajemen Honda menggunakan materi dari baja untuk  membuat lapisan luar-dalam panel pintu yang tentu saja bobotnya lebih berat.

Dengan menggunakan aluminium sebagai  lapisan luar panel pintu yang diganti menjadi alumunium, ,aka bobot mobil lebih ringan 17 persen dibanding dengan mobil berbahan material baja.

Bagaimana cara Honda menggabungkan kedua logam yang berbeda itu?

1) Teknologi untuk menggabungkan bahan berbeda dengan penggunaan struktur Lock 3D Seam—panel baja dan panel aluminium dilapisi dan digabung secara bersamaan sebanyak dua kali.

2) Teknologi untuk mencegah korosi pada sistem kelistrikan: adopsi dari baja yang sangat kebal terhadap korosi untuk panel bagian dalam dan bentuk baru yang menjamin pengisian secara penuh ruang antarzat perekat.

3) Teknologi untuk mengontrol deformasi termal: adopsi zat-zat perekat modulus dengan tingkat elastisitas yang rendah dan posisi dioptimalkan dari 3D Lock Seam.

Selain efisien penggunaan bahan bakar, dengan teknologi baru Honda berhasil menghilangkan proses pengelasan untuk menggabungkan panel pintu baja konvensional.

Penggabungan dua material yang berbeda tidak membutuhkan proses khusus karena  teknologi itu mudah diaplikasikan dalam proses produksi.

Sebelum menggunakan teknologi  penggabungan baja-aluminium itu, perusahaan Honda menggunakan struktur pencampuran (hybrid) antara baja dan aluminium dengan teknologi Friction Stir Welding, demikian laporan id.carmall.com

 

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda