Logistik, Transportasi & Labeling

Teknologi Canggih Buatan Siemens Merajai Dunia

Teknologi canggih buatan Siemens merajai dunia termasuk Indonesia. Selain piawai menciptakan perangkat lunak yang diigunakan kereta api super cepat, grup Siemen andal...

Written by Boromeus Sihombing · 1 min read >
Teknologi Canggih Buatan Siemens

Teknologi canggih buatan Siemens merajai dunia termasuk Indonesia. Selain piawai menciptakan perangkat lunak yang diigunakan kereta api super cepat, grup Siemen andal di bidang otomasi, energi dan sektor kesehatan. Grup Siemens membukukan keuntungan sebesar €6,2 miliar pada tahun 2017.

Teknologi Canggih Buatan Siemens
Lokomotif, kereta api, komponen, sistem otomasi kereta merupakan sumber data yang penting.  Dengan Siemens Digital Services yakni sistem canggih yang memproses data transportasi padat maka  operator transportasi menganalisis tren dan memantau status mesin dan arus penumpang yang bermobilitas lebih mulus. Teknologi canggih buatan siemens merajai dunia (Sumber foto: Siemens)

Bagaimana Siemens membangun perangkat lunak untuk kereta super cepat? Siemens bekerja sama dengan mitranya membuat  Bentley Systems dengan menggunakan Building Information Modeling—sebuah digital twin untuk perencanaan, desain, dan konstruksi proyek infrastruktur rel yang rumit.

Model yang dihasilkan komputer itu memberikan gambar 3D berorientasi objek, parametrik, dan digital dari sistem yang direncanakan.

Database menyediakan prasyarat untuk simulasi ekstensif yang memastikan konflik dalam sistem dapat terhindari, risiko penundaan berkurang, dan implementasi proyek dapat dipercepat.

Siemens juga menciptakan inovasi khususnya untuk sektor kelistrikan perkeretaapian. Perusahaan dapat menggambarkan jaringan listrik kereta api dan aliran energi dalam simulasi real-time berbasis data.

Hal itu dapat diwujudkan dengan menggabungkan sistem kontrol jaringan yang disebut SCADA (Sitras RSC) dan sistem manajemen energi cerdas atau disebut  Sitras iEMS dan Sitras Sidytrac Real Time.

Perusahaan dapat memprediksi dan menghindari beban puncak, membuat kondisi jaringan penting menjadi transparan, memungkinkan jadwal kereta api menjadi optimal berdasarkan permintaan. Konsumsi energi dapat mengurangi penggunaannya sebesar 15 persen.

Platform kendaraan modular memenuhi tuntutan yang semakin berkembang dalam hal fleksibilitas, biaya siklus hidup yang lebih rendah dan peningkatan kenyamanan.

Digitalisasi secara fundamental telah mengubah industri mobilitas dengan meningkatkan ketersediaan kendaraan dan infrastruktur, mengoptimalkan operasi, mengurangi kompleksitas, upaya, dan biaya.

Divisi Mobilitas sepenuhnya menjadi anak perusahaan milik Siemens AG sejak tanggal 1 Agustus 2018 yang berada di bawah manajemen Siemens Mobility GmbH. Divisi mobilitas ini  merupakan pemimpin dalam pengembangan solusi transportasi selama lebih dari 160 tahun.

Portofolio divisi ini mencakup inovasi dalam hal rolling stock, otomasi kereta api, sistem manajemen lalu lintas, dan elektrifikasi kereta api.

Didukung oleh 28.405 orang karyawan di seluruh dunia, bisnis Mobilitas Siemens membukukan pendapatan sebesar €8,1 miliar pada tahun fiskal per 30 September 2017.

Siemens AG yang bermarkas di Berlin dan Munich, Jerman, merupakan sebuah grup perusahaan teknologi global yang dikenal atas keunggulan teknik, inovasi, kualitas, keandalan, dan internasionalitas selama 170 tahun.

Perusahaan ini aktif di seluruh dunia—termasuk di Indonesia—fokus pada bidang elektrifikasi, otomasi dan digital. Siemens juga merupakan salah satu produsen terbesar di bidang teknologi efisiensi energi dan hemat energi.

Siemens merupakan pemasok pembangkit listrik yang efisien dan solusi transmisi daya dan pelopor dalam solusi infrastruktur serta solusi otomatisasi, drive, dan perangkat lunak untuk industri.

Sementara itu, anak perusahaannya, Siemens Healthineers AG merupakan penyedia peralatan pencitraan medis terkemuka—seperti computed tomography dan magnetic resonance imaging systems – serta berada pada posisi terdepan diagnosa laboratorium serta proses klinis berbasis IT.

Pada tahun fiskal per  30 September 2017, Siemens mencapai pendapatan sebesar €83,0 miliar dan laba bersih €6,2 miliar.

Dan pada akhir September 2017, grup Siemens memiliki 377.000 orang karyawan di seluruh dunia. Berkat penguasaan teknologi canggih buatan siemens merajai dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *