MANEJEMEN&SAFETY, Solusi

Solusi Proses Industri dan Kereta Api, Melindungi Penumpang dan Lingkungan

SharePerusahaan HIMA menyediakan solusi industri dan otomasi yang berkaitan dengan perlindungan penumpang kereta api dan lingkungan. Bagaimana mengawasi kereta api yang bergerak...

Written by Emilezola Sihombing · 2 min read >

Perusahaan HIMA menyediakan solusi industri dan otomasi yang berkaitan dengan perlindungan penumpang kereta api dan lingkungan. Bagaimana mengawasi kereta api yang bergerak tanpa masinis di Barcelona?

HIMatrix (kanan) menawarkan kinerja yang mengesankan sebagai pengontrol keselamatan yang kecil dan fleksibel. Penumpang kereta api tanpa masinis di Barcelona (Foto/@: HIMA Paul Hildebrandt GmbH/Shuterstock)

Penulis/editor: Emilezola Sihombing

mmINDUSTRI.co.id – HIMA GmbH (sumber): Seperti apa solusi proses industri dan kereta api yang ditawarkan oleh grup HAM?

Solusi buatan HIMA bermanfaat untuk membantu guna meningkatkan keamanan fungsional, memperkuat keamanan otomasi, dan meningkatkan profitabilitas pabrik atau sektor industri lainnya.

Selama lebih dari 50 tahun, HIMA telah menjadi mitra tepercaya bagi perusahaan terbesar di dunia dalam industri proses yang berlangsung misalnya di industri kimia, petrokimia, minyak, gas, sektor energi, dan transportasi perkeretaapian.

HIMA memiliki lebih dari 50.000 sistem keselamatan yang telah bersertifikat TÜV (SIL 3 dan SIL 4) dan telah diakui di dunia.

Manajemen mengklaim bahwa HIMA memenuhi syarat sebagai pemimpin teknologi solusi otomasi di sektor yang diuraikan di atas.

Grup HIMA menyediakan teknologi keselamatan serta konsultasi, teknik, layanan, dan pelatihan untuk membantu pelanggan dengan sebaik-baiknya di seluruh siklus hidup keselamatan.

Platform terukur pertama di dunia dengan keamanan otomasi bawaan yakni Platform Keselamatan HIMA yang memungkinkan berbagai sistem dengan basis teknologi tunggal, mulai dari solusi kecil hingga aplikasi yang demikian kompleks dan rumit.

Pengontrol keselamatan independen dipisahkan secara fisik dan menerapkan standar terbuka.

Pengguna dapat menggabungkan solusi keamanan yang paling cocok dengan basic process control system (BPCS) yakni sistem kontrol proses dasar.

Aplikasi keselamatan umum meliputi emergency shutdown (ESD) atau pemutusan darurat,  burner control (BCS/BMS), turbo machinery control (TMC) atau pengontrol mesin turbo, pipeline management control with leak detection (PMC) sebagai pendeteksi pada saluran pipa yang bocor.

Selanjutnya fire and gas (F&G) yang meliputi pengawasan kebakaran dan gas,   high-integrity pressure protection systems (HIPPS) merupakan sistem perlindungan tekanan berintegritas tinggi, dan tekanan  bawah laut dan dalam  tangki.

Bagaimana solusi di kereta api?

Dengan pengontrol keselamatan terprogram yang disebut CENELEC SIL 4 dan merupakan yang pertama di dunia.

Para ahli di HIMA telah merevolusi industri perkeretaapian.  Contohnya produk commercial off-the-shelf (COTS) merupakan pengontrol keselamatan terbuka.

Ini memastikan independensi pengguna akhir dan integrator, fleksibilitas dan penghematan biaya, serta  dengan mudah diintegrasikan dan dipelihara dalam berbagai macam solusi.

Sebagai elemen inti, sistem HIMA memberikan keamanan fungsional dan keamanan Teknologi Informasi  dalam aplikasi seperti perlintasan sebidang, interlocking, dan rolling stock.

HIMA merupakan perusahaan penyedia solusi otomasi terkait keselamatan independen yang berguna untuk proses dan industri perkeretaapian demi melindungi dan keselamatan manusia, lingkungan, dan aset.

Contoh penggunaan teknologi buatan HIMA di Barcelona.  Sebanyak 1,6 juta orang tinggal dan bekerja di Barcelona, kotamadya terbesar kesepuluh di Uni Eropa. Di sini, di timur laut Spanyol, jaringan metro dan bus yang padat menyediakan transportasi umum.

Transports Metropolitans de Barcelona (TMB) mengoperasikan delapan jalur dengan 165 stasiun, dan 162 kereta yang beroperasi pada jam-jam sibuk dan pihak perkeretaapian menyediakan layanan setiap hari kerja.

Metro menghubungkan Barcelona dengan tujuh kota lainnya di wilayah metropolitan.

Untuk lebih mengoptimalkan jaringan, TMB menggunakan kereta otomatis selama beberapa tahun terakhir.

Kendaraan tanpa pengemudi Bernama Alstom S9000 beroperasi di jalur L9/L10 lengkap dengan sistem informasi penumpang aktif, seperti sinyal lampu, alamat publik internal, dan sistem interkom darurat.

Kereta api juga dilengkapi dengan sistem tampilan yang terdiri dari layar LCD, alarm kebakaran, dan sistem pengawasan video. Semua kereta api memiliki pintu jalan keluar di bagian depan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Selain itu, paket keselamatan komprehensif telah dipasang yang tidak hanya menggantikan operator kereta api, tetapi juga menghubungkan kereta api ke elemen sistem lainnya.

Operator TMB menggunakan sistem Communications Based Train Control (CBTC) dan otomatisasi tingkat tertinggi dalam jangkauan yang memungkinkan–GoA4 untuk mengoperasikan metro-nya.

Tingkat otomasi ini menunjukkan fungsi operasi kereta dasar mana yang menjadi tanggung jawab staf dan mana yang menjadi tanggung jawab sistem itu sendiri. Namun, stasiun itu sendiri juga harus berubah ketika dioperasikan dengan cara tertentu.

Karena membuka dan menutup pintu juga merupakan tanggung jawab staf pengoperasian, sangat penting untuk memasang pintu layar platform untuk mencegah orang atau benda jatuh ke atas stasiun.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa stasiun metro di Barcelona telah dilengkapi dengan Platform Screen Doors (PSD) yang diproduksi perusahaan lain seperti MASATS.

Sementara itu, HIMA didirikan pada tahun 1908 dan berkantor pusat di Jerman. Meski perusahaan milik keluarga dengan  800 orang karyawan, namun grup HIMA  sudi membagi informasi kepada publik termasuk Indonesia.

HIMA beroperasi di lebih dari 50 lokasi di seluruh dunia, apakah termasuk Indonesia?

Sebagai masukan kepada manajemen HIMA, industri transportasi kereta api sedang bertumbuh pesat di Indonesia. Pemerinta Indonesia telah membangun transportasi (rel) kereta api dari Sulawesi Selatan menuju Sulawesi Utara yang pertama kali di Pulau Sulawesi.

Pengadaan transportai kereta api tadinya hanya dilakukan di Pulau Jawa dan Sumatra, sedangkan Kalimantan, Papua dan puluhan ribu pulau di Nusantara belum memiliki rel kereta api.

Demikian pula pembangunan transportasi kereta api super cepat sedang diprogramkan oleh pemerintah.

Rel kereta api super cepat yang menghubungkan Jakarta dan Bandung akan segera rampung dalam waktu dekat ini.

Peluang bisnis di Indonesia terbuka luas bagi grup HIMA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *