Customer Care, F&B Industri

Melapisi Lembaran Logam agar tidak Aus, Produsen Makanan Gunakan Pelapis igus®

Bagaimana melapisi lembaran logam agar tidak tercela atau aus saat digerakkan mesin ban?   Perusahaan igus® menawarkan teknologi makanan dengan bubuk Polimer...

Written by Stevie Ayu · 2 min read >
Melapisi Lembaran Logam

Bagaimana melapisi lembaran logam agar tidak tercela atau aus saat digerakkan mesin ban?   Perusahaan igus® menawarkan teknologi makanan dengan bubuk Polimer tribo IC-05.

Melapisi Lembaran Logam
Bagian lembaran logam yang dilapisi dengan bubuk Polimer tribo IC-05 sehingga pelaku industri makanan memenuhi ketentuan FDA. Mesin ban meluncur dan terjadilah gesekan yang menyebabkan permukaan lembaran logam aus. Melapisi lembaran logam agar tidak aus  (Foto/@: igus® GmbH)

Penulis/editor: Stevie Ayu

mmINDUSTRI.co.id – Lembaran logam yang mau dijadikan kemasan produk pangan harus berkualitas tinggi dan higenis. Lembaran logam yang dijadikan produk berupa komponen dan berlabel pada umumnya dibuat mesin.

Di tiap sistem dosis seperti pada ban berjalan maka sistem pengisian yakni ketika menggunakan teknologi untuk membuat label pada kemasan (berbahan logam),  kita menyaksikan lembaran-lembaran logam dan bagian permukaan yang  saling bergesekan.

Akibat gesekan-gesekan itu maka terjadilah keausan pada permukaan lemaran-lembaran logam.

Keausan yang terjadi mengurangi masa pakai logam, dan tentu saja kurang efisien. Bagaimana mengatasinya?

Untuk meningkatkan masa pakai komponen lembaran logam, perusahaan Igus® telah mengembangkan bahan pelapis baru yang digunakan untuk melapisi permukaan logam.

Pelapis baru itu dinamai Polimer tribo IC-05 yang disemprotkan untuk melindungi titik bantalan kecil yang sensitif saat lembaran logam tergeser dan menyebabkan permukaannya menjadi aus.

Kita dapat mendeteksi secara optik dengan melihat warna yang biru pada lembaran logam. Pihak otoritas di industri pangan menyetujuinya karena telah diterapkan kaidah teknologi pangan.

Dalam pengujiannya, material tersebut meyakinkan dan umur pakai mencapai empat kali lebih lama dibandingkan dengan penggunaan pelapis konvensional yaitu powder coating IC-01.

Di era digital disruption saat ini, kita mustahil membayangkan industri makanan tanpa menggunakan sistem otomatis.

Akan tetapi,  apa yang terjadi jika botol terjatuh di jalur pengisian bahan minuman atau paket (bumbu) sup terjepit di bagian saluran sehingga membentuk semacam lubang yang terbuka?

Suatu skenario yang tidak dirancang akan terjadi yang dapar menyebabkan penghentian pabrik beroperasi. Kejadian itu tidak direncanakan dan tidak dikehendaki—menggerus biaya, waktu, dan tenaga.

Oleh sebab itu, para produsen makanan dan minuman membutuhkan mesin yang komponen-komponennya  bergerak dengan koefisien gesekan yang rendah.

Dengan demikian lembaran logam tidak banyak yang aus atau cacat produk sangat minim.

Bagaimana cara agar pelat pemandu, slide logam, dan bagian geometri yang kompleks memiliki ketahanan tinggi terhadap keausan?

Perusahaan igus® menjawab kekuatiran para produsen makanan dan minuman.  igus®  yang bermarkas di Cologne, Jerman itu sukses mengembangkan bahan pelapis baru—khusus  digunakan dalam teknologi pangan yang produknya berlabel.

Pelapis Polimer IC-05 berkinerja tinggi dan memenuhi persyaratan FDA dan peraturan EU10/2011—cocok jika kontak dengan makanan. Dengan kandungan warna biru maka bahan ini mudah dideteksi secara optik.

Bahan pelapis logam tersebut secara signifikan mengurangi koefisien gesekan—terutama pada bagian yang dilapisi, dan meningkatkan masa pakai dan ketersediaan peralatan.

Cara ini juga meningkatkan keamanan produk pangan dan mengurangi biaya. Pelumas mesin  disalurkan sepenuhnya tanpa menimbullkan efek terhadap lembaran logam.

Bahan bubuk dapat disemprotkan ke komponen yang diinginkan oleh pengguna, tandas rilis igus® belum lama ini.  Ketebalan pelapisan  mencapai 60 sampai 120 µm.

“Penggunaan pelapisan ini tepat—terutama di tempat yang tidak memiliki ruang untuk bantalan biasa. Pelapisan dan bagian yang bergerak yang (mungkin) terkena keausan, maka penggunaan pelapisan ini  adalah jawaban yang bagus,” jelas Stefan Loockmann-Rittich, Kepala Divisi Bisnis igus® GmbH.

Hasil uji laboratorium menunjukkan masa pakai empat kali lebih lama. Perusahaan igus® telah menguji ketahanan komponen yang telah dilapisi di laboratorium berukuran 3.800 m2 di Cologne, Jerman.

Bagian yang dilapisi dengan Polimer tribo IC-05 dibandingkan dengan bagian yang dilapisi dengan bahan standar IC-01—sesuai dengan berbagai pengaturan pengujian. Komponen pun sesuai  ketentuan FDA.

Selain Polimer tribo IC-05, perusahaan igus® menawarkan lima bahan pelapis lainnya. Misalnya bahan untuk aplikasi dalam kisaran suhu tinggi atau dengan ketahanan kimiawi tinggi. Anda berminat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *