AUTO-TECH, Electrical Technology

Kejuaraan Dunia Formula E Gunakan Teknologi Baru, ABB Sebagai Official Charging

SharePenyelenggara kejuaraan  dunia Formula E mengharuskan penggunaan teknologi baru selama musim balap tahun 2023. Perusahaan ABB terpilih sebagai  official charging.   Penulis/editor: Rayendra...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Kejuaraan Dunia Formula E

Penyelenggara kejuaraan  dunia Formula E mengharuskan penggunaan teknologi baru selama musim balap tahun 2023. Perusahaan ABB terpilih sebagai  official charging.  

Kejuaraan Dunia Formula E
Balapan Formula E harus ramah lingkungan dan salah satu cara dengan menggunakan teknologi pengisian daya pada mesin yang digunakan mobil balap (Foto@: ABB)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – ABB (sumber): Selamat kepada manajemen perusahaan ABB. ABB pembuat teknologi kelas dunia yang bermarkas utama di Zürich, Swiss, memasuki era baru di tahun 2023.  Kenapa? 

Pengisi daya untuk kendaraan balap Formula E ABB menggunakan teknologi pengisian daya terbaru buatan  ABB—ini mengacu pada posisi terdepan perusahaan di sektor ini. 

Desain pengisian daya atau  charging mengadaptasi teknologi yang terbukti dalam aplikasi pengisian daya mobil di jalan agar sesuai dengan lingkungan olahraga motor.

Manajemen atau pelaksana balapan kejuaraan dunia bertajuk ABB FIA Formula E World Championship menetapkan ABB sebagai penyedia salah satu alat charging dengan teknologi baru guna mendukung kejuaraan Formula E pada tahun 2023. ABB menjadi official charging partner

ABB membuktikan kepiawaian teknologinya pada sesi uji  coba balapan sesuai dengan lingkungan—ini memastikan bahwa debut mobil balap Gen3 Formula E akan berlangsung baik. 

Dari catatan sejarah 100 kali balapan,  ABB selalu mendapat penghargaan sehingga posisinya  diakui sebagai pelopor seri motor listrik yang full. Penyelenggaea pun tidak keberatan  menamai kejuaraan dinamai Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA.

Even itu diharapkan untuk membuka musim kompetisi yang  kesembilan dengan tampilan yang makin mapan. Hal itu terungkap pada pertemuan uji coba pramusim bulan Desember 2022 di Valencia, Spanyol.

Alih-alih seperti membersihkan sarang laba-laba yang terjadi selama musim semi, rangkaian pembersihan arena balap selama empat hari yang diselengggarakan di sirkuit Ricardo Tormo dengan jarak tempuh  17.300 kilometer atau 10.750 mil selama 5.128 putaran.

Termasuk  pada hari balapan yang disimulasikan secara penuh dengan  menunjukkan generasi yang sama sekali baru yakni mobil balap yang  diatur untuk memenuhi jadwal balapan mencakup seluruh pelaksanaan di dunia.

Badan otoritas Formila E telah merevisi peraturan dan perubahan yang signifikan seperti pemasok komponen utama kebutuhan para pembalap dan dukungan terkait. 

Perubahan yang dimaksud tersebut meliputi segala hal mulai dari penggunaan ban mobil balap  hingga skema cat  dengan warna mencolok dari mobil baru yang lebih futuristic untuk memperlihatkan ekresi kegembiraan dan tantangan yang cukup besar dengan pendekatan baru.

Kendaraan listrik pada Formula E )Foto/@: ABB)

Sementara faktor-faktor yang berpotensi menentukan seperti pergantian tim yang dilakukan oleh pembalap, serta semua entri baru dan lokasi balapan, dapat diprediksi, dan  kedatangan serta penggunaan mobil Gen3 menambah suasana intrik.

Pengenalan mobil balap generasi baru yang sangat dinantikan dengan potensi tenaga lebih besar meski bobot lebih ringan, dan efisiensi yang jauh lebih besar daripada pendahulunya.

Hal itu menunjukkan pemerataan lapangan permainan, karena semua pesaing memulai dengan platform yang ditentukan. 

Akan tetapi,  pengujian pramusim mengisyaratkan bahwa tiap tim balap mendapatkan keuntungan dalam jadwal balapan awal yang padat dan berpeluang memenangkan kejuaraan.

Salah satu elemen penting yang akan tetap konsisten untuk semua kompetitor adalah peran ABB sebagai kekuatan energi literal dari seri ini. Untuk 16 putaran selama tahun 2023, ABB beralih ke peran mitra pengisian resmi Formula E.

Perusahaan ABB  bertanggung jawab untuk mengisi ulang baterai milik semua 11 tim sebelum  dilakukan tiap sesi latihan, kualifikasi,  dan yang paling penting pengisian motor balap  menjelang balapan.

Untuk menyelesaikan tugas ini, ABB mengembangkan perangkat keras baru dengan menghadirkan pengisian daya cepat DC dengan unit ringkas yang memprioritaskan layanan andal, dimensi ringkas, dan bobot ringan—semua  persyaratan penting untuk memenuhi tuntutan seri planet-straddling.

Pengisi daya baru yang memberikan tingkat pengisian daya hingga 160 kilowatt, dapat melayani dua mobil sekaligus—ini mengurangi beban kargo saat mobil dan mendukung perpindahan gigi di antara balapan.

“Kami senang dapat menghadirkan solusi pengisian daya inovatif kami ke panggung e-mobilitas global terbesar–Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA–melanjutkan upaya kami untuk menggunakan seri ini sebagai tempat pengujian teknologi baru yang lebih berkelanjutan,” ungkap Frank Mühlon, CEO ABB E-mobilitas. 

Selanjutnya, Frank Mühlon  menambahkan hahwa pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh oleh ABB akan digunakan untuk terus meningkatkan pengisi daya ABB untuk penggunaan pelanggan dan konsumen.

Jarak yang terakumulasi di Valencia membuktikan konsep yang positif untuk mobil Gen3, yang menunjukkan keandalan dan kecepatan dalam uji trek publik pertama. Sementara kondisi jalan raya yang digunakan sepanjang musim bisa lebih menuntut mobil, dan kesan awal jelas optimis.

“Even ini adalah empat hari pengujian yang panjang dan  menurut saya sangat sukses,” puji Lucas Di Grassi, Duta Besar atau pembalap andalan ABB yang mengemudikan tim Mahindra Racing di Musim 9. 

“Kami hampir tidak memiliki masalah keandalan dengan mobil. Kami dapat melakukan banyak putaran dan simulasi balapan yang membuat kami sangat senang. Kami fokus pada Gen3, yang merupakan tujuan utama para pembalap,,” tandas Lucas Di Grassi pembalap andalan ABB itu. 

Baca: Desain Ban Hankook lebih Kuat dari Karet, Penggunaa Powertrain 250 kW dan 350 kWB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *