DEBURRINGEXPO 2017 (2)

Rahasia Kecanggihan Alat Potong Baja dan Keramik

0
170

Pendalaman multi-wave holography secara digital untuk mengukur permukaan presisi dan burrs residual dengan akurasi mikrometer dalam sebuah proses inline. Apa manfaatnya?

Salah satu produk yang diproses dengan teknologi deburing. (Sumber foto: fairXperts GmbH & Co. KG)

Peralatan deburing didesain untuk menanggulangi makin kompleksnya geometri, juga material baru dengan kombinasi material. Pengembangan lebih lanjut dan baru juga dipresentasikan pada area brush deburring, thermochemical deburring (TEM), permesinan rendah abrasif (flow grinding), pemolesan plasma, deburring ultrasonik, dan kriogenik serta proses monitoring  dan kontrol kualitas.

Solusi yang ditampilkan disampaikan dengan tema cleaning parts after deburring. Hal ini memberikan gambaran teknologi saat ini untuk secara optimal menghilangkan residu deburring.

Advertisement

Prosesnya bekerja jika satu bagian yang dibersihkan secara terpisah pada awalnya untuk menguji apakah cairan pembersih lebih efisien dan kompatibel dan efisien. Kemudian dilakukan pembersihan pada empat bagian yang ditempatkan di keranjang dan diatur untuk waktu siklus 5 menit—setelah operator dapat melihat kontaminasi berwarna hitam apakah  benar-benar dikeluarkan (hilang) dari produk.

Selanjutnya bagian-bagian yang dibersihkan di tangki pencuci dengan menggunakan Galvex 17.30 yakni suatu fluida yang berfungsi sebagai inhibitor anti korosi dan melapisi bagian-bagian dengan lapisan hidrofobik sekaligus menetralisir bagian dari asam sebelum digunakan.

Kemuudian dilakukan pembilasan dengan air deionisasi selama 2 menit untuk menghilangkan sisa kotoran. Selanjutnya, dilakukan pengeringan bagian-bagian (komponen) dalam pengering udara panas selama 10 menit pada suhu 70 C.

Dengan terintegrasinya forum ahli 3 hari tersebut, yang telah terbukti sebagai yang terpopuler di antara pengunjung, DeburringEXPO (Trade Fair for Deburring Technology and Precision Surface) juga menyediakan sebuah platform untuk transfer pengetahuan dan bertukar pengalaman. Jadi, pengunjung mendapatkan ilmu teknologi yang dapat dipraktikkan di pabriknya.

CEO (chief executive efficer) fairXperts GmbH & Co. KG Harmut Herdin menyadari bahwa permintaan global untuk informasi dan keahlian tentang teknologi deburring yang menghasilkan permukaan presisi sangatlah tinggi. Oleh karena itu, pihaknya menyajikan 29 topik bahasan selama pameran.

Apa kesulitan saat deburing logam?

“Pengunjung dapat mengikutinya tanpa biaya sedikit pun,” imbuh Harmut Herdin. Artinya, semua seminar dan pertemuan dengan para pakar gratis bagi pengunjung.  Konten teknis program telah dikoordinasikan oleh lembaga  Fraunhofer Institute for Production Systems and Design Technology (IPK)—semacam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Muatan serangkaian besar topik yang diseminarkan pada hari pertama pameran mengenai teknologi deburring.

Bahkan pidato-pidato yang disampaikan oleh stake holders pun seputar mechanical deburring tanpa banyak basa-basi. Mau contoh konkritya? Siapkanlah pertanyaan kritis sekitar  high speed deburring (HSD) dengan peralatan mekanis dalam proses teromotasi tinggi.

Baca juga :   Pengunjung Sepi, Peserta Kecewa

Juga akan dibahas tentang  komponen deburring mesin dan sabuk, posibilitas dan penjelasan yang tidak boleh dilakukan saat menerapkan deburring berbasis robot, juga burr-free boreholes drilled dengan menggunakan sebuah teknologi drill spindle inovatif. Sementara fokus pembahasan pada hari kedua meliputi deburring abrasif.

Pengetahuan teknis tentang cryogenic deburring dan bagian pembersihan terbuat dari karet, logam nonkarat dan technical plastic molded parts, aspek utama dari pemolesan plasma dan PECM sebagai solusi yang baik untuk menangani bagian tersulit. Disusul penguraikan rahasia teknologi pengukuran.

Jangan lupa bahwa agenda pendalaman multi-wave holography secara digital untuk mengukur permukaan presisi dan burrs residual dengan akurasi mikrometer dalam sebuah proses inline, teknik pengukuran akurasi tinggi untuk menginspeksi precision-machinedsurface, dan menganalisa preparasi tepi batas, juga scatterd light measuring devices untuk konduksi pengukuran cepat permukaan inline.

Hari ketiga pameran perdagangan dimulai dengan blok bahasan tentang penanganan permukaan. Selain hal itu, informasi yang juga menjadi bagian dari seminar ini berkisar mulai dari Plasma electrolytic Polishing (PeP)–teknologi terapan dan tantangan saat ini yang dihadapi ketika melakukan deburring logam, juga perkembangan dan tren yang berelasi dengan precision-machining surface  hingga topik menghasilkan permukaan planar yang presisi.

Bagaimana mengimplemenasikan teknologi untuk pembersihan parts setelah proses deburring?  Jangan kuatir, fokus pendalaman tentang media pembersih industrial yang mampu mengantarkan kuantitas partikel tinggi dari berbagai logam yang targetnya adalah proses untuk membersihkan kontur/geometri bagian dalam dengan persyaratan mutlak untuk kebersihan, seperti aqueos cleaning dan metode deburring untuk medical dan micromechanical precision parts. Ilmu dan cara memotong atau membersihkan logam sepertibaja dan kemarik diungkapkan lewat pameran ini.

Anda siap terbang ke Jerman? Redaksi media ini siap membantu untuk menghubungkan Anda dengan organizer DeburringEXPO. Catat, pameran berlangsung pada 10–12 Oktober 2017 di Karlsruhe, Jerman bagian Selatan.  (Diolah dari bahan yang dikirimkan oleh penyelenggara pameran)
Simak DeburringEXPO 2017 (1)
Produksi Meningkat dan Lebih Hebat, Begini Caranya

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda