KEBIJAKAN TRANSPORTASI (3)

Keindahan Jalan Tol di Atas Laut di Bali

3
102
Jalan tol di atas laut ini menghubungkan Denpasar-Bandara Ngurah Rai diTeluk Benoa. Jalan tol ini memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya. Jalan tol yang membentang di atas laut ini dinamai Bali Mandara yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera.  Jalan tol atas laut di Bali ini diklaim sebagai jalan tol terindah di dunia dan diperaosikan sejak Agustus 2013. (Sumber foto/@: http://assets.kompasiana.com/)

Selain memperlancar arus lalu lintas, jalan tol berpengaruh besar terhadap kenaikan jumlah wisatawan. Jalan tol di atas laut menjadi salah satu obyek yang menarik di Deanpasar, Bali.

Jalan tol di atas laut ini  menghubungkan Denpasar-Bandara Ngurah Rai  diTeluk Benoa. Jalan tol ini  memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya. Jalan tol yang membentang di atas laut ini dinamai Bali Mandara yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera.  Jalan tol atas laut di Bali ini diklaim sebagai jalan tol terindah di dunia dan diperaosikan sejak Agustus 2013. (Sumber foto/@: http://assets.kompasiana.com/)
Jalan tol di atas laut ini menghubungkan Denpasar-Bandara Ngurah Rai diTeluk Benoa. Jalan tol ini memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya. Jalan tol yang membentang di atas laut ini dinamai Bali Mandara yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera.  Jalan tol atas laut di Bali ini diklaim sebagai jalan tol terindah di dunia dan diperaosikan sejak Agustus 2013. (Sumber foto/@: http://assets.kompasiana.com/)

Warga yang tergusur dari daerah bypass yang dibangun itu terdorong ke pinggir dan daerah lain, dan hal itu mengubah struktur sosial kota. Keputusan kebijakan transportasi menimbulkan pemenang dan yang kalah di kalangan warga, demikian pendapat Michael Krail, manajer proyek ISI dan koordinator konsorsium ASSIST.

Seolah mengamini pendapat Krail itu, pembangunan jalan tol di atas permukaan laut di Denpasar, Bali, tidak mengorbankan banyak warga. Hampir tidak ada warga yang digusur. Jalan tol di atas laut yang dibangun oleh PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya Titu bk dan Hutama Karya justru berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Denpasar. Bentangan jalan tol di atas laut menjadi salah satu obyek wisata yang menarik di Denpasar.

Advertisement

Demikian pula jalan tol Cipali yang sahamnya sebagian dimiliki oleh perusahaan dari Malaysia lansung menyedor ratusan juta rupiah dalam sehari. Contohnya pada tanggal 14 Juli 2015, sebanyak 4000 kendaraan melintas dari jalan tol itu, dan tiap kendraan harus membayar Rp96.000.

Fitur baru model ASTRA-EC adalah opsi untuk mengkombinasikan berbagai kebijakan transportasi. Model sebelumnya dioperasikan dengan asumsi bahwa Anda dapat dengan mudah menambahkan akibat dari satu pengukuran individual setelah pengukuran lainnya – walaupun hal itu bukanlah masalahnya. “Di tingkat tertentu, pengukuran berbeda akan saling menghapuskan satu sama lain,” kata Krail.

Para ahli Fraunhofer mengidentifikasi efek yang tak satu pun orang memperkirakannya sebelumnya. Pada tahun 2009, Uni Eropa memutuskan memberikan limit emisi CO2 untuk mobil baru turun dari rata-rata saat ini 135 gram per kilometer ke 95 gram per kilometer saat tahun 2020, dengan tujuan membawa reduksi 30 persen emisi CO2.

Hotspot perubahan masyarakat

Pemodelan menunjukkan reduksi yang nyata hanya 15 hingga 20 persen, semenjak efek pantulan membatalkan sisa simpanan: pengemudi yang mengubah mobil lama mereka dengan yang baru, model bahan bakar efisien akan dikemudikan lebih dan menggunakan simpanan bahan bakar untuk perjalanan lebih jauh serta jarak mil tambahan.

Baca juga :   Perangkat Lunak Pengaman Jembatan

Model dapat mengkalkulasikan seberapa tinggi harga bahan bakar harus ditentukan untuk mencegah efek pantulan dan memastikan mobil yang berbahan bakar lebih efisien benar-benar bermanfaat bagi lingkungan. Bagaimana pun hal ini menyisakan sebuah pertanyaan teoritis. “Meningkatkan harga bahan bakar secara luas akan menjadi sebuah langkah tidak populer dan sulit untuk diimplementasikan, berbicara secara politik,” kata Krail.

Proyek ASSIST juga mengidentifikasi hotspot tertentu kebijakan transportasi masa depan. Berdasar partner yang ikut mengerjakan proyek itu, mengurangi suplai bahan bakar fosil dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi modern akan memiliki dampak terbesar pada sistem transportasi.

Para peneliti juga mengantisipasi bahwa elektromobilitas akan menyebar—dalam terminologi panjang, mobil dan truk akan malju tanpa pengemudi (auto driver). Perubahan iklim, utang publik dan pribadi, globalisasi, urbanisasi dan kedudukan kota menunjukkan tantangan lebih jauh–begitu pula bagi masyarakat lanjut usia di Eropa.

Krail membutuhkan penilaian terhadap European Road Safety Action Programme (ERSAP) untuk menentukan apakah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi warga lanjut usia.
Michael Krail berkata bahwa, “Dengan mempromosikan teknologi keamanan secara aktif , pedoman dan model ini pasti membantu orang yang berusia lebih tua.” (Bahan diolah dari Evaluating transportation policy tulisan Bernd Müller, Fraunhofer 1/15, dan sumber lain)

Simak artikel selanjutnya dengan topik KEBIJAKAN TRANSPORTASI (1)
Jangan Diskriminasi Pengguna Jalan Tol

Incoming search terms:

Advertisement

3 KOMENTAR

Tulis Opini Anda