PERAN TEKNOLOGI (2)

Cara Membuat Hati Kuat Sejak Bayi

0
38

Terjadinya fatty liver atau penebalan lemak pada hati  disebabkan pengaturan jumlah lemak, dan karbohidrat yang kita makan tidak sesuai porsi. Hati memiliki sel yang bertugas sebagai sentral sistem imun  yang disebut sel kuppffer.

Orang Jepang terbiasa mengonsumsi tanaman laut untuk  menghindari penyakit hati. (Sumber foto: //hellosehat.com/)

Sari atau zat makanan yang berasal dari usus halus dikirimkan dulu ke organ hati yang berfungsi semacam pool center.  Hati pun memiliki kemampuan memproduksi, menyimpan, dan mengedarkan gula (glukosa) ke seluruh bagian tubuh.  Glukosa yang  disimpan  dalam hati berbentuk  glikogen.

Selanjutnya, hati mendisrtribusikan glikogen sesuai dengan permintaan atau penggunaan dalam jaringan tubuh.  Hati pun  mengawasi kadar kolesterol dalam darah, mengolahnya, dan memproduksi  sejumlah yang dibutuhkan tubuh. Proses pembuatan kolesterol dari asam asetat  dilakukan di dalam hati. Sedangkan lipoprotein plasma merupakan kendaraan yang mengangkut trigliserida—juga dibuat di dalam hati.

Advertisement

Hati pun berfungsi  untuk mengolah vitamin seperti (terutama) vitamin D. Proses pengaktifan vitamin D dilaksanakan oleh hati bersama dengan ginjal. Hati memiliki sel yang bertugas sebagai sentral sistem imun  yang disebut sel kuppffer.

Sel kupffer meliputi 15 persen dari massa hati serta 80 persen dari total populasi sel imun tubuh. Sel ini sangat penting dalam menanggulangi serangan bakteri, virus, dan kerusakan lain yang berasal dari luar tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindari  dari suatu infeksi.

Belakangan ini, banyak orang yang menderita sakit pada organ hati—terutama yang disebabkan kanker.  Beragam tindakan yang dilakukan oleh tenaga medis untuk  menyembuhkan penyakit yang diderita hati—termasuk dengan cara operasi. Akan tetapi, jauh lebih baik dan efektif jika kita dapat merawat dan menjaga kesehatan hati.

Dengan cara yang mudah, kita dapat melakukan atau menjaga kesehatan hati agar hati dapat melakukan fungsinya dengan baik tentu saja demi kesehatan seluruh tubuh kita senddiri.  Jika hati berada dalam kondisi sehat maka kita pun akan terhindari dari  penyakit.

Cara mencegah penyakit hati

Kenapa imunisasi dilakukan kepada bayi sejak dini? Tujuan imunisasi dilakukan kepada  bayi untuk menghindari atau mencegah hepatitis  sebuah jenis peradangan hati. Pemberian imunisasi dilakukan sejak dini misalnya  imunisasi hepatitis B bagi bayi yang dilakukan dalam beberapa tahap.

Juga pemberian vaksin hepatitis A yang berfungsi  untuk mencegah manusia terhadap serangan (terjangkit) suatu  penyakit hepatitis. Oleh karena itu, tiap bayi/balita harus menjalani mendapatkan vaksinasi dengan baik dan teratur.

Air merupakan salah satu bagian penting yang berpengaruh di dalam fungsi tubuh kita. Air membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Minum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi.

Baca juga :   Aplikasi Smartphone Beri Feedback

Harap diingat bahwa seseorang yang  mengalami sirosis yakni hati yang mengalami pengerutan, maka pengurangan cairan perlu dilakukan agar tubuh mengandung tidak terlalu banyak  mengandung cairan.

Selain minum air,  kita harus memerhatikan makanan yang baik secara jenis higenis dengan jumlah yang tepat. Hal itu akan membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik.  Dengan makanan yang bergizi, hal itu membantu meringankan beban kerja hati. Ingat bahwa terjadinya fatty liver atau timbul penebalan lemak pada hati  karena pengaturan jumlah lemak dan karbohidrat yang kita makan.

Hati-hati  mereguk alkohol yang dapat menyebabkan pengerutan pada hati atau disebut sirosis. Jika seseorang terikat dan tidak dapat melepaskan diri dari ketergantungan pada  alcohol, orang tersebut akan kena kanker hati.

Beragam jenis obat yang dijual bebas seperti obat demam, obat batuk, dan suplemen tubuh yang digunakan oleh orang bukannya menyembuhkan penyakit. Obat-obat  yang dibeli dan digunakan secara bebas, dapat menjadi racun bagi hati—apa lagi dikonsumsi secara berlebihan tanpa aturan. Hati akan menerima beban yang pada akhirnya menimbulkan sakit pada hati.

Jika seseorang mengalami kesulitan tidur, berat badannya bertambah, dan mengalami sakit kepala berkepanjangan maka hal itu merupakan tanda bahwa tubuh orang itu memiliki banyak racun. Racun dapat berasal dari pola makan yang tidak baik, kebiasaan gaya hidup, atau dampak polusi dari lingkungan.

Mengatur pola makan dengan baik dan benar berarti kita memberi hati dengan nutrisi yang baik dan tepat serta efisien. Jika hati sehat maka kita akan merasakan manfaat antara lain, meningkatnya tingkat energi, sistem imun yang lebih kuat, mood dan pikiran yang lebih baik, sinusitis menghilang, napas tidak bau, kulit tampak lebih cerah, dan bagi wanita siklus siklus menstruasi  yang teratur. Bagaimana jika hati sampai sakit? Apakah tindakan pembedahan hati menakutkan?

 

 

 

Advertisement

Tulis Opini Anda