Jerman siap mengoperasikan bus kota 2022 sebagai angkutan umum yang ramah lingkungan. Semua mesin diesel digantikan mesin dengan energi yang berasal dari baterei listrik. Suara mesin nyaris tak kedengaran.
Penulis: Boromeus Sihombing Editor: Marinus L. Toruan
mmINDUSTRI.co.id – Transportasi umum lokal atau disebut öffentliche Personennahverkehr (ÖPNV) di Weilheim salah satu kota di Jerman akan menjadi lebih modern.
Stadtbus 2022 atau bus kota 2022 itu lebih ramah terhadap lingkungan, lebih ramah bagi pengguna, dan dikombinasikan dengan harga tiket yang rendah.
Tujuannnya agar bus kota 2022 menjadi jauh lebih menarik bagi banyak kelompok pengguna dan penumpang dan tidak menggunakan kendaraan pribadi lagi.
Perusahaan atau operator Stadtwerke Weilheim telah mempresentasikan keandalan konsep Stadtbus 2022 kepada stakeholder sejak 19 November 2020.
Selanjutnya, dewan kota mengeluarkan keputusan mendasar yakni sejak tanggak 1 Januari 2022, Stadtwerke Weilheim diberi tanggung jawab mutlak pengoperasoan bus kota 2022. Persiapan yang cukup lama dan detail.
“Persiapan yang kami lakukan sesuai keputusan dewan kota sedang dalam proses pengerjaan kami,” ujar Peter Müller, bos Stadtwerke Weilheim i.OB KU.
“Poin penting dari konsep Bus Kota 2022 yang kami rancang adalah keinginan kami untuk mengoperasikan transportasi umum di kota Weilheim dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Bukan sekadar teori tetapi contoh yang sangat praktis dan nyata sebagai keikutsertaan kami ikut melindungi dan menjaga iklim yang lebih sehat,” imbuh Peter Müller.
Melalui rilis elektroniknya, Peter Müller menjelaskan bahwa konsep Bus Kota 2022 sebagai bus diesel saat ini masih dioperasikan bakal diganti dengan bus midi dengan tenaga elektrik baterai.
Pada akhir Februari 2021, operator bus mengikuti tender di Eropa untuk pengadaan lima bus midi listrik baterai baru.
“Setelah penawaran berakhir dan sejumlah pertanyaan terperinci diklarifikasi, penawar terbaik disampaikan oleh manajemen Quantron AG di Augsburg/Gersthofen. Selanjutnya diberi hak kontrak untuk mengirimkan lima bus Atak Electric pada akhir April 2021,” cerita Peter Müller.
Dia menandatangani kontrak kesepakatan bersama Andreas Haller, Chief Executive Officer (CEO) Quantron AG di kantor pusat pemasok kendaraan komersial listrik modern di Augsburg/Gersthofen, Jerman, pada 11 Mei 2021.
“Perusahaan Weilheim mengambil peran utama dalam hal perlindungan lingkungan. Kami senang bahwa bus buatan Quantron AG mendapatkan kontrak dari Stadtwerke Weilheim. Bus ini memiliki tingkat keramahan lingkungan tinggi, jangkauan yang baik, dan keramahan bagi pengguna,” urai Andreas Haller, CEO Quantron AG itu.
Kriteria tender yang diharuskan dilaksanakan adalah penggerak mesin harus baterai-listrik baik pada penyimpanan dan pengisian logistik, dan jaminan jarak tempuh harian setidaknya 250 km per bus.
Setiap bus harus memiliki setidaknya 38 space (ruang) untuk penumpang yang berdiri dan duduk, bus menggunakan teknologi kendaraan modern, nyaman, dan mudah dirawat.
Sementara ruang di tengah diperuntukkan sebagai tempat kereta bayi atau kursi roda, akses masuk dan keluar yang mudah bagi orang-orang dengan rollator melalui lutut dan ramp.
“Baterai bus midi diisi semalam di Stadtwerkestrasse 1 sebagai standar, perangkat pengisi daya yang sesuai juga diiklankan,” tandas Peter Müller, bos Stadtwerke itu.
Bus midi baru ini selain lebih ramah lingkungan, suara mesin hampir tidak kedengaran.
Selamat kepada Bung Peter Müller dan Andreas Haller.
Simak video milik Quantron AG, selengkapnya di https://www.youtube.com/watch?v=07rrOdGF8E0