Digital & Software, Industrialisasi

Alfagift Mudahkan Pelanggan Bertransaksi, Bagaimana MoEngage Membantu?

ShareInilah cara Alfagift mudahkan pelanggan bertransaksi dengan menggunakan perangkat digital buarana MoEngange. Pengunduh pelanggan melalui Android dan iOS terus meningkat.    ...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Alfagift

Inilah cara Alfagift mudahkan pelanggan bertransaksi dengan menggunakan perangkat digital buarana MoEngange. Pengunduh pelanggan melalui Android dan iOS terus meningkat.    

Alfagift
Alfagift-Connected-Retail-Case-Study-MoEngage. Divisi digital Alfamart, salah satu jaringan minimarket dan toko swalayan yang populer di Indonesia dan Filipina, belum lama ini bekerja sama dengan MoEngage. Para pelanggan secara online dan offline mendapat dukungan  dengan digital platform yang tentu saua menambah pengetahuan dan  wawasan. Alfagift mudahkan pelanggan bertransaksi (Foto/@: Alfagift/ MoEngage)

Penulis/editor: Marinus L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Alfagift, divisi digital Alfamart mudahkan pelanggan bertransaksi dengan menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline.

Oleh sebab itu, Alfagift bermitra dengan MoEngage guna memberikan pengalaman ritel bagi para pelanggan yang terhubung  mulus dan intuitif.

Melalui kemitraan itu, demikian rilis Alfagift belum lama ini,  penjualannya meningkat sebesar 45 persen secara transaksi bulanan dan tingkat retensi 75 persen dari H0 ke H90. 

“Kami membangun Alfagift dengan melihat peluang besar untuk menyediakan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi pelanggan setia,” tutur Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift. 

“Perangkat MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, karena e-commerce terus berkembang pesat,” lanjut Erick Alviyendra.

Pihak Erick Alviyendra mampu mempertahankan lebih dari 50 persen pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan untuk brand. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan berhasil, dan Alfagift ingin membangun pendekatan yang lebih solid lagi di masa depan. 

Sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota semakin dikenal masyarakat. Ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja merupakan daya tarik bagi pelanggan. 

Oleh sebab itu, tim digital Alfagift terus berupaya meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan berbelanja dari mana saja dan kapan saja. 

Alfagift bervisikan sebagai aplikasi e-commerce bagi para pelanggan setia yang memungkinkan mereka lebih merasakan pengalaman belanja secara pribadi dengan manfaat yang optimal  seperti penawaran, diskon, adanya loyalty point, dan produk yang beragam yang tersedia  di toko-toko (fisik) Alfamart. 

Hingga sekarang ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia yang digunakan oleh lebih dari 10 juta pengunduh melalui Android dan iOS. 

Dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna. 

Hal itu menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler. 

Visi Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan yang didukung MoEngage yang merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan yang akan: 

  • Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan,
  • Menggunakan alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Dengan peningkatan 29 persen implementasi Dan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran,
  • Meningkatkan Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU) yang mengadopsi dan menawarkan komunikasi berbasis perjalanan yang relevan di berbagai saluran,
  • Menggunakan strategi keterlibatan yang intuitif dan lincah  dengan campuran saluran berdasarkan tahap tindakan dan perjalanan, Alfagift meningkatkan DAU menjadi 214 ribu dan MAU menjadi 1,4 juta. 

Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45 persen pada DAU.

  • Meningkatkan kerekatan aplikasi dengan menawarkan diskon yang relevan degan menambah  wawasan dan preferensi belanja.
  • Menyimak manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli tiap jenis produk. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75 persen pelanggan dari H0 hingga H90.

“Ketika industri e-commerce  terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan,” pendapat Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage

Saurabh Madan merasa terhormat dapat bermitra dengan brand inovatif seperti Alfagift, yang mengutamakan customer-centricity dalam strategi bisnis. Keterlibatan berbasis wawasan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital.

Pihaknya berharap dapat memperkuat kemitraan yang memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi, tandas Saurabh Madan.

Sementara itu, MoEngage merupakan platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan, dipercaya oleh lebih dari 1000 merek konsumen global seperti Ally Financial, McAfee, Flipkart, Domino’s, Nestle, Deutsche Telekom, Travelodge, dan banyak lagi. 

MoEngage memberdayakan pemasar dan pemilik produk dengan wawasan tentang perilaku pelanggan dan kemampuan untuk bertindak berdasarkan wawasan yang melibatkan pelanggan di seluruh web, seluler, email, sosial, dan saluran perpesanan. 

Sejumlah merek konsumen di 35 negara menggunakan MoEngage untuk mendukung pengalaman digital bagi lebih dari 900 juta pengguna setiap bulan. 

MoEngage didukung oleh Steadview Capital, Multiples Private Equity, Eight Roads, F-Prime Capital, Matrix Partners, Ventureast, dan Helion Ventures.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *