mmINDUSTRI.co.id

Perubahan Sistem Arsitektur Otomotif, Kabel Menambah Beban

Para produsen harus melakukan perubahan sistem arsitektur otomotif agar mobil modern tidak penuh dengan kabel yang menambah beban. Apa manfaat konsep supercomputer on wheels

Megatren otomotif: Superkomputer pusat mengontrol semua komponen mobil dan dapat diperbarui melalui koneksi Wi-Fi (Foto/©: Fraunhofer IPMS)

 Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.idFraunhofer (sumber): Perubahan sistem arsitektur otomotif merupakan upaya meringankan beban mobil modern yang penuh dengan barang elektronik. 

Bagaimana cara mengelola semua komputer dan sistem bantuan terkait yang terdapat di dalam kendaraan modern? Hal itu merupakan pekerjaan yang rumit—lebih-lebih karena banyak rangkaian kabel yang tentu saja menambah bobot atau berat mobil. 

Oleh sebab itu, melalui proyek penelitian bernama CeCaS, tim peneliti Fraunhofer mengembangkan sistem arsitektur otomotif berdasarkan gagasan pengelolaan:  semua komponen elektronik secara terpusat dari satu platform komputer. 

Proyek CeCaS tidak hanya berfokus pada mobil listrik. Meskipun mobil listrik menjadi perhatian utama dalam upaya mengurangi dampak lingkungan, arsitektur superkomputer di dalam kendaraan dapat diterapkan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan yang berbahan bakar fosil. 

Tujuan utamanya adalah menggabungkan teknologi superkomputer dengan kendaraan bermotor secara keseluruhan, terlepas dari jenis mesin yang digunakan. 

Dengan demikian, proyek ini memiliki potensi untuk memengaruhi masa depan seluruh industri otomotif.

Proyek CeCaS memiliki potensi besar untuk membantu industri otomotif dalam beberapa hal:

 

Pengembangan fitur-fitur baru, seperti asisten pribadi yang cerdas, pemeliharaan prediktif, dan sistem hiburan yang lebih canggih, akan meningkatkan pengalaman pengemudi dan penumpang.

 

 

 

 

 

Secara keseluruhan, proyek ini membuka jalan bagi kendaraan masa depan yang lebih cerdas, aman, dan berkelanjutan.

Hal ini akan mempermudah pembuatan kendaraan yang sangat otomatis dan terhubung. Elemen inti dari teknologi Fraunhofer ini adalah tulang punggung Ethernet yang sangat andal dan bekerja secara real time.

Apa yang dimaksud dengan supercomputer on wheels? Mengacu pada visi masa depan di mana sistem arsitektur komputer dalam kendaraan diubah dari dasar sehingga sesuai dengan tuntutan tinggi yang terkait dengan kendaraan terhubung dan otomatis. 

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa poin penting terkait konsep supercomputer on wheels:

 

 

Dengan sistem arsitektur baru ini, mobil masa depan dapat diperbarui dengan mudah dan berfungsi sebagai platform superkomputer yang mengontrol semua komponen. 

Hal itu  akan mengurangi jumlah kabel dan bobot kendaraan, serta memungkinkan integrasi fungsi baru dengan mudah tulis laman techxplore.com

Baca: Pengendalian Kabel Otomotif dari Ponsel, Menggantikan Belasan Komputer

Exit mobile version