Management System, MANEJEMEN&SAFETY

Utamakan Keselamatan Karyawan, Clariant Terima Penghargaan

Utamakan Keselamatan Karyawan, Clariant Terima Penghargaan . Bagaimana manajemen sebuah perusahaan dinilai baik? Salah satu faktor yang dinilai jika pengelola utamakan keselamatan...

Written by Boromeus Sihombing · 1 min read >
utamakan keselamatan karyawan

Utamakan Keselamatan Karyawan, Clariant Terima Penghargaan . Bagaimana manajemen sebuah perusahaan dinilai baik? Salah satu faktor yang dinilai jika pengelola utamakan keselamatan karyawan—seperti Clariant manufaktur kimia khusus yang pabriknya berlokasi di Tangerang—mendapatkan penghargaan belum lama ini.

utamakan keselamatan karyawan
Sebuah pabrik kimia khusus yang dioperasikan oleh Clariant—termasuk di Tangerang, Banten. (Sumber foto: Clariant)

Satu pabrik kimia khusus bernama Clariant yang berlokasi di Tangerang, Banten, memperoleh pengakuan terbaik di bidang berkelanjutan (sustainability) dengan meraih Responsible Care Platinum Award dan Best Chemical Transportation & Distribution Safety Award.

Clariant memenangkan Responsible Care Platinum Award yang dilakukan sejak tahun 2011 di Indonesia. Clariant mengalahkan 50 perusahaan yang ikut berkompetisi.

Pihak Clariant tidak menyebutkan pihak (lembaga) yang menyerahan penghargaan itu yang bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-20  Responsible Care Indonesia belum lama ini. Penghargaan itu  semakin memperkaya rangkaian penghargaan atas kinerja berkelanjutan perusahaan.

Menanggapi penerimaan penghargaan itu, Kepala Clariant Indonesia, Hans Herrel mengatakan bahwa Responsible Care Platinum Award merupakan pengakuan tertinggi terhadap dedikasi perusahaannya terhadap program berkelanjutan yang diikuti oleh setiap manufaktur kimia di Indonesia.

Oleh karena itu, imbuh Hans, karyawan di pabrik Clariant demikian bersemangat ketika  mengetahui pencapaian terbaru itu.  Penghargaan itu merupakan pengakuan penting terhadap upaya manajemen Clariant untuk tetap menjaga standar di bidang keselamatan, kesehatan, lingkungan, dan berkelanjutan di pabrik.

Hand menegaskan pihaknya akan terus berupaya mempertahankan kinerja yang baik untuk selalu menghasilkan terobosan baru. Untuk memenangkan Platinum Award bukanlah pekerjaan mudah. Semua kriteria dan prosedur pemilihan tentunya harus dilewati dengan baik dan benar.

Pabrik Clariant meraih hasil audit dengan skor 98 dari 100. Pencapaian angka tersebut menunjukkan bahwa Clariant memenuhi ketujuh persyaratan RCI—meliputi Proses Keselamatan (Process Safety), Distribusi Keselamatan (Distribution Safety), dan Pencegahan Polusi (Pollution Prevention).

Clariant juga lulus di bidang Kesehatan dan Keselamatan (Health and Safety), Keamanan (Security), Pengelolaan Produk (Product Stewardship), Peningkatan Kesadaran Masyarakat (Community Awareness), dan Tanggap Darurat (Emergency Respond).

Tim penilai juga menyimpulkan bahwa Clariant tidak kehilangan waktu karena kecelakaan kerja (Lost Time Injury) selama dua tahun berturut-turut.  Artinya, di pabrik Clariant Indonesia tidak pernah terjadi suatu kecelakaan yang menimpa tenaga kerja dan manajemen.

Selain menerima Platinum Award, Clariant Indonesia meraih  Best Chemical Transportation & Distribution Safety Award. Penghargaan itu merupakan pertama kali diadakan di Indonesia. Clariant merupakan satu-satunya perusahaan yang mengalahkan para nominasi lainnya.

Sejak tahun 2014, pabrik Clariant di Tangerang berhasil meraih Zero Accident Award dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Sedangkan tahun 2015, manajemen pabrik ini menerima Responsible Care Gold Award dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Pemerintah menilai bahwa Clariant Indonesia memenuhi enam kode praktik perawatan yang bertanggung jawab (Responsible Care® Codes of Practices).

Clariant merupakan perusahaan yang berkantor pusat di Muttenz Swiss. Pada 31 Desember 2016, grup perusahaan ini mempekerjakan 17,442 orang karyawan—termasuk di pabrik yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Grup  Clariant memiliki empat bidang bisnis meliputi bahan kimia khusus, katalis dan energi, sumber daya alam, plastik dan bahan kainnya. Selamat kepada pak Hans Herrel yang utamakan keselamatan karyawan. Kita ingin melihat proses produksi kimia khusus di pabrik Clariant.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *