Management, Tambang

Petrosea Menentang Badai #Viruscorona, Luncurkan 3D

Perusahaan Petrosea menentang badai #viruscorona dan berhasil mencatatkan laba. “Kami meningkatkan operational excellence dan financial performance di tahun yang sulit,” ujar  Hanifa...

Written by Marinus L. Toruan · 1 min read >
Petrosea Menentang Badai

Perusahaan Petrosea menentang badai #viruscorona dan berhasil mencatatkan laba. “Kami meningkatkan operational excellence dan financial performance di tahun yang sulit,” ujar  Hanifa Indradjaya, Presiden Direktur PT Petrosea Tbk.

Petrosea Menentang Badai
Kegiatan PT Petrosea Tbk di area tambang. Petrosea menentang badai #viruscorona (Foto/@: PT Petrosea Tbk)

Tiap perusahaan punya cara sendiri bagaimana cara menyesuaikan aktivitas bisnis di tengah terpaan badai pandemi #Viruscorona.

Petrosea Menentang Badai

Manajemen PT Petrosea Tbk. mengakui bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global, pelemahan pasar batubara, dampak disrupsi,  dan tantangan usaha yang ditimbulkan pandemi COVID-19—berdampak langsung terhadap kinerja operasional perusahaan ini.

Akan tetapi, Petrosea  mencatatkan kinerja yang solid. Pada tahun 2020, laba yang dapat ditribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai US$32,28 juta, naik 3,53 persen dari US$31,18 juta pada tahun sebelumnya.

Perusahaan juga berhasil meningkatkan posisi kas menjadi US$133,95 juta, naik 59,12 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, walaupun mengalami penurunan total pendapatan sebesar 28,49 persen menjadi US$340,65 juta.

Hal itu dikarenakan pembatasan sosial yang diberlakukan di pasar internasional.

Proyek Minerva yang dimulai sejak tahun 2018 sebagai langkah strategis untuk melakukan transformasi digital kegiatan operasional perusahaan dan menjadikan Petrosea sebagai yang terdepan dalam implementasi technology adoption.

Adopsi terhadap teknologi itu justru menopang keberlangsungan usaha perusahaan dan membuat Petrosea lebih siap dan kuat menghadapi berbagai tantangan yang sangat berat di masa pandemi COVID-19.

Sebagai kelanjutan dari inisiatif strategis yan diterapkan sejak akhir tahun 2019,  Petrosea meluncurkan strategi 3D—DIVERSIFIKASI, DIGITALISASI dan DEKARBONISASI.

Berkat strategi  3D itu menjadi enabler dan pilar kunci perusahaan untuk terus mengembangkan value proposition kepada seluruh pelanggan, investor, dan stakeholder.

Strategi dekarbonisasi sangat penting untuk dilaksanakan, supaya ke depannya Petrosea dapat memanfaatkan energi dengan cara yang jauh lebih efisien, dan ramah lingkungan demi kepentingan generasi mendatang.

“Berkat kesuksesan Project Minerva, kami mampu meningkatkan operational excellence dan financial performance di tahun yang sulit serta mampu menjaga tingkat saldo kas yang sangat sehat demi mendukung kegiatan operasional perusahaan,” tutur Hanifa Indradjaya, Presiden Direktur PT Petrosea.

Tahun 2021, Petrosea menerima beberapa penghargaan sebagai cerminan dari kinerja perusahaan dalam satu tahun terakhir. Contohnya, PT Petrosea terpilih sebagai salah satu dari perusahaan Indonesia terbaik—pilihan Forbes Indonesia dalam edisi 50 Best of the Best 2020 Companies.

Pilihan itu dilakukan berdasarkan kinerja fundamental jangka panjang perusahaan. Petrosea juga menerima penghargaan dari International Data Corporation (IDC) sebagai Operating Model Master dan Talent Accelerator pada ajang IDC DX Digital Transformation Awards 2020.

Dengan penghargaan itu, maka PT Petrosea diakui sebagai perusahaan yang sukses melakukan terobosan signifikan melalui transformasi digital di kawasan Asia Pasifik.

Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa, pengadaan dan konstruksi serta jasa minyak dan gas bumi selama lebih dari 49 tahun.

Keunggulan perusahaan ini adalah kemampuannya untuk menyediakan jasa pertambangan terpadu pit-to-port, kemampuan rekayasa dan konstruksi yang terintegrasi serta jasa logistic.

Perusahaan ini berkomitmen penuh terhadap penerapan keselamatan, kesehatan kerja dan  lingkungan, manajemen mutu, dan integritas bisnis.

Pada tahun 1990, Petrosea menjadi perusahaan rekayasa dan konstruksi Indonesia pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: PTRO).

Petrosea didukung oleh pemegang saham utama yakni  PT Indika Energy Tbk., yang merupakan perusahaan energi di Indonesia—penyedia solusi energi terpadu melalui investasinya di bidang sumberdaya energi, jasa,  dan infrastruktur.

Selamat kepada manajemen PT Petrosea di bawah kemudi Hanifa Indradjaya selaku Presiden Direktur PT Petrosea Tbk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *