AUTO-TECH, Engineering

Menghasilkan Hidrogen Melalui Proses Elektrolis, Inovasi Inspiratif dari Australia

ShareBagaimana menghasilkan hidrogen melalui proses elektrolisis dengan menggunakan air suling? Kutipan Creative Commons dari The Lead South Australia yang inovatif dan inspiratif...

Written by Jeremius Bawono · 2 min read >
Menghasilkan Hidrogen

Bagaimana menghasilkan hidrogen melalui proses elektrolisis dengan menggunakan air suling? Kutipan Creative Commons dari The Lead South Australia yang inovatif dan inspiratif telah memasuki tahap komersial di Australia Selatan.   

Menghasilkan Hidrogen
John Wilson, HYDI Managing Director dengan satu unit hidrogen. (Foto/@: https://bit.ly/3dMQ0ou dan springwise.com)

Peran para pengemudi truk yang bekerja di sektor tambang, operator bus, dan sopir truk sampah di Australia membutuhkan perangkat Hydrogen Direct Injection (HYDI). Alat ini dirancang agar para pengemudi mampu menghemat bahan bakar, dan mengurangi emisi.

Perangkat itu, demikan Jim Plouffe, Publishing  Editor laman theleadsouthaustralia.com.au  telah memasuki tahap komersial yang berarti pasar Australia menerima.

Perangkat Hydrogen Direct Injection (HYDI) dibuat sebuah pabrik manufaktur di Australia Selatan, dan telah memasuki tahap pengembangan dan pengujian sejak 2013. Hasil pengujian yang dilakukan tim peneliti University of South Australia sungguh menggembirakan.

Hasil uji coba merupakan pertanda bahwa perangkat HYDI diperkenankan memasuki pintu komersial. Lagi pula pengujian dilaksanakan secara  independen tanpa campur tangan pihak lain.

Ketika perangkat diuji pada generator, hasilnya menunjukkan, penggunaan unit mengurangi konsumsi diesel mencapai  5–13 persen. Dan penurunan emisi partikular diesel mencapai 25–80 persen dan menghilangkan 7–25 persen karbon monoksida. 

Perangkat HYDI telah diuji di seluruh benua Kanguru itu. Perangkat itu membantu mesin penggerak utama truk, bus umum, dan truk pengangkut sampah. 

Truk dan peralatan di sektor tambang—termasuk generator dengan model yang sesuai dengan  mesin dari enam liter hingga 40 liter,  dan lainnya juga telah diuji keandalan perangkat.

Satu truk yang dilengkapi dengan Hydrogen Direct Injection  (HYDI) mampu menjelajahi bentangan jalan sejauh 50.000 km di Strzelecki Track suatu kawasan pedalaman di Australia.

Di beberapa lokasi  kondisi jalan tidak baik atau kurang ramah bagi para pengemudi pada saat musim panas. 

Managing Director HYDI, John Wilson menjelaskan bahwa  sistem hidrogen di pasar publik  menggunakan elektrolit atau larutan alkali yang berpotensi menguap dan meningkatkan masalah keselamatan dengan operator. 

Akan tetapi, lanjut John Wilson mengingatkan bahwa sifat bebas kimia dan daya rendah HYDI justru membuatnya kuat, andal, dan aman. 

“Ketika kami mendapatkan hasil awal dari University of South Australia tentang penurunan signifikan dalam partikel, hasilnya membuat kami tertarik pada sesuatu,” kata John Wilson.

“Kami berada di lintasan yang tajam, dan jika Anda mendapatkan satu peluang dengan industri berat ini, kami merasa sudah siap melayani Anda sekarang,” lanjut John Wilson.

“Kami mempunyai selusin unit mesin yang telah lengkap dengan HYDI dan telah menjual beberapa unit lainnya,” ujar John Wilson.

Ukuran unit bervariasi bergantung pada kapasitas mesin yang ditempeli dan dapat dipasang dengan rapi ke bagian belakang kabin truk. 

Alat itu menghasilkan hidrogen melalui proses elektrolisis dengan menggunakan air suling dalam tangki dua liter yang dapat beroperasi selama 70 jam sebelum bahan bakar diisi ulang. 

Opsi tangki bantu juga dapat ditambahkan untuk mesin yang bergerak di jalan terus-menerus atau melewati daerah pedalaman yang kondisi jalannya kurang baik. Hidrogen disuntikkan langsung ke dalam campuran bahan bakar udara sesaat sebelum terjadi pembakaran atau pemanasan. 

Hidrogen membantu campuran untuk pemanasan lebih cepat dan lebih lengkap, menghasilkan daya dorong  yang lebih besar meski penggunaan bahan bakar lebih sedikit, dan lebih sedikit emisi.

Elektronik dalam HYDI dapat berinteraksi dengan berbagai mesin dan mengubah aliran hidrogen sesuai dengan posisi throttle kendaraan untuk mencapai efisiensi optimal.

Alat HYDI dapat disimpan di gudang kecil yang berlokasi di bagian barat Adelaide. Alat ini telah digunakan perusahaan pembuat komponen di Woodville, Torrensville, dan Plympton—dan tersedia suku cadang di unit-unit terdekat. 

John Wilson memiliki sekitar 30 unit yang diproduksi satu hari. Ia  menambahkan  perusahaannya sedang mencari lokasi yang lebih luas yang dijadikan sebagai manufaktur dan perakitan. Tujuannya untuk memungkinkan peningkatan kapasitas produksi. 

John Wilson juga berencana mengekspor alat HYDI—termasuk ke Indonesia? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *