MANEJEMEN&SAFETY, Safety

Kursi Pesawat Lebih Nyaman dengan Aviation Double Bermanfaat untuk Ventilasi

Salah satu  faktor kenyamanan selama terbang dengan burung baja ditentukan seat atau kursi. Bagaimana jika terjadi lembab di kursi pesawat yang ditempati?...

Written by Boromeus Sihombing · 1 min read >
Kursi Pesawat Lebih Nyaman

Salah satu  faktor kenyamanan selama terbang dengan burung baja ditentukan seat atau kursi. Bagaimana jika terjadi lembab di kursi pesawat yang ditempati? Penumpang dapat mengatur sendiri tanpa merepoti awak pesawat. Jangan mudah lebai.                        

Kursi Pesawat Lebih Nyaman
Aviation Double Seat memiliki kombinasi ventilasi kursi aktif menggunakan kontrol thermoelectric dan panas menggunakan beberapa elemen pemanas. Kursi pesawat lebih nyaman dengan aviation double bermanfaat untuk ventilasi (Foto/©: Gentherm GmbH)

Kenyamanan terbang bukan hanya ditentukan kursi (seat) di misalnya di kelas utama.                    

Meski kita duduk di kursi atau seat kelas bisnis dan kelas ekonomi, perangkat kursi yang kita duduki selama terbang, termasuk faktor penentu kenyamanan.   

Untuk membantu para pembuat pesawat udara atau perusahaan manufaktur pembuat burung baja dan para maskapai penerbangan, para peneliti Fraunhofer Gentherm dan mitranya sukses mengembangkan kursi kelas bisnis ber-AC atau disebut Aviation Double Seat.

Kursi ini memiliki kombinasi ventilasi kursi aktif yang menggunakan termoelektrik dan kontrol panas yang dihasilkan beberapa elemen pemanas.

Elemen ini juga berfungsi sebagai alat pengontrol suhu optimal yang dilakukan dari  alat yang terdapat di kursi.

Alat itu juga berfungsi sebagai penghilangn kelembaban yang (mungkin) terjadi selama kita terbang.

Maka hasilnya adalah terjadi iklim kering yang nyaman secara permanen di sekitar permukaan kursi yang diduki oleh penumpang selama perbangan. Kursi Aviation Double ini telah dipamerkan di ILA EXPO di Berlin (Jerman) pada April 2018.

Penumpang pesawat harus sehat, nyaman, dan keberlanjutan selama penerbangan.

Bagaimana caranya? Ya, terbanglah dengan menempati kursi ber-AC tersendiri—hawa segar bukan harus berasal dari AC sentral di pesawat.  

Tim peneliti Fraunhofer Gentherm dan mitranya yakni pelaku industri telah mengembangkan kursi kelas bisnis ber-AC  atau disebut Aviation Double Seat.

Kursi ini memiliki kombinasi ventilasi kursi aktif menggunakan thermoelectric dan kontrol panas dengan menggunakan beberapa elemen sebagai sumber pemanas.

Alat ini bermanfaat untuk mengatur dan mengontrol suhu optimal dari permukaan kursi dan mampu serta menghilangkan kelembaban yang berlangsung terus selama penumpang dalam pernerbangan.

Hasilnya adalah iklim kering yang nyaman secara permanen di permukaan kursi. Kursi Aviation Double memiliki kombinasi ventilasi kursi aktif menggunakan kontrol thermoelectric dan panas menggunakan beberapa elemen pemanas.

Aviation Double Seat dibuat berdasarkan temuan dari proyek iSPACE yang didanai oleh Uni Eropa (Sistem Inovatif untuk Lingkungan Kabin Pesawat Pribadi) dan dikembangkan oleh Fraunhofer Gentherm.

Selain Institut Fraunhofer (Membangun Fisika IBP) di Valley, Jerman, sembilan mitra dari industri penerbangan juga berperan serta melakukan penelitian itu.

Sebagai bagian dari proyek, para peserta telah bekerja mengembangkan teknologi yang dapat  meningkatkan kualitas kenyamanan penumpang.

Para penumpang dimungkinkan untuk menyesuaikan diri di lingkungan indoor secara pribadi. Penumpang pesawat mudah menyesuaikan suhu dan aliran udara agar sesuai dengan kebutuhan pribadi dan fisik (badan) penumpang.

Sekadar catatan, sebanyak 3,7 miliar orang penumpang yang menggunakan penerbangan sipil di seluruh dunia pada 2016, dan menjadi 4,3 miliar orang pada tahun 2018.

Menurut hasil survei Kantor Statistik Federal Jerman, peningkatan kesejahteraan, tujuan perjalanan yang menarik, perluasan hubungan perdagangan global dan perjanjian perjalanan bebas—terus   meningkat dalam jumlah penumpang dari tahun ke tahun.

Fraunhofer IBP terus-menerus meneliti subjek pesawat untuk menghasilkan kenyamanan bagi semua orang yang menggunakan pesawat terbang menuju tujuan yang dicapai dengan sehat, nyaman, ekologis, dan ekonomis.

Keadaan suhu di ruang kabin pesawat merupakan prioritas yang penting bagi tim peneliti institut milik Fraunhofer.

Selamat terbang dengan kursi pesawat lebih nyaman dengan aviation double bermanfaat untuk ventilasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *