AUTO-TECH, Marketing & Promotion

Konsep Desain Vespa Hasil Seni Kontemporer, Paduan Nuansa Masa Silam dan Modern

Bagaimana konsep desain Vespa dihasilkan sebagai seni kontemporer—gabungan nuansa masa silam dan teknologi modern? Italia mewujudkan karya masa silam dalam produk modern...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Konsep Desain Vespa

Bagaimana konsep desain Vespa dihasilkan sebagai seni kontemporer—gabungan nuansa masa silam dan teknologi modern? Italia mewujudkan karya masa silam dalam produk modern berteknologi canggih. 

Konsep Desain Vespa
Pemilihan material premium yang teliti menjadikan Vespa rancangan Sean Wotherspoon tampak unik. Konsep desain Vespa hasil seni kontemporer (Foto/@: PT Piaggio Indonesia)

Pernah mengunjungi pameran otomotif bertajuk Autopromotec yang berlangsung sekali dalam dua tahun di Bologna, Italia? Promotec terakhir dilaksanakan pada Mei 2019 dan direncanakan diselenggarakan pada tahun 2022.

Melalui Autopromotec, digelar berbagai kendaraan tua—termasuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan Vespa—yang dimodifikasi dengan implementasi teknologi digital. Italia salah satu bangsa yang sangat menghargai karya yang bersejarah dan berusia ratusan tahun. 

Contohnya Vespa Primavera yang baru diluncurkan oleh Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia. Tampak sentuhan krom mengkilap pada rak depan, kaca spion, bingkai lampu depan, dan pegangan penumpang di bagian belakang skuter. 

Selain itu, warna hitam pada pegangan tangan dan penutup knalpot menjadi pelengkap yang tepat untuk memberikan sentuhan akhir yang berkelas. Keunikan dan keaslian Vespa terjaga utuh dalam bodi baja Vespa yang merupakan karakter utama dari identitas Vespa. 

Demikian pula material beludru pada jok dan karet pada pijakan kaki dipasang pada bodi berbahan baja, menonjolkan bentuk dan lekuk Vespa. Perpaduan  setiap material dengan tepat mengamplifikasi identitas Vespa.

Kreativitas Sean Wotherspoon melebur dalam satu koneksi yang indah dilihat. Sebagai  sneakers designer, Sean Wotherspoon bereksperimen dengan beragam bahan. Material karet berwarna biru pada pijakan kaki, dibuat layaknya sol sepatu. 

Jok Vespa dengan material korduroi beludru warna coklat muda membuat tampilan premium dan menawan.  Keunikan lainnya, Vespa Primavera sarat pada setiap detail. Kolaborasi Vespa dan Sean Wotherspoon menciptakan the world’s most colorful pada Vespa.

Identitas Vespa demikian kuat, khas, dan nilai premium yang dimiliki melalui detail unik pada tampilannya. Elemen grafis, lanjut Marco, selalu menjadi bagian penting dari karya Sean Wotherspoon, terlihat jelas dalam penyempurnaan setiap detail khas Vespa. 

Demikian pula logo Vespa krom original pada bagian front shield diubah menjadi lebih sederhana dengan tampilan warna putih dengan inisial SW di bawahnya. Grafik tulisan Vespa dan Primavera dibuat khusus di kedua sisi bodi belakang Vespa. Sebelumnya keduanya tampil dalam warna krom.

Grafis itu tampak dalam tampilan warna putih dengan logo klasik Vespa yang besar dan logo Primavera yang berulang dan menghasilkan orisinalitas perspektif optik. 

Sementara jok premium, menurut Marcoo tampak cantik lengkap dengan logo Sean Wotherspoon, menjadikannya semacam tag street artist—berada  pada bagian depan jok.  

 

Konsep Desain Vespa
Hasil sinergi Vespa dan Sean Wotherspoon (Foto/@:  PT Piaggio Indonesia)  

Akar konsep desain ini ada pada keterkaitan yang kuat antara Vespa dan seni kontemporer. Pada Vespa Primavera edisi terbatas ini, Sean Wotherspoon menampilkan kekuatan ciri khas desainnya. 

Sean mewujudkan visi Vespa melalui pendekatan pada gaya, desain, dan fesyen yang  sesuai dengan Vespa sebagai merek istimewa khas Italia. Komposisi warna terkurasi dengan tepat, membungkus setiap bagian bodi Vespa—sinergi Vespa dan Sean Wotherspoon. 

Kolaborasi Vespa dan  Sean Wotherspoon menampilkan perpaduan sempurna sebagai warisan  paduan nuansa masa silam dan modern khas Italia, dan diinterpretasikan secara kontemporer.  

Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menyebutkan, penggemar alat transportasi roda dua di Jakarta, Bandung, Yogyajarta, Surabaya, dan Bali dapat memesan Vespa seharga Rp85 juta. “Jumlahnya terbatas,” ungkap  Marco tanpa merinci alasannya. 

PT Piaggio Indonesia merupakan agen tunggal merek-merek sepeda motor ikonis Italia, seperti  Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi. Sejak tahun 2011, Piaggio berkomit untuk hadirkan ide segar bagi pasar Indonesia melalui produk-produknya andalannya. 

Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi disiapkan sebagai produk yang relevan dan sesuai dengan tren pasar. Setiap merek memiliki ciri khas dan karakter kuat yang dipadu dengan teknologi tinggi. 

Untuk varian skuter premium, hadir dengan dua merek berreputasi tinggi di pasar global yakni  Piaggio and Vespa. Merek Piaggio menerapkan teknologi canggih, mobilitas modern yang inovatif. 

Piaggio Medley iget 150cc merupakan cerminan tolok ukur dari desain gaya khas Italia, kepraktisan, mobilitas dan teknologi, termasuk Piaggio MP3 dengan teknologi terdepan dan kenyamanan berkendara. 

Vespa adalah merek ikonis lintas zaman yang merepresentasikan gaya hidup dan budaya berkendara. Sebagai varian entry level, penggemar dapat memiliki varian LX dan S i-get 125cc yang sempurna bagi generasi milenial.

Vespa Sprint 150 i-get ABS dan Vespa Primavera 150 i-get ABS adalah simbol desain dan kebanggan Italia—lengkap dengan generasi “S” yang paling sporty, Vespa Primavera S 150 i-get ABS dan Vespa Sprint S 150 i-get ABS. 

PT Piaggio Indonesia menawarkan Moto Guzzi, Aprilia, Vespa GTS Super 150 i-get ABS yang sporty, dan Vespa GTS 300 Super Tech ABS yang indah dan bertenaga. 

PT Piaggio Indonesia menyediakan Piaggio Training Center yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Fasilitas itu merupakan pusat pelatihan bagi para teknisi dan 39 diler outlet resmi Piaggio Indonesia di seluruh Indonesia, demikian Marco Noto La Diega. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *