AUTO-TECH, Marketing & Promotion

Kemudi Bisnis Toyota Astra Diganggu #Coronavirus, Visitors Virtual Expo Meningkat

Coronavirus berdampak terhadap kemudi bisnis Toyota Astra Motor. Penjualan mobil menurun selama 3 bulan. Berkat strategi baru, pasar membaik sejak Juni. Pengunjung...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Kemudi Bisnis Toyota Astra

Coronavirus berdampak terhadap kemudi bisnis Toyota Astra Motor. Penjualan mobil menurun selama 3 bulan. Berkat strategi baru, pasar membaik sejak Juni. Pengunjung Toyota Virtual Expo (Juli dan September 2020) meningkat. Bagaimana #ToyotaadauntukAnda diwujudkan?  

Kemudi Bisnis Toyota Astra
Mobil-mobil unggulan (gambar kiri) PT Toyota Astra Motor yang dapat dimiliki dengan pembelian secara online dan melihatnya melalui virtual show room. Gambar kanan Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy. Kemudi bisnis Toyota Astra diganggu #Coronavirus (Foto/@:  mmINDUSTRI/Rayendra L. Toruan)

Anda membutuhkan mobil baru dengan cicilan ringan dan kemudahan  lainnya seperti perpanjangan STNK? 

Meski arah kemudi bisnis produk otomotif mengalami gangguan dari dampak pandemi #Coronavirus, manajemen PT Toyota Astra Motor (TAM) punya cara baru untuk membantu calon pembeli.

Melalui jumpa Pers secara virtual, Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, bahwa angka penjualan kendaraannya anjlok pada Maret (hanya 17.787 unit), April (8.443 unit), dan Mei (6.727 unit). Angka penjualan itu tentu tidak sesuai target yang direncanakan pada tahun 2019.

Memasuki 3 bulan berikutnya, demikian Anton, arah kemudi bisnis Toyora Astra Motor didaptasikan sesuai kondisi yang belum lepas dari pengaruh COVID-19. Dengan menggunakan kekuatan digital platfom  jumlah penjualan produk otomotif TAM meningkat perlahan.

Sekadar pembanding, jika pangsa pasar kendaraan roda empat tingkat nasional mencapai 29.859 unit pada Juni, TAM menjual 11.196 unit, artinya meningkat dari bulan sebelumnya. Secara nasional, ujar Anton, pangsa pasar TAM mencapai 31,4 persen. 

Meski demikian, keadaan pasar produk otomotif belum menggembirakan.  Menurut Anton,  Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil hingga akhir 2020 sekitar 600.000 unit atau 42 persen. 

Apakah proyeksi Gaikindo akan tercapai? Semoga, harap Anton, namun susah mencapai penjualan di angka 600.000 unit, “Kita lihat data penjualan pada September hingga akhir Desember 2020, apakah proyeksi itu tercapai di atas 550.000 unit?” ujar Anton, “Kita berharap,” imbuhnya.  

Melihat keadaan pasar yang belum kondusif, TAM menunda peluncuran beberapa produk andalannya dan menerapkan strategi baru untuk “menjemput” para calon pembeli baru  serta merawat hubungan baik dengan pelanggan  yang membutuhkan pelayanan (after sales).

Anton menjelaskan, warga yang ingin membeli mobil namun terkendala dengan kempuan finansial. Sebagai solusi, TAM menawarkan konsep cara membeli mobil melalui program deal cermat (solusi hemat, mudah, tenan) dan TOYOTA SPEKTAKULER.

Kemudi Bisnis Toyota Astra
Tanpa harus bertatap muka dengan petugas, tiap pembeli mobil dapat berinteraksi melalui Toyota CHATBOT (Foto/@:  PT Toyota Astra Motor)

Jika memilih program deal cermat, maka calon pembeli akan lebih hemat dan lebih rendah jumlah cicilan dibandingkan dengan program regular. Pembeli  dipermudah dan bantuan—termasuk  jika ingin menjual dengan harga yang terjamin sesuai dengan kredit tenor yang dipilih. 

Pembeli pun merasa tenang karena manajemen TAM memberikan jaminan pelayanan (after seles) termasuk suku cadang (parts) dan asuransi. 

Sementara pilihan terhadap TOYOTA SPEKTAKULER pembeli mendapatkan kredit dengan bunga yang lebih rendah mulai dari 1,99 persen per bulan. 

Sedangkan USERSHIP Solution, merupakan salah satu bentuk layanan TAM kepada pelanggan yang berlangganan KiNTO. Pelayanan ini menjadikan pelanggan mengurus diri sendiri tanpa harus bertatap muka dengan petugas TAM—merupakan penerapan physically distancing

Dengan mengikuti KiNTO—pelanggan hanya membayar subscription fee—maka pelanggan menyetir kendaraan sendiri dan mendapat bantuan untuk perpanjangan STNK. Keinginan pembeli dan pemilik kendaraan direalisasikan melalui website TAM—termasuk servis mobil dan asurasi all-risk

TAM mempunyai kekuatan pelayanan aftersales agar pelanggan dapat dilayani di 333 outlets dan 311 workshop. Pelanggan tak perlu repot mengantarkan mobilnya ke bengkel karena dilayani melalui pick-up dan delivery service

TAM menyelenggarakan news aftersales service yang berkaitan dengan Car Care Auto Detailing (Engine Room Treatment), Tire , dan TMO (Cabin Disinfectant). “Kami sedang menyiapkan new mobility solution yang akan kami luncurkan segera,”  jelas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor itu. 

TAM memanfaatkan kekuatan digital disruption platform  untuk memasarkan dan mempromosikan produk otomotif andalan . 

Contohnya adalah cara merealisasi deal cermat dan TOYOTA SPEKTAKULER  dengan layanan Toyota CHATBOT berbasis aplikasi Artificial Intelligence (AI) dan mTOYOTAApps.

Pelayanan ini, lanjut Anton, tidak menggunakan orang atau robot, sepenuhnya merupakan Toyota Intertactive Virtual Assistant.  Sejak penerapannya, menurut Anton, total yang berinteraksi mencapai lebih  600.000 (Maret hingga Agustus 2020), sedangkan yang melakukan download lebih 50.000.

Sementara Toyota Virtual Expo (24-26 Juli dan 25-27 September 2020) dikunjungi lebih 131.000 dan lebih 610 SPK. Bekerja sama dengan Google, TAM menyelenggarakan Google Auto Festival pada 25-29 Agustus 2020 dengan 610 SPK.

Tahun 2020 ini, TAM menandai perkembangan dengan kendaraan listrik disebut new Toyota hev dan new Toyota Phev merupakan kegitan bisnis berkolaborasi dengan taksi online.

TAM menyelenggarakan #Toyotaadauntukanda yang diwujudkan melalui bantuan kendaraan untuk Kesehatan, membantu masyarakat di sekitar area dealer, memberikan bantuan 1.000 APD, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan serta kolaborasi dengan PMI. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *