Astra Financial menyediakan aplikasi MOXA bagi pelanggan yang ingin mereguk kenyamanan keuangan pada setiap fase kehidupan. Mona, sebagai asisten bakal menuntun tiap konsumen.
Bagi seseorang untuk mendapatkan dana—di luar penghasilan utama—kadang sulit dilakukan bahkan menemukan jalan buntu. Akan tetapi, di era modern berbasis digital disruption platform masalah keuangan mudah dipecahkan.
Oleh sebab itu, Astra Financial atau PT Sedaya Multi Investama yang merupakan salah satu anak PT Astra International Tbk, perusahaan di bidang jasa keuangan ini menciptakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang dinamai MOXA.
Aplikasi MOXA merupakan hasil inovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin dinamis, dan sekaligus mempercepat transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan (baru) di Indonesia.
Melalui aplikasi MOXA, konsumen atau pelanggan leluasa memilih berbagai kenikmatan seperti layanan pembiayaan kendaraan, pembiayaan perjalanan religi—seperti umroh—atau pinjaman multiguna, pembiayaan gawai, elektronik, furnitur, dan persiapan dana pendidikan.
Selain itu, aplikasi MOXA menyediakan layanan investasi bisnis untuk hari tua, sewa mobil dan bus, layanan antarjemput bandara, test drive kendaraan impian, dan produk asuransi.
Hal itu berarti aplikasi MOXA selalu hadir dengan solusi keuangan di setiap fase kehidupan konsumen, dari mulai memenuhi kebutuhan saat ini hingga mencapai tujuan hidup di masa depan.
Peluncuran aplikasi MOXA yang dilakukan secara virtual itu disaksikan oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Djony Boenarto Tjondro, lengkap dengan jajaran Direktur Astra, Johannes Loman, Chiew Sin Cheok, Gidion Hasan, Henry Tanoto, Santosa, dan Gita Tiffani Boer.
Selanjutnya Direktur Astra sekaligus Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin; Direktur PT Sedaya Multi Investama (Astra Financial), Handoko Liem; Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIFGROUP), Margono Tanuwijaya; dan Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (Astra Credit Companies-ACC), Siswadi.
Kemudian Presiden Direktur PT Toyota Astra Financial Services, Agus Prayitno; Presiden Direktur PT Asuransi Astra Buana, Rudy Chen, dan segenap manajemen Astra Financial.
“Seiring dengan bergesernya gaya hidup konsumen yang mengedepankan layanan nonfisik ditambah dengan adaptasi kebiasaan baru saat pandemi #Viruscorona maka kehafiran aplikasi MOXA dapat diterima oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai pendamping pada setiap perjalanan kehidupan. Hal itu sejalan dengan visi Astra Financial, yakni menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkap Suparno Djasmin, Direktur Astra sekaligus Director in Charge Astra Financial.
Di sisi lain, aplikasi MOXA merupakan wujud nyata dari Astra Financial dalam mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021-2025.
Secara khusus hal itu terkait dengan akselerasi transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan, sehingga mampu mewujudkan sistem keuangan nasional yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil.
“MOXA mengintegrasikan seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi sebab #DenganMOXASemuaBisa dan menjadi pusat dari berbagai layanan keuangan terbaik dari Astra Financial,” tandas Suparno Djasmin meyakinkan.
Apa keunggulan aplikasi MOXA? MOXA memiliki sejumlah fitur unggulan seperti conversational chat yang membantu pengguna memilih produk sampai melakukan transaksi dengan bantuan asisten, wishlist, dan share atau social engagement.
Aplikasi ini bisa juga sebagai kalkulator simulasi pada saat mau mengajukan kredit yang berguna untuk memudahkan dalam penghitungan estimasi cicilan hingga pengecekan status pengajuan produk pinjaman multiguna.
Ragam fitur tadi menjadikan aplikasi MOXA sebagai one stop financial services yang dapat diunduh oleh konsumen melalui Play Store atau App Store.
Sementara itu, irektur Astra Financial, Handoko Liem menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya optimistis mencatatkan pertumbuhan pengguna dan transaksi MOXA.
“Salah satu aspek terpenting dalam transformasi digital adalah memberikan kemudahan bagi semua pengguna dari berbagai segmen untuk mengakses MOXA. Kehadiran fitur unggulan MOXA diharapkan mampu memfasilitasi keinginan pengguna yang mendambakan aplikasi simpel, praktis, dan efisien,” urai Handoko Liem.
Fitur-fitur dalam aplikasi MOXA juga termasuk beginner friendly. Setelah mendaftar, pengguna akan dituntun oleh asisten bernama Mona untuk mengenal lebih jauh tentang produk-produk finansial lengkap dengan perbandingan skema yang paling sesuai kebutuhan.
Sedikitnya terdapat tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam MOXA antara lain, Astra Credit Companies, Toyota Astra Finance, FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, dan MauCash.
Dengan mengusung tagline Your Life’s Financial Companion, aplikasi MOXA berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub seluruh layanan/produk buatan i Astra Financial. Pelanggan tidak perlu repot berpindah aplikasi karena layanan satu pintu sudah disediakan MOXA.
Posisi MOXA semakin diperkuat berkat dukungan dari perusahaan-perusahaan di bawah Astra Financial yang selama belasan tahun telah memberikan pelayanan terbaik di bidang jasa keuangan bagi masyarakat Indonesia.
Pihak manajemen menegaskan bahwa tidak ada target khusus harus menggaet dana seberapa banyak.
“Kami harap dapat tumbuh, ini bukan hanya tentang jumlah tapi bagaimana aplikasi MOXA dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan literasi keuangan dan menjadikan MOXA sahabat yang membantu meraih kemakmuran dalam (menjalani fase) kehidupan,” kata Handoko Liem.