What is Printed Electronics?

0
5
Sebuah sel produksi untuk teknologi direct-write terintegrasi dalam sebuah jalur produksi untuk komoponen fungsional. (Sumber foto/©: Thomas Kleiner/Fraunhofer IFAM)

Dengan elektronik cetak, orang (mungkin) memproduksi komponen yang secara signifikan, lebih padat dan kuat.

Sebuah sel produksi untuk teknologi direct-write terintegrasi dalam sebuah jalur produksi untuk komoponen fungsional. (Sumber foto/©: Thomas Kleiner/Fraunhofer IFAM)
Sebuah sel produksi untuk teknologi direct-write terintegrasi dalam sebuah jalur produksi untuk komoponen fungsional. (Sumber foto/©: Thomas Kleiner/Fraunhofer IFAM)

Anda tak bisa hanya membeli tinta untuk digunakan pada semua aplikasi. “Beberapa sensor membutuhkan campuran sangat khusus yang tidak tersedia dalam bentuk cairan atau pasta pencetak. Oleh karena itu, kita perlu kreativitas untuk mengatasinya, jangan bergantung pada pihak lain,” kata Dr. Volker Zöllmer kepala departemen peneliti IFAM.

Tim peneliti IFAM  telah mengembangkan bahan pencetakan baru milik mereka sendiri. Area penting lainnya dalam penelitian bagi ilmuwan adalah teknologi pengaturan dan koneksi. Zöllmer meyakinkan bahwa pihaknya harus memastikan sistem yang mereka ciptakan untuk elektronik tercetak dapat diakses dari seluruh dunia.

Advertisement

Teknik produksi baru menawarkan beberapa kelebihan. Salah satunya adalah penghemat waktu yang signifikan. Komponen elektronik biasanya dibangun hanya sekali saat wadahnya dibuat, dan membutuhkan proses yang sulit dan berbelit-belit. Bagaimana pun, mencetak dengan elektronik merupakan sebuah langkah yang dapat diintegrasikan secara langsung pada proses manufaktur wadah.

Elektronik tercetak juga membuka kemungkinan desain baru: praktik umum yang baru sampai pada penggabungan komponen elektronik tersolder seperti kapasitor pada flat, papan kaku, dan menggabungkannya dengan segala jenis alat elektronik.

Karena papannya kaku, kita membutuhkan sejumlah ruang tertentu agar pas, dan juga membutuhkan sebuah penggerak  yang harus menyesuaikan lusinan ECU dan sensor untuk mengontrol motor pada  jendela elektrik atau untuk mengukur suhu.

Dengan elektronik tercetak, orang (mungkin) memproduksi komponen yang secara signifikan lebih padat dan kuat. Hasilnya merupakan sistem yang membutuhkan ruang lebih kecil.

Elektronik tercertak atau kadang disebut panel sirkuit cetak diminati oleh para pelaku industri. Untuk itu para ilmuwan di IFAM bekerja sama dengan partner dari teknologi otomotif, elektronik, dan medis. Contoh proyek yang dikerjakan para peneliti bersama tim dari sebuah perusahaan adalah pengembangan sensor yang dapat dicetak secara langsung pada prostesis yang secara kontinyu memonitor efek prostesis pada tubuh pasien.

Baca juga :   Lebih Kuat dari Baja dan Lebih Ringan dari Sutra, Cocok untuk Apa?

Dr. Volker Zöllmer menuturkan, banyak perusahaan yang telah  memproduksi elektronik secara massal. Kelebihan fasilitas yang disediakan oleh timnya membuat perusahaan dapat mencetak bagian yang diinginkan dalam berbagai satuan  dengan kecepatan dan presisi langsung ditentukan dari sebuah model di komputer.

“Menurut saya, pengaturan produksi merupakan sebuah kekuatan industri di Jerman yang dapat gunakan untuk memisahkan diri dari titik panas produksi massal di Asia Tenggara,” Volker Zöllmer menambahkan.

Logam meghubungkan berbagai komponen tanpa kabel

Apa sih Printed Electronics? Perkembangan teknologi printed electronics atau elektronik cetak demikian cepat.  Penggunaan teknologi elektronik cetak ini demikian vital bagi para pelaku industri makanan, kesehatan, dirgantara,elektronik, media,dan transistor.

Masih ada istilah papan sirkuit cetak atau printed circuit board merupakan sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik yang berbeda jenis mau pun sama satu sama lain tanpa kabel. Papan sirkuit ini diproduksi secara massal dengan cara pencetakan untuk keperluan elektronika tentu saja berhubungan dengan kelistrikan.

Untuk mengenalkan perkembangan kecanggihan teknologi elektronik cetak ini, para pekaku industri terkait dapat mengunjungi pameran di Berlin,Jerman, yang berlangsung pada 10 hingga 2017. Lebih dari 200 perusahaan menggelar printed electronics. (Bahan diolah dari Printed electronics tulisan Tim Schröder, Fraunhofer 2/15 dan  http://www.idtechex.com/printed-electronics-europe/show/en/)

Advertisement

Tulis Opini Anda