Universalitas yang Disesuaikan untuk Kualitas dan Efisiensi

0
3

Josef Kraus

Ada dua persyaratan machining center yang fokus dalam rantai proses untuk instrumen medis dan implan. Kualitas harus tinggi dan prosesnya juga efektif biaya. Dengan mesin-mesin standar yang dimodifikasi, keseimbangan ini dapat dicapai.

Pembelian yang pertama dari empat mill-turn center jenis XP4-42 oleh supplier JR-Medizintechnik masih dinilai sebagai sebuah tes. Jangan membeli ”kucing dalam karung”. Demikianlah kira-kira yang ada dalam benak Jörg Rettkowski, CEO dan sekaligus pemilik

Waktu adalah uang dalam pengembangan impaln dan instrumen medis. Proses bagian prototipe mesin standar karena itu harus dilakukan dengan cepat dan hemat biaya.
Advertisement

JR-Medizintechnik. ”Katakanlah, kami ingin mengevaluasi mesin tersebut dalam produksi sehari-hari,” ujarnya. Namun setelah beberapa bulan berikutnya, keputusan pun akhirnya dibuat. Itu adalah saat di mana mesin kedua dibeli.

Sementara itu, keseluruhan empat mesin turn-mill setiap harinya bekerja selama 12-16 jam memproduksi part-part dari baja tahan karat V2A untuk industri medis. Inilah yang membuat Rettkowski beberapa tahun sebelumnya pergi mencari mesin karena para pemasok di bidang ini meminta produksi yang efisien: ”Hal itu membuat tekanan yang besar terhadap keragaman yang tinggi dan kemudahan pemakaian,” kata Helmut Müller, CEO Muga Werkzeugmaschinen GmbH. Oleh karena itu dibuat persyaratan yang konkrit, seperti perubahan yang cepat dan sederhana, dan ruang yang kecil untuk instalasi mesin. Kebanyakan produsen part turning dan milling di sektor industri ini merupakan perusahaan kecil, yang membuat part-part bagian dari campuran baja stainless, paduan kobalt dan titanium dalam jumlah kecil,” jelas Mueller.

Mesin standar hemat biaya dengan kemampuan adaptasi yang tinggi

Mesin-mesin ini canggih dalam produksi. Itu bukan hanya terletak pada kepresisian yang memang dibutuhkan, melainkan juga kualitas permukaan. Mesin ini, jelas Muller, memiliki keduanya, kekakuan dan kemampuan adaptasi yang sangat tinggi. Klaim ini terdapat pada seri mesin Muga yang terbaru. Secara umum, tidak ada konstruksi mesin yang khusus. Sebaliknya, mesin ini standar. Dengan begitu, mesin yang dibuat oleh Haas Automation, ini, rasio antara harga dan kinerja mesin terletak pada tempat teratas daftar permintaan pemasok. Untuk mengerjakan part-part metal untuk industri tertentu perlu ada upgrade. ”Kita bisa meng-upgrade  mesin tiga-sumbu menjadi empat atau lima sumbu, bahkan bertahun-tahun setelah pembelian,” ujar Katja Mader, direktur pemasaran Haas Automation Eropa di Brussel.

Koneksi implan klasik untuk keselarasan tulang belakang dikerjakan dari pelat dan batang yang tepat.

Dalam contoh pertama adalah bahan logam yang diproses, yang membuat suatu peralatan spesifik diperlukan. Masing-masing paket, kata Mader, mencakup ”sebuah mesin rigid dengan kumparan kuat dari torsi tinggi dan jangkauan kecepatan yang besar”. Dalam situasi ini, perbedaan dari perlengkapan mesin ditunjukkan dalam rekayasa presisi. Di sana, bahan baku dalam pemrosesan kurang menuntut. ”Sebagai imbalannya ada perbedaan dalam tuntutan kualitas,” kata spesialis pemasaran Haas. Sebagian besar, alasannya terdapat pada jumlah besar proses mekanik untuk modifikasi permukaan, yang mengikuti proses berputar, penggilingan dan pengeboran.
Namun juga, persyaratan dari pemasok satu ke pemasok lainnya berbeda. Dasarnya terletak pada spektrum produk industri perangkat medis, yang pada prinsipnya dapat dibagi dalam implan dan instrumen medis. Dibedakan menurut permukaan bebas bentuk. “Untuk produksi implan dapat digunakan mesin lima sumbu,” ujar Mader. “Dalam pembuatan instrumen kebanyakan digunakan mesin dengan tiga atau empat sumbu.” Ada juga implan dengan kecenderungan diameter alat yang sangat kecil. “Seringkali mereka hanya dalam rentang sepuluh milimeter,” kata pimpinan perusahaan Muga Mueller. “Untuk alasan ini, perlu pertukaran High-Speed-Spindeln (kumparan kecepatan tinggi) secara otomatis” Produsen Muga karena itu mengembangkan sebuah kumparan untuk kecepatan putaran maksimum hingga 150 000 min-1.

Baca juga :   Membuat Protein dan Enzim Menjadi Tinta
Keakuratan dimensi yang tinggi dan kualitas permukaan pada implan membutuhkan desain mesin dengan kekakuan tinggi. Dengan proses olokan redaman dimaksimalkan.

 

Siklus fluktuasi lebih kecil daripada di industri lain

Produsen mesin telah memperluas fasilitas program untuk produksi implan. Dengan demikian, dalam beberapa tahun terakhir pusat produksi, yang memungkinkan mesin lima-sumbu, diperkenalkan di pasar: diantaranya pusat produksi Super Mini Mill 2 dari Haas Automation, dan mesin lima sumbu RMV 250-RT dari Muga.
“Teknologi medis berkembang menjadi pasar yang penting untuk kami,” kata pimpinan perusahaan Muga Müller – tidak hanya dalam hal teknologi mesin, tapi dari penanganan bagian. Penting bagi pandangan ini adalah permintaan pada pasar individu, “Teknologi medis untuk kami sangat penting, karena fluktuasi siklikal dalam industri ini jauh lebih menonjol daripada industri lain, seperti industri otomotif,” pendapat manajer Haas, Mader.

Alasan lainnya adalah mengenai kemajuan teknologi produksi untuk implan. Implan sendi lutut bentuk bebas termasuk ke dalam keadaan teknik, meskipun dalam proses produksi kualitas dan efisiensi yang diharapkan belum tercapai secara optimal. ”Atas dasar persyaratan presisi tinggi dan biaya produksi yang hemat, pemasok mencari alat-alat produksi yang dapat memenuhi kebutuhan ini,” jelas Mueller. Misalnya Rettkowski berpikir tentang JR-Medizintechnik mengenai pusat produksi lima sumbu untuk bagian baja stainless. (MM/gesamt-001-2010 p-S34)

Implan Gigi

Jumlah sumbu meningkat dengan kompleksitas

Tren dalam teknologi gigi adalah produksi mikro-presisi dengan kecepatan tinggi. “Serat saraf” elektronis berakhir dalam kontrol mesin penggilingan kecil. Dilengkapi dengan scanner dan sistem CAD / CAM kontrol mengarahkan sumbu mesin tiga hingga lima  untuk mengidentifikasi implan gigi yang terbuat dari oksida zirkonium atau bentuk cetakan dari lilin. Semakin kompleks bentuk implan, semakin besar jumlah as. Oleh karena itu, produsen mesin Primacon, Peißenberg, merekomendasikan mesin empat-sumbu untuk inlays, onlays, mahkota tunggal dan jembatan multi-unit. Dengan demikian, kekosongan dapat diposisikan pada sumbu rotasi di setiap sudut dan diputar hingga 360 ° tanpa akhir. Jika sumbu keempat benar-benar dikontrol oleh mesin CNC, maka gerakan simultan semua sumbu mungkin terjadi. Namun, berulang kali super konstruksi meminta teknik dental dengan kontur dan potongan yang kompleks dalam arah yang berbeda. Menurut Primacon, dalam struktur tersebut varian dengan mesin lima-sumbu lebih disukai.

Advertisement

Tulis Opini Anda