INOVASI LABORATORIUM

Uji Produk dan Layanan sebelum Pasarkan

0
12

Manajemen Institut Fraunhofer yang menangani bidang Teknik Industri di Jerman mengklaim membangun dan memiliki ServLab Laboratorium yang pertama di dunia dan selesai pada Oktober 2007. Laboratorium itu berfungsi untuk meneliti produk-produk perusahaan sebelum masuk ke pasar. Produk alat kesehatan misalnya diuji dan dikembangkan agar pengguna nyaman memanfaatkannya. Suatu kualitas layanan pun dapat ditingkatkan dengan inovasi yang dilakukan berkat digitalisasi.

Evaluasi penggunaan fasilitas perawatan dan konsul latihan pasien.
Evaluasi penggunaan fasilitas perawatan dan konsul latihan pasien.

Neumann seorang staf hotel Ibis  am Löwentor di Stuttgart, Jerman,  menyapa nona Wagner di lobi hotel. Meja resepsionis tidak dibutuhkan lagi sejak diperkenalkannya sebuah sistem baru yang memungkinkan seseorang memilih antara ‘check-in nyaman’ di sebuah bar/restoran atau ‘check-in kilat’ di terminal perangjat komputer.

Nona Wagner yang sering bepergian untuk menangani keperluan bisnis perusahaan tempatnya bekerja sering terburu-buru karena pekerjaannya demikian padat. Untuk efisiensi waktu, dia memilih menggunakan terminal baru itu, dan staf hotel mengantarnya ke pusat  pelayanan yang terletak di sebuah sudut lobi hotel tersebut.

Advertisement

Dia memulai prosedur check-in dan langsung menemukan suatu masalah. Untuk memecahkan masalah itu Wagner mencari Neumann yang dapat membantunya. Akan tetapi, karyawan hotel itu sedang sibuk di lokasi check-in melayani  penggemar opera di lokasi pertunjukan seperti bar. Sementara itu, Meyer—bos gadis itu mengajukan banyak pertanyaan yang membuat Wagner merasa terganggu. Alih-alih mau masuk ke kamarnya lebih cepat di hotel, dia justru harus menunggu lebih lama—berbeda dengan kebiasaannya sebelumnya diia berada di meja kerjanya. Bagaimana mengatasinya? 

Jaringan hotel Accor bekerja sama dengan ServLab

Ilutsrasi di atas sebaiknya jangan sampai terjadi pada kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi adegan seperti di atas hal itu dapat diuji dan evaluasi di laboratorium. Sejak Institut Fraunhofer memiliki ServLab, perusahaan-perusahan bisa meminta bantuan agar mampu mengembangkan layanan melalui uji coba di ServLab  itu.

Para pakar teknik di sana mendalami faktor-faktor penting seperti performa, disain proses, dan interaksi antarpelanggan-staf perusahaan. Salah satu prinsip dasar yang dikembangkan adalah mengembangkan layanan yang sama sistematisnya dengan produk-produk yang akan dikembangkan dan pasatkan.

Fasilitas dan layanan seperti apa yang cocok dan tepat bagi klien atau pelanggan? Dengan ServLab dapat mengujinya di tempat yang aman. (Foto: Zuckerpabrik Digital)
Fasilitas dan layanan seperti apa yang cocok dan tepat bagi klien atau pelanggan? Dengan ServLab dapat mengujinya di tempat yang aman. (Foto: Zuckerpabrik Digital)

Kita amati misalnya hotel Accor yang memiliki network luas dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang bekerja sama dengan manajemen ServLab. Para ilmuwan mendigitalisasi seluruh elemen hotel Accor dan mentransfernya ke realitas virtual.

Baca juga :   Indonesia Offers Weapons, Planes to Laos

Bagaimana dan seperti apa pun situasi hotel itu—saat digitalisasi dan diuji dalam sebuah paket ‘latihan uji-coba’ di laboratorium IAO, hasil tes virtual langsung membuat sesuatu masalah enjadi jelas yakni ditemukannya suasana lobi hotel itu tanpa meja resepsionis sehingga nona Wagner menghadapi masalah yang menggangu konsentrasinya.

Sebagai  pelanggan hotel Accor, Wagner telah menerima sistem Check-in Nyaman dan Check-in Kilat ketika tiba di hotel pada waktu/hari pertama, namun dia tetap ingin sebuah counter di mana proses check-in bisa berlangsung baik dan hal itu juga dapat dirasakan oleh karyawan  hotel tersebut.

André Witschi ketua dewan manajemen hotel Accor sangat antusias dengan perjalanan tiga dimensinya: “Bersama dengan IAO, kami merintis jalan baru dalam industri hotel. Bisa dikatakan kami ‘memproyeksikan diri kami’ ke masa depan!” imbuhnya dengan nada gembira. Pemanfaatan ServLab memberikan keuntungan besar bagi Accor di bidang pelatihan staf. Sistem pembelajaran  dan pelatihan menjadi lebih efektif, karena para karyawan hotel ikut berlatih pada situasi nyata dan bukan teori.

130527-05c

ServLab dianggap sebagai salah satu perintis yang mendukung aktivitas kelompok spesialis ‘Impulskreis Dienstleistungen‘ (kelompok impuls untuk layanan). Ini adalah salah satu dari 10  ‘kelompok impuls’ yang didirikan pada tahun 2005 sebagai bagian dari inisiatif ‘Partners for Innovation‘ (Mitra untuk Inovasi). Saat ini, kegiatan-kegiatan tersebut dilanjutkan oleh sebuah dewan di Jerman untuk masa depan dan inovasi. Organisasi perusahaan seperti IAO, Audi, Metro, IBM dan ver.di. bekerja sama dalam kelompok impuls layanan tersebut.

Pada acara pembukaan perdana ServLab, Prof. Dr. -Ing. Dieter Spath, direktur IAO, mengungkapkan kegembiraannya atas minat besar yang ditunjukkan oleh berbagai sektor industri pada ServLab.

“Kami menjejakkan kaki di arena baru dalam manajemen pelayanan. Sebagai sebuah platform yang lengkap untuk disain dan pengembangan layanan modern dan laboratorium. Kami menyediakan berbagai macam metode dan teknik.” (Diolah dari naskah Tanja Schmutzer, www.fraunhofer.de/magazine)

Advertisement

Tulis Opini Anda