ALAT BERAT (1)

Trakindo Luncurkan Articulated Truck CAT® 745C dan Wheel Loader CAT® 950GC

0
110
(Tengah) Ivanlie Aliffin Construction Industry Division Head PT Trakindo Utama dan Aryamir Husein Sulasmoro Mining Market Development Manager PT Trakindo Utama meluncurkan articulated truck CAT® 745C di Jakarta International Expo Kemayoran pada hari Rabu, 9 September 2015. (Foto: Rayendra L. Toruan)

CAT® 745C mengusung engine C18 dengan teknologi ACERT berkinerja tinggi. CAT® 745C memiliki daya mesin 4 persen lebih besar, peningkatan power-to-weight ratio hingga lebih dari 6 persen.

(Tengah) Ivanlie Aliffin Construction Industry Division Head  PT Trakindo Utama dan Aryamir Husein Sulasmoro  Mining Market Development Manager  PT Trakindo Utama meluncurkan articulated truck CAT® 745C di Jakarta International Expo Kemayoran pada hari Rabu, 9 September  2015. (Foto: Rayendra L. Toruan)
(Tengah) Ivanlie Aliffin Construction Industry Division Head PT Trakindo Utama dan Aryamir Husein Sulasmoro Mining Market Development Manager PT Trakindo Utama meluncurkan articulated truck CAT® 745C di Jakarta International Expo Kemayoran pada hari Rabu, 9 September 2015. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Industri tambang lagi lesu di Indonesia, seperti batubara yang harganya merosot. Pembeli terbesar batubara Indonesia adalah Tiongkok dan India. Namun, kedua negara itu mengurangi impor batubara karena penurunan ekonomi di dalam kedua negara itu , dan ditemukannya cadangan batubara daratan Tiongkok.

Kelesuan sektor tambang di Indonesia tentu saja berpengaruh terhadap penggunaaan alat berat. Sektor perkebunan pun mengalami penurunan yang signifikan. Apakah bisnis alat berat loyo?

Advertisement

Ternyata tidak, hal itu dibuktikan oleh PT Trakindo Utama yang lebih popular di dengan nama Trakindo—penyedian solusi alat berat Caterpillar—justru meluncurkan produk baru  yang dinamai   articulated truck CAT® 745C dan wheel loader CAT® 950GC. Menurut Ivanlie Aliffin Construction Industry Division Head  PT Trakindo Utama, peluncuran produk baru itu merupakan wujud komitmen dukungan yang berkelanjutan Trakindo terhadap kemajuan industri di Indonesia—khususnya  industri pertambangan, industri konstruksi dan industri infrastruktur yang sedang giat-giatnya dibangun oleh pemerintahan Joko Widodo.

Pada pameran  Mining & Construction Indonesia yang  9-12 September 2015 di Jakarta International Expo Kemayoran, Trakindo menghadirkan dua alat yang termasuk generasi terbaru articulated truck dan wheel loader –didesain untuk menghadirkan keandalan dan ketahanan yang telah teruji, meningkatkan produktivitas serta kenyamanan, keamanan, dan kemudahan dalam pengoperasian.

Alat berat articulated truck CAT® 745C dan wheel loader CAT® 950GC termasuk andal  dan tahan yang telah melalui proses uji coba di lapangan, dan meningkatkan produktivitas serta kenyamanan, dan  keamanan, demikian Ivanlie setelah menggunting pita tanda peluncuran kedua alat yang mudah dioperasikan itu.

Articulated Truck CAT® 745C

CAT® 745C adalah generasi terbaru articulated dump truck Caterpillar seri C yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pelanggan dan operator, khususnya dari industri pertambangan, untuk meningkatkan produktivitas juga efisiensi melalui berbagai fitur yang ditanamkan.

Trakindo tetap optimistis terhadap industri pertambangan dan selalu berada di sisi pelaku industri untuk memenuhi kebutuhan alat berat di area pertambangan. Generasi terbaru articulated truck CAT® 745C yang didesain dengan struktur kokoh dan mampu bertahan lama walaupun beroperasi di kondisi lingkungan berat. Penggunaan articulated truck CAT® 745C dapat membantu industri pertambangan menghemat biaya operasional dan waktu.

CAT® 745C mengusung engine C18 dengan teknologi ACERT berkinerja tinggi. Dibandingkan pendahulunya, CAT® 745C memiliki daya mesin 4 persen lebih besar, peningkatan power-to-weight ratio hingga lebih dari 6 persen. Peningkatan kapasitas angkut hingga 4 persen lebih banyak dan efisiensi bahan bakar (ton/liter) 5 persen lebih tinggi yang dapat menghadirkan produktivitas 10 persen lebih tinggi.

Baca juga :   Jangan Sampai Asing Kuasai Kita

Dilengkapi kontrol traksi otomatis untuk menghadapi berbagai medan dan kondisi tanah, sistem ini mempertahankan traksi optimal untuk produksi yang stabil, menghemat bahan bakar dengan menerapkan penguncian secara proporsional berdasarkan kondisi pengoperasian, dan tidak mengganggu pengendalian saat bermanuver di tempat yang sempit. Pada CAT® 745C, perpindahan gigi lebih halus serta lebih cepat untuk meningkatkan akselerasi dan kehadiran kontrol retarder otomatis penuh mampu mengelola perlambatan alat berat tanpa intervensi dari operator. Waktu siklus CAT® 745C  juga lebih cepat untuk menghasilkan peningkatan produksi yang signifikan.

Dari sisi keamanan, CAT® 745C mengaplikasikan sistem waiting break yang berfungsi untuk menjaga keamanan sekaligus kenyamanan operator saat unit dalam posisi menunggu pemuatan. Selain itu, articulated truck berkapasitas angkut 45 ton ini memiliki fitur pelindung dan keselamatan seperti Struktur Pelindung Bahaya Terguling dan Struktur Pelindung Benda Jatuh, fungsi rem sekunder dan rem parkir yang menghasilkan efisiensi pengereman lebih optimal; serta tempat berjalan dengan permukaan anti gelincir. Lebih jauh, dengan kabin yang luas, CAT® 745C menawarkan tingkat kenyamanan pengendaraan yang tinggi bagi operator di semua kondisi pengendaraan.

Struktur CAT® 745C pun sangat tangguh dan mampu menghadapi medan pengoperasian yang berat. Dari sisi perawatan, umur komponen yang lebih panjang dapat menurunkan biaya perawatan dan perbaikan. Generasi terbaru articulated dump truck Caterpillar seri C tersebut juga menyediakan akses perawatan yang mudah ke berbagai titik servis.

Simak artikel selanjutnya dengan topik ALAT BERAT (2)
Mulut Bucket  Lebih Lebar dan Muatan tidak Tumpah

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda