Tooling mikro dari Mikron

0
6

Kebutuhan machining mikro akan cutting tool yang memiliki kemampuan teknis pemotongan pinggiran yang handal berkembang pesat. Sektor industri yang terlibat dalam bidang medis, gigi, komunikasi berkecepatan tinggi, penerbangan, kontrol mikro, banyak komponen-komponen presisi yang perlu dimachining. Industri ini merupakan sektor yang tidak terpengaruh oleh krisis, malah sebaliknya, mengalami pertumbuhan yang konstan. Di situ ada kebutuhan akan tooling machining mikro terutama di sektor medis dan gigi. Hal ini dikarenakan adanya metode-metode baru dalam penanganan medis dan gigi yang terus menerus memerlukan komponen-komponen miniatur baru.

Tanpa cutting tool yang tepat rasanya mustahil memasuki dunia machining mikro ini, karena standar mutu benda kerjanya sangat tinggi. Tidak cukup hanya sekadar menurunkan teknik-teknik yang biasa pada benda kerja yang lebih besar. Mikron Tool SA Agno adalah spesialisasi di bidang tooling solid hightech dan coolonat melalui karbit dari 6 mm hingga 0,1 mm. Cutting tool harus memenuhi persyaratan yang sangat tinggi secara teknologis maupun aspek kualitas. Kualitas tanpa cela tidaklah gratis. Jika hanya melihat harga, maka ada kemungkinan besar tingkat pengembalian akan jelek, kerugian produksi dan biaya lanjutannya yang tidak sebanding.

Sekali tool mikro yang tepat dipilih, ada banyak parameter yang harus dihadapi. Yang terpenting adalah mengetahui secara persis karakteristik bahan baku yang akan dimachining dan kualitas kekerasannya, atau kemampuannya dimachning. Untuk machining mikro adalah penting untuk memperhatikan proses produksi secara keseluruhan, mempertimbangkan cutting tool, tool holder, spindel dan peralatan penjepit benda kerja.

Baca juga :   Pemandu linear hidrostatis dari INA Linear Technology
Advertisement

Secara umum spindel beroperasi pada rpm yang sangat tinggi dibandingkan dengan proses machining CNC reguler. Jika coolant digunakan dengan cool-ant yang melalui tooling, maka kekentalan, filtrasi, kebersihan yang ditumpahkan dan tekanan semua akan menjadi faktor tambahan dengan tooling yang kecil. Tingkat kritis akan meningkat lebih besar. Antara spindel dan tool, kapasitas tool holding juga sangat penting. Di sini direkomendasikan agar bor yang dijalankan – tergantung pada diameter – hingga kamsimum 0,005 mm t.i.r. Hal ini akan memastikan umur pakai tool, toleransi dan bentuk bor yang lebih baik. Keakuratan tool holding mungkin saja dilakukan dengan collet yang sangat presisi atau dengan holder hidrolik.

Pekerjaan pengeboran sering ditemui dalam machining mikro. Dengan begitu cutting tool harus dipilih secara hati-hati. Memilih bor yang  ’bekerja’ lebih cepat mungkin tidak satu-satunya dan hanya kriteria untuk pemilihan tool. Rpm yang lebih tinggi dengan bor pada level ini, jika tidak saling mengisi dengan baik, akan mengahancurkan bor. Telah terbukti bahwa bor dapat bekerja pada kecepatan yang direkomendasikan, tetapi dengan laju pengisian yang lebih baik, memungkinkan penghematan waktu produksi,  dan menjadi semakin efisien.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda