Tool-tool PCD-PCBN dari Diprotex

0
12

Masyarakat industri modern sekarang ini terus mendorong pengembangan dan penggunaan material-material baru dan canggih, dan pengerjaan berpresisi tinggi ke tingkatan yang tertinggi. Bersamaan dengan penyempurnaan pada proses produksi dan kesulitan yang timbul dari pengerjaan material-material baru dan canggih, ada suatu peningkatan kebutuhan akan bentuk-bentuk cutting tool baru yang melampaui cutting tool konvensional seperti yang terbuat dari baja, tungsten carbide, cermet dan keramik.

PCD (Polycrystalline Diamond), adalah produk intan sintetis yang dihasilkan melalui sintering bersama partikel-partikel diamond tertentu dengan suatu matriks logam yang menggunakan teknologi tekanan tinggi dan suhu tinggi yang sangat canggih. PCD dengan sifat alaminya, memiliki keseragaman yang tinggi dalam kekerasan, dan juga lebih abrasif dan tahan kejut pada semua arah bila dibandingkan dengan intan alami karena acaknya arah struktur partikel-partikel intannya.

Advertisement

PCBN (Polycrystalline Cubic Boron Nitride) adalah material sintesa buatan, kekerasannya hanya dikalahkan oleh intan. Akan tetapi, tidak seperti intan, PCBN stabil dibawah keadaan suhu tinggi (hingga 1000°C), secara normal tampak ketika pengerjaan material-material campuran yang super. Tool-tool PCBN memungkinkan pemotongan logam pada tingkat kecepatan yang lebih tinggi daripada cutting tool konvensional.

Diprotex, sebuah perusahaan Perancis terkemuka di bidang cutting tool, memproduksi cutting tool dari PCD dan PCBN. Cutting tool PCD dan PCBN  buatan perusahaan ini sangat digemari di seluruh dunia, mulai dari industri pesawat terbang, otomotif, industri besi dan baja, industri jam presisi, dan industri elektrik dan elektronik. Selain itu, perusahaan ini juga terus menerus melakukan penyempurnakan terhadap kinerja toolnya guna memuaskan para pelanggannya.

Baca juga :   Tool profil CoroTurn TR dari Sandvik

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda