Teleskop Penghasil Gambar Tajam Luar Angkasa

0
7
Teleskop Luar Angkasa

Untuk mendapatkan gambar pemandangan bintang-bintang secara jelas melalui teropong terbesar di Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat, perakitan cermin internal pada perangkat teleskop harus mempertahankan keadaannya di tengah-tengah cuaca yang berubah-ubah dan gerakan-gerakan yang sangat cepat. Kemampuan ini dicapai melalui penggunaan cermin-cermin yang terbuat dari suatu kombinasi material yang baru.

Teleskop Luar Angkasa
Gambar pada bagian tengah sistem menunjukkan dimensi-dimensi dari teropong tersebut. (Sumber foto/@: Largw Binocular Telescope)

Dua buah cermin dengan diameter berukuran delapan meter menggabungkan kepekaan dari sebuah teropong sepanjang 12 meter pada sisi yang satu dan sebuah teropong sepanjang 23 meter pada sisi yang lainnya. Cermin tolakan rakitan yang terdiri dari dua buah cermin, di mana masing-masing cermin berdiameter sekitar 20 sentimeter, juga berkontribusi bagi performa teropong tersebut dengan menggabungkan dua sorotan optik di dalam teropong dan menyamakan perubahan-perubahan bentuk pada sorotan sinarnya.

Cermin tolakan kemudian perlu dibentuk sekecil mungkin sehingga bisa dipindahkan dengan mudah dan cepat, serta harus dipertahankan kondisinya meskipun terjadi perubahan-perubahan suhu dan akibat-akibat dari akselerasinya.

Advertisement

Kerja sama Fraunhofer Institute for Applied Optics dan Precision Engineering IOF di Jena, para peneliti pada Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg memperkenalkan suatu campuran silicon-aluminium untuk menjadi dasar bagi cermin yang digunakan. Material baru tersebut telah dipersiapkan untuk menghadapi temperatur-temperatur tertentu, dilapisi dengan suatu kimia nikel dan diproses dengan panas yang tinggi. Cermin tolakan tersebut adalah aplikasi pertama yang menggunakan kombinasi semacam ini. (Fraunhofer)

Baca juga :   Remot Kontrol Penyelamat
Advertisement

Tulis Opini Anda