Teknologi Penghemat Energi dan Penyedia Air

0
2

130723-07a

Wajah area di dekat stasiun kereta api kecil Royal Victoria, London, Inggris tampak lebih indah. Pada abad ke-19, wilayah London Timur ini merupakan salah satu pusat perdagangan yang selalu ramai karena dekat  lokasi industri perkapalan. Barang-barang perdagangan seperti kayu, karet, wol, dan gula dibongkar muat di pelabuhan di wilayah itu. Akan tetapi, setelah dermaga tutup, area tersebut mengalami suatu periode penurunan yang panjang.

Belakangan ini daerah yan tadinya pembuangan limbah industri mengalami suatu pemulihan. Salah satu pusat finansial paling penting di dunia didirikan di seberang bantaran Sungai Thames dekat Canary Wharf. Tidak jauh dari lokasi itu merupakan pusat hiburan OH2 yang lebih terkenal dengan nama Millenium Dome. Pada saat Olimpiade 2012 di London, dibangun sejumlah gedung yang baru sehingga wajah wilayah itu semakin apik.

Advertisement

Wilayah itu semakin ramai dan cantik dengan dibangunnya stasiun Royal Victoria yang mewakili perbaikan kota dan perekonomi area tersebut. Di lokasi itu tersedia arena konferensi, pameran, dan gedung perkantoran di tepi sungai—semuanya dibangun oleh grup  Siemens pada tahun 2012. Area kantor diharapkan  menggunakan hanya sepertiga dari energi yang biasa digunakan oleh sebuah gedung konvensional.

Efisiensi energi pada tingkat yang sangat tinggi itu diperoleh dari teknologi cerdas dan pengefisiensian arsitektur. Pompa panas yang berada di tanah berfunsi untuk mendinginkan dan menghangatkan gedung selama bertahun-tahun. Teknologi cerdas untuk manajemen gedung dan peralatan efisiensi energi seperti lampu-lampu LED akan mengerjakan bagiannya untuk menghemat listrik dalam jumlah besar. Bagian depan gedung memantulkan cahaya alami yang tinggi ketika sesuai suhu sudah efisien untuk menjaga temperatur (tetap hangat) di dalam selama  musim dingin, dan di luar pada sepanjang musim panas. Panel-panel foto listrik menutupi atap gedung untuk membantu daya energy gedung. Sedangkan pengumpulan air hujan menyediakan air yang bisa dialirkan ke kamar-kamar mandi dan pengairan tanaman di wilayah itu.

Baca juga :   Menata Surat Fisik dengan Digital

Dengan demikian pusat tersebut tidak hanya akan menginformasikan kepada para pengunjung tentang jumlah perkembangan kota, tetapi juga akan menjadi sebuah peragaan hidup tentang hal yang sama. Bisa dikatakan bahwa pusat yang baru itu menjadi bagian dari Distrik Perdagangan Ramah Lingkungan yang baru milik kota London—sebuah area yang dirancang untuk menarik para pebisnis. Gedung-gedung dirancang secara khusus berkarbon rendah. Perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk-produk dan jasa-jasa yang menghasilkan emisi CO2 rendah dan membantu pengurangan  emisi.

Walikota London, Boris Johnson, menjelaskan, “Kami mempertimbangkan distrik ini sebagai tempat bersih tingkat internasional bagi banyak perusahaan berkarbon rendah untuk merubah apa yang secara historis menjadi bagian yang paling lemah dari kota ini.” Area tersebut tentu saja mewakili sebuah perubahan penting di dalam sejarah. Suatu lingkungan yang telah mengalami naik-turunnya revolusi industri yang dipengaruhi penggunaan batubara, yang sekarang memengaruhi ruang-ruang kota di masa depan. Area tersebut akan menawarkan sebuah lokasi  bagi perusahaan-perusahaan yang menghasilkan uang dengan pelestarian energi daripada menghamburkannya. (Andreas Kleinschmidt; Siemens)

Advertisement

Tulis Opini Anda