Teknologi Pencegah Formasi dan Adhesi Es

0
3
Area tes dengan profil sayap di dalamnya. © Fraunhofer IFAM

Pesawat terbang, kapal, kereta, mobil, unit pendingin, dan turbin angin memiliki permukaan yang sangat mudah membentuk es. Bagaimana mengatasinya?

Area tes dengan profil sayap di dalamnya. © Fraunhofer IFAM
Area tes dengan profil sayap di dalamnya. © Fraunhofer IFAM

Contohnya seperti pelapis es yang sering terpapar risiko keamanan dan membutuhkan biaya tambahan seiring dengan penambahan konsumsi energi atau karena penyusutan.

Hal ini membuat para ahli secara intensif untuk menemukan solusi teknologi yang lebih baik untuk mencegah formasi dan adhesi es pada permukaan. Spesialis teknologi cat di Fraunhofer Institute for Manufacturing Technology and Advanced Materials IFAM di Bremen, sebagai contoh, meneliti lapisan anti es yang dapat dipanaskan dan menangkis air.

Advertisement

Para peneliti menguji bahan tersebut dan perkembangan lain dalam konstruksi baru laboratorium es di institut. Bersama dengan terowongan angin pembentuk es terintegrasi, laboratorium tersebut membuat teknologi anti pembentukan es dapat diaplikasikan pada kondisi pembentukan es realistis yang ditemui di sayap pesawat terbang atau baling-baling turbin angin, dalam temperatur hingga minus 30 derajat Celsius dan kecepatan amgim hingga 350 kilometer per jam. (Sumber: Fraunhofer 2/15)

Baca juga :   Mengurangi Impor Bahan Mentah Logam
Advertisement

Tulis Opini Anda