OMRON (2)

Teknologi Otomatisasi Padukan Mesin

0
19
Otomatisasi industri berdasarkan teknologi sensing and control. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Sektor seperti otomotif, makanan dan minuman, dan produk konsumen lainnya sedang melakukan investasi lebih besar untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Otomatisasi industri berdasarkan teknologi sensing and control. (Foto: Rayendra L. Toruan)
Otomatisasi industri berdasarkan teknologi sensing and control. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Kemajuan yang dicapai otomatisasi industri menjadikan berbagai mesin dan proses yang sepenuhnya dterigitalisasi dan terhubung satu sama lain melalui serangkaian sensor dan perangkat lunak canggih. Otomatisasi industri memberi kecerdasan dan kemampuan menganalisis ke mesin-mesin dan proses-proses tersebut, sehingga mesin-mesin itu dapat beroperasi sendiri secara otomatis, dan yang lebih penting, berinteraksi secara dinamis antara satu mesin dan mesin-mesin lainnya.

Dengan kecerdasan tersebut, mesin-mesin dapat bekerja sama menyelesaikan beragam pekerjaan yang kompleks, secara akurat mengantisipasi kapan perawatan mesin harus dilakukan, bahkan dapat bereaksi dengan tepat terhadap gangguan yang tidak terduga dalam proses produksi.

Advertisement

Aliran data yang terus menerus diperbaharui juga memberikan informasi penting tentang kondisi dan kinerja pabrik pintar tersebut. Data tersebut nantinya dapat dianalisis demi peningkatan efisiensi operasional tahap selanjutnya. Dimensi lain dari otomatisasi industri adalah kemampuan untuk merespon permintaan pasar dengan lebih cepat, lebih akurat, dan dengan biaya yang lebih efisien.

Demi mendukung otomatisasi industri di Indonesia, Omron membangun fasilitas Automation Center (ATC) di Indonesia untuk menunjukkan serangkaian teknologi otomatisasi tercanggih di dunia. Di ATC tersebut, para pakar otomatisasi dari Omron bersama-sama dengan perwakilan industri manufaktur, menguji dan melakukan verifikasi ide-ide produk dan mesin baru yang sesuai dengan kebutuhan industri manufaktur tersebut. Dengan kata lain, ATC bersinergi dengan industri manufaktur untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi industri.

Otomatisasi PT Astra Otoparts Winteq Devision

Omron mendukung banyak manufaktur di Indonesia menerapkan teknologi otomatisasi industri di pabrik-pabrik yang mereka operasikan. Sementara itu, Project Management Department Head, PT Astra Otoparts Winteq Division, Ayyasy Azzurqi mengatakan,  bahwa peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya produksi adalah tujuan dari sebuah otomasi yang dideliver kepada pelanggan Omron. Partnership Astra dengan Omron menghasilkan produk otomasi yang akurat, andal, user friendly, dan fit to purpose yang mendukung tujuan otomasi tersebut.

Baca juga :   Memutahirkan dan Mengefisienkan Mesin

Sedangkan Head of Program Automotive & Robotics Engineering, BINUS ASO School of Engineering, Sofyan Tan berpendapat, bahwa saat ini dan ke depannya, otomatisasi dalam kehidupan manusia sehari-hari sudah menjadi kebutuhan utama untuk membantu manusia memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih nyaman. Sedangkan dalam dunia industri, pemanfaatan otomatisasi dalam organisasi menciptakan peluang yang lebih menjanjikan untuk bersaing secara global.

Omron yakin bahwa otomatisasi industri akan menciptakan momentum perkembangan pabrik pintar di Indonesia. Industri manufaktur—pada sektor i otomotif, makanan dan minuman, dan produk konsumen lainnya—sedang melakukan investasi lebih besar untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan yang semakin tinggi akibat daya beli konsumen yang semakin besar pula.

Tak ada pilihan lain, investasi yang dilakukan pabrik-pabrik tersebut harus memadukan teknologi otomatisasi industri untuk mencapai proses manufaktur yang dapat diandalkan, produktif, sekaligus juga aman.

Omron Corporation adalah perusahaan yang menggeluti bisnis  bidang otomatisasi industri berdasarkan teknologi sensing and control. Bisnis Omron meliputi bidang otomatisasi industri, komponen elektronik—termasuk komponen elektronik untuk otomotif—sistem infrastruktur sosial, alat-alat kesehatan, dan solusi lingkungan.

Simak artikel selanjutnya dengan topik OMRON (1)
Cerdaskanlah Pabrik agar Efisien

Advertisement

Tulis Opini Anda