Teknologi dan Mesin Canggih Jamin Kualitas Air dan Udara

0
20

Review Pameran Penyejuk Industri dan Teknologi Air

Kita berkewajiban memelihara jumlah dan kualitas air dan udara. Apabila kita lalai mengelola air dan udara, musibah akan terjadi seperti banjir yang sering terjadi di Indonesia, India, Bangladesh, Pakistan, dan belum lama ini melanda Thailand sejak Juli 2011.

Menurut Bangkok Post (26/11/2011), pertumbuhan ekonomi Thailand merosot ke posisi 2,4% per tahun yang disebabkan banjir. Bank Dunia (WB) melaporkan, ongkos kerugian akibat banjir di Thailand mencapai US$45 miliar. Direktur Wilayah WB Annette Dixon saat bertemu dengan Ketua Komite Strategis untuk Rekonstruksi dan Pembangunan Masa Depan Thailand Virabongsa Ramangura di Bangkok, sektor properti merugi sekitar US$21,11 miliar, dan kehilangan kesempatan meraup US$22 miliar. Sedangkan korban tewas mencapai 600 orang, dan 10 juta warga menderita karena banjir.

Perusahaan Honda UK terpaksa mengurangi volume produksinya dan 10.000 perusahaan berhenti beroperasi. Kondisi alam tidak memungkinkan untuk menjalankan suatu proses manufacturing. Menurut BBC  News, Honda mengurangi produksi 50% di Amerika Serikat dan Kanada. Pasokan spare parts dari Thailand merosot. Indonesia pun harus mengantisipasi dampak banjir di Thailand yang akan memengaruhi stok  pangan seperti beras. Thailand merupakan salah satu lumbung beras di kawasan Asia Tenggara.

Advertisement

Banjir juga memacetkan segala aspek hidup warga kota dan pedesaan di Indonesia. Kita seolah tidak berdaya menghalau banjir ketika musim hujan tiba. Ironisnya, persediaan air yang berkualitas menjadi masalah serius beberapa  tahun belakangan ini. Persediaan air yang berkualitas untuk keperluan hidup manusia dan sektor industri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita sehari-hari. Persediaan air minum semakin berkurang.

Berkembangnya sektor industri dan pesatnya penggunaan kendaraan bermotor, berdampak negatif terhadap kualitas air dan udara. Limbah industri dan limbah keluarga semakin menumpuk yang mencemari lingkungan kita. Jika keadaan itu tidak segera kita atasi, air dan udara yang bersih dan berkualitas  akan menjadi bahan yang langka. Kalau kehabisan pangan, misalnya,  kita dapat mengimpor beras dari Vietnam dan negara-negara lain. Apakah Indonesia akan mengimpor air dan udara suatu hari? Jika hal itu sampai terjadi, sungguh ironis masa depan bangsa ini. Indonesia memiliki sumber air dan udara yang tidak akan habis asalkan kita kelola dengan baik. Untuk mengelola sumber dan persediaan air/udara yang sehat tentunya kita memerlukan teknologi, alat produksi yakni mesin, ilmu pengetahuan, cara mengelola, dan sumber daya manusia.

Kita mudah mendapatkan teknologi dan mesin/alat produksi dan ilmu pengetahuan—berkaitan dengan pengelolaan air dan udara—dari berbagai pihak dan sumber seperti pameran yang diselenggarakan oleh IIR Exhibitions Pte Ltd di Jakarta Internartional Expo Kemayoran pada 17-19 November 2011. Perusahaan pameran yang bermarkas di Singapura itu mengusung 3 tema: Exhibition on Heating & Ventilation, Air-conditioning, Air filtration, Purification and Refrigeration; Exhibition on Fluid, Air & Gas Handling Systems, dan Exhibition on Water, Wastewater & Waste Management Systems & Technology.   Pameran itu dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Pertumbuhan Industri di Indonesia sangat Pesat

MsRossalind
Ms. Rossalind Ng. Managing Director IIR Exhibition Pte Ltd di depan paviliun Taiwan

Managing Director IIR Exhibition Pte Ltd Ms Rossalind Ng menjelaskan bahwa pameran itu merupakan kedua kalinya dilaksanakan di Jakarta dan yang pertama tahun 2009. Perkembangan sektor industri demikian pesat di Indonesia, ujar Rossalind, yang tentu saja berdampak terhadap persediaan dan kualitas air dan udara. Lewat pameran itu, para pebisnis dan ahli—bidang pengelolaan air, air limbah, teknologi pembangunan hijau, penanganan fluida, udara,  dan gas limbah—bertukar pandangan melalui konferensi selama pameran.

Marketing Manager Rabita Jamal menjelaskan, sekitar 5000 para pelaku industri mengunjungi pameran itu. Berbagai produk dan teknologi digelar seperti adaptors, coupling & pipelines, air & gas compressors, air cylinders, airflow technology, valve, blowers, cooling tower, frozen food processing, refrigeration system for transportation, water & sewage, irrigation, dan sebagainya. Sedangkan bidang yang disasar pameran itu meliputi pemerhati dan pengelola lingkungan, manufagtur, irigasi dan pertanian, automasi, pertambangan, tambang bahan bakar, farmasi, industri makanan dan minuman, galangan kapal, perdagangan, pengelola sumber air, dan sebagainya. Ke-150 peserta berasal dari Australia, Belgia, China, Jerman, Hong Kong, Indonesia, India, Italia, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Baca juga :   Dari Gorengan Hingga Mesin Canggih

Khamid Noor dan Jaelani keduanya (PT Multi Mekanika Serasi) menawarkan produk HotWater buatan Sweep Heat Exchanger Inc. (Taiwan). Perusahaan ini juga diwakili oleh Edi Kusumah (CV Kreasi Air Pratama), dan Asti D (PT Air Duct Panelindo). Produk MasterFlex yang mudah diinstal di bandara, rumah sakit, gedung-geding tinggi, restoran, perkantoran, pusat perbelanjaan,bank, pabrik, hotel dan sebagainya.

Sementara PT Asia Enviro yang mewakili Rochem Separation System (India) PVT.LTD menawarkan teknologi yang mampu mengubah limbah menjadi energi. “Terdapat energi yang jumlahnya sangat besar di dalam limbah organik dan biomassa yang dihasilkan oleh lingkungan kita,”demikian Dwi Harto D Salesn Manager Asia Enviro.

PT Acez Instrument Indonesia mewakili Acez Instruments  Pte Ltd (Singapura) yang menawarkan produk pengukur kualitas udara. Acez memiliki 30 brands seperti LG, KIMO, Supco, SENTRY, STATUS, PRECASTER, ISOTECH, ISUZU, COMARK, ACEZ, AceCare, ISOLAB, Kestrek, Leica, dan sebagainya. Bidang pertanian menggunakan produk kami, demikian Oktaviana sales assistant Acez. Grup MITSUBISHI menawarkan produk penyejuk udara bagi sektor industri berat. Menurut K. Abraham H. Goutama bagian penualan, MITSUBISHI konsisten dan komit dengan produk berkualitas tinggi agar pengguna merasa puas.

Managing Director Multi-Wing S.E.A. Pte Ltd (Singapura) menawarkan kipas-kipas raksasa  buatan Denmark dengan system CAD yang berfungsi untuk berbagai jenis industri. Bagi perusahaan yang konsisten menerapkan business green, sebaiknya menggunakan teknologi dan alat yang ditawarkan oleh Forevertrust International (S) Pte Ltd (Singapura). Erika Meng Sales-Channel Development mengatakan, pihaknya menawarkan produk yang dapat menyejukkan hotel, perkantoran dan sebagainya.

Beberapa perusahaan yang produknya demikian menarik bagi para pebisnis, antara lain,  Quantum Automation (Asia) Pte Ltd (Singapura) yang menawarkan breathing technology, Altech Equipment (Singapura) menawarkan alat pendingin air, Oventrop GmbH (Jerman) yang diwakili oleh Chong Kok Leong (Singapura) menawarkan valve, control dan system bagi bangunan industri. Sedangkan Infiltraco Instruments seperti dijelaskan Hendra Sudiro pihaknya konsisten membuat para pelanggan yang menggunakan instrumen tetap puas.

Zhedong High and Middle Pessure Valve Co., Ltd dan Zhedong  Valve Grou[ Shanghai) Co., Ltd. Menawarkan solusi rancang valve secara lengkap, demikian Kahty Ling bagian penjualan. Produk merek PANS telah diekspor ke Eropa, Afrika, Australi, Amerika Serikat, Kanada, dan  Asia. O.E. Manufacturing Pte Ltd (Singapura) dikenal sebagai pemasok produk untuk industri, otomotif dan transportasi, pertanian dan kelautan. Techco (Private) Limited (Singapura) menawarkan produk elektrik merek JANOME, SONY, delvo, Tigon, Luxo, Cyberm Carton, Hunter, Master, MUNTZ, STATICO dan lain-lain. Demikian pulan De Feeng Harware & Engineering (Singapura) menjual mesin digital welding teknologi buatan Kanada. Merek AMIRKA adalah buatan KWH Mirka Ltd (Finlandia) yang terdapat pada produk mesin, alat vakum, dan sebagainya.

PT Bitzer Compressor Indonesia menawarkan beragam kompresor kepada para pelaku industri, demikian EliLisnawati dan Oemar Suatrat. Workshop produk merek Bitzer berlokasi di 15 negara, dan China merupakan Green Point. Bangunan dan industri yang membutuhkan instalasi penghubung  dapat disuplai oleh Grinnell (Australia) melalui perwakilannya di India, Shanghai, Hong Kong, dan Singapura. Sedangkan industri yang membutuhkan mesin penyejuk  ruangan silakan menghubungi Hitachi Appliances, Inc. Altech Equipment (Singapura) menawarkan produk merek ALTECH dan bizSAFE. VULKAN Technologies PVT Ltd (India) menggelar produk VULKAN dan LOKring yang diproduksi di Jerman.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda