PENGGUNAAN ENERGI (2)

Tawarkan Solusi Elegan untuk Bangunan Tua

0
4
Bangunan tua dapat direnovasi dalam cara yang hemat energi. (Sumber foto/©:MEV, Fraunhofer)

Sistem ventilasi yang dilengkapi dengan penukar panas akan terus-menerus menyediakan udara segar bagi apartemen.Sedangkan listrik yang dihasilkan oleh pabrik fotovoltaik dipasang di atap.

Bangunan tua dapat direnovasi dalam cara yang hemat energi. (Sumber foto/©:MEV, Fraunhofer)
Bangunan tua dapat direnovasi dalam cara yang hemat energi. (Sumber foto/©:MEV, Fraunhofer)

Menaikkan angka-angka untuk Jerman membuat jelas bahwa ada sejumlah besar potensi penghematan yang akan dibuat. “Dari sekitar 2500 terawatt jam energi akhir yang dibutuhkan secara nasional setiap tahun, sekitar 786 digunakan untuk pemanas ruangan, air panas, dan pencahayaan. Bekerja atas dasar potensi penghematan rata-rata 65 persen berarti memungkinkan untuk menyimpan hingga 639 terawatt jam energi primer per tahun di seluruh sektor bangunan,”jelas Hauser. Sebagai perbandingan, semua pembangkit listrik tenaga nuklir di Jerman dipasok dengan total gabungansebesar 140,6 terawatt jam pada tahun 2010.

Industri konstruksi menghadapi tantangan keuangan, teknis dan tenaga kerja yang besar. Salah satu tujuan pemerintah federal Jerman adalah menjadikan bangunan nasional menjadi CO2-netral pada tahun 2050. Analisis terdiferensiasi dan perencanaan terpadu merupakan faktor penentu yang akan memungkinkan konversi ini.

Advertisement

Demikian jugakerja sama baru yang mencakup seluruh sektor perdagangan juga akan diperlukan untuk mencapai target-target yang ambisius. Para ilmuwan membantu dengan mengembangkan alat perencanaan yang mensimulasikan seluruh siklus hidup bangunan dan membantu konstruktor dalam pengambilan keputusan mereka. Haruskah rumah ditarik ke bawah, atau yang baru dibangun? Bagaimana dengan keseimbangan ekologi? Bagaimana dengan sumber daya dan efisiensi energi?

Hampir 30 juta meter kubik bahan isolasi dipasang di Jerman setiap tahun, dan kecenderungan ini meningkat. Bahan yang terbuat dari sumber daya yang berkelanjutan saat ini sebesar 4-5 persen dari pasar. Para peneliti sedang bekerja untuk mengganti bahan isolasi sintetis dengan yang alami.

Sebagai contoh, para ilmuwan dari Fraunhofer Institute for Silicate Research ICT di Pfinztal dekat Karlsruhe telah berkolaborasi dengan mitra lain untuk membuat bahan isolasi multifungsi yang terbuat dari rami. Bahan alami yang ringan, insulator yang baik, dan memenuhi persyaratan keselamatan kebakaran berkat diresapi dengan soda.

Komponenalas inovatif menawarkan solusi elegan untuk isolasi bangunan tua. Modul berisi saluran ventilasi atau teknologi pemanasan dan pendinginan yang tetap terlihat dari luar, dan bahkan dimungkinkan untuk mengintegrasikan komponen matahari menjadi alas. Komponen konstruksi industri pra-fabrikasi berarti bangunan dapat direnovasi dengan intervensi minimal, yang mengurangi waktu dan biaya. Ilmuwan IBP sedang mengembangkan komponen tersebut dalam sebuah proyek yang disponsori oleh Kementerian Federal Jerman urusan Ekonomi dan Teknologi (BMWi). Pendekatan inovatif ini juga memungkinkan banyak bangunan yang terdaftar untuk direnovasi dengan cara non-invasif dan non-destruktif.

Baca juga :   Integrasi Sistem Poin Aksi Terfokus
Mengamati hemat energi. (Sumber foto/@: Sumber foto/©:MEV, Fraunhofer)
Mengamati hemat energi. (Sumber foto/@: Sumber foto/©:MEV, Fraunhofer)

Gedung tinggi era 60-an yang boros energi

Panel insulasi vakum, atau vacuum insulation panels (VIP), untuk jangka pendek memfasilitasi isolasi termal dengan sangat ramping dan efisien. Panel dengan tebal kurang dari dua sentimeter, dan mampu melakukan isolasi untuk lapisan konvensional setebal 15sentimeter yang terbuat dari polistiren busa yang keras. Aplikasi yang paling umum untuk VIP sampai sekarang adalah lemari es. Para ahli sedang mengerjakan komponen baru dan proses produksi yang akan memperluas jangkauan aplikasi panel, memungkinkan mereka untuk digunakan lebih luas dalam industri pembangunan rumah.

Bangunan bahkan dapat didinginkan secara pasif dalam banyak hal, dengan menggunakan sistem bangunan thermo-aktif yang melakukannya lebih lengkap bila dibandingkan dengan kebutuhan untuk menginstal sistem AC. Plaster atau konstruksi panel yang mengandung bahan dengan perubahanfase terpadu dapat menyimpan dan merilis panas melalui kapsul mikro yang terintegrasi ke dalam materi dan dengan demikian mengimbangi suhu puncak. Para ilmuwan di Fraunhofer Institute for Solar Energy Systems ISE di Freiburg telah berkolaborasi dengan BASF untuk mengembangkan kapsulmikro yang dipenuhi dengan lilin parafin.

(Kiri) Air minum adalah komoditas berharga. (Sumber foto/©: MEV)
(Kiri) Air minum adalah komoditas berharga. (Sumber foto/©: MEV)

Freiburg adalah rumah yang pertama bertingkat tinggi untuk direnovasi sesuai dengan standar rumah pasif. Hasilnya adalah bahwa persyaratan pemanasan dari 16 lantai bangunan perumahan yang berasal dari tahun 1960-an mampu dipotong hingga 80 persen berkat modernisasi yang komprehensif.

“Dasar dari konsep kami adalah untuk menggabungkan balkon lama ke ruang hidup,” jelas Florian Kagerer, manajer proyek di ISE. Dalam rangka untuk mengurangi jumlah konsumsi energi bangunan, maka alas, atap dan langit-langit diisolasi, dan jendela dengan kaca rangkap tiga dipasang. Sebuah tabir eksternal mencegah kamar dari kelebihan panas pada musim panas. Sistem ventilasi yang dilengkapi dengan penukar panas akan terus-menerus menyediakan udara segar bagi apartemen. Listrik yang dihasilkan oleh pabrik fotovoltaik dipasang di atap. (Diolah dari Low-energy buildings tuisan Marion Horn, Fraunhofer)

Simak artikel terkait dengan topik PENGGUNAAN ENERGI (3)
Gunakan Bahan Bangunan dan Beton Daur Ulang

Advertisement

Tulis Opini Anda