DAYA LISTRIK (2)

Suplai Sistem Listrik Voltase Lebih Rendah ke Mobil

0
3

Di tiap ujung jalur transmisi DC berakhir dalam sebuah substation –di mana konversi AC-DC mengambil tempat–dengan kandungan hingga beberapa ribu sel inverter yang bersaklar tenaga semikonduktor.

power-electronics-for-2
Sirkuit elektrik RC menekan sementara dalam modul tenaga berbasis semi konduktor. Sirkuit elektrik RC dalam teknologi silikon, konstruksi monolitik pada sebuah substrat DCB (DCB:Direct Copper Bonding).(Sumber foto/ ©: Fraunhofer IISB)

“ Dengan teknologi konvensional, switchgear diperlukan untuk mengontrol sebuah 20 kilowatt suplai tenaga domestik akan mengisi keseluruha kabinet,” penjelasan Profesor Frey. “Kita dapat menyediakan fungsi yang sama dengan menggunakan tenaga elektronik efisien dalam sebuah kotak yang tidak lebih besar dari direktori telepon.”

Teknologi baru juga menarik bagi industri dan pengguna komersial, yang mana memiliki sistem kulkas dan pendingin, motor berkecepatan variatif dan sistem pencahayaan yang juga dapat dioperasikan lebih efisien, dapat diandalkan dan dengan biaya lebih rendah menggunakan tenaga DC.(
Pada skala berbeda, tenaga elektronik juga memainkan peran penting dalam sistem suplai energi Jerman dan Eropa. Transmisi DC voltase tinggi (HVDC) menawarkan banyak keuntungan untuk jalur tenaga jarak jauh bagi berbagai jenis kebutuhan Jerman dalam menyalurkan energi yang dihasilkan ladang angin lepas pantai di bagian utara negara sampai ke konsumen listrik di selatan.

Advertisement

Keuntungan metode ini adalah kehilangan energi lebih rendah 30 sampai 50 persen dibandingkan dengan dalam sebuah sistem transmisi AC. Jalur transmisi DC modern dapat dioperasikan pada voltase lebih dari beberapa ratus ribu volt – dan makin tinggi voltase, makin rendah kehilangan transmisi.

Kabel dapat diinstalasikan sebagai jalur tenaga tambahan pada rute darat, atau dikubur dalam tanah, atau digunakan sebagai kabel kapal selam. Di tiap ujung jalur transmisi DC berakhir dalam sebuah substation –di mana konversi AC-DC mengambil tempat–dengan kandungan hingga beberapa ribu sel inverter yang bersaklar tenaga semikonduktor.

Mengembangkan sel yang lebih baik

Baca juga :   Apartemen Cerdas Penghemat Biaya

Tiap sel inverter memiliki berat sekitar 50 kilogram dan menyimpan kuantitas energi secara kasar ekuivalen dengan tenaga ledakan granat tangan. Salah satu kunci pencapaian peneliti Fraunhofer telah mendesain sebuah sistem fail-safe yang mencegah perambatan kesalahan dari sel inverter gagal, memungkinkan sistem secara keseluruhan untuk melanjutkan operasi tanpa interupsi.

teknologi-silikon-2
Sebelum ada teknologi silikon germanium, chip dengan performa tinggi banyak digunakan di BTS dan link optik yang dibangun dengan menggunakan proses yang mahal. Usumber foto/@: www.jagatreview.com)

penyimpanan energi terdesentralisasi, banyak generator baru, dan tentu saja konsumen akhir, akan dihubungkan melalui nodes elektronika yang beragam. Bersama dengan sistem kontrol pintar, ini akan memiliki efek stabilisasi pada jaringan secara keseluruhan,” tegas Frey.

Elektronika daya juga memainkan peran penting dalam elektromobilitas. Di sini, baterai lebih berperan dibandingkan dengan hanya mengendarai motor elektrik mobil–ini juga membutuhkan voltase tinggi tersentralisasi, 400V jaringan listrik. Hal tersebut juga menyuplai sistem listrik voltase lebih rendah pada mobil, yang memberi daya pada penerangan, air conditioning, power steering, radio, windshield wipers dan fungsi esensial pada kendaraan yang lain.

Dalam banyak kasus, beban elektrikal membutuhkan voltase dan arus yang berbeda. Interface penting disediakan oleh konverter tenaga elektronik. Mereka perlu mengikuti dengan kebutuhan electromagnetic compability (EMC) untuk memastikan mereka tidak mengganggu dengan atau terganggu dari komponen elektronik atau sistem kendaraan lain dengan cara radiasi elektromagnetik. (Bahan diolah dari Power electronica for the energiewende tulisan Brigitte Röthlein, Fraunhofer 1/15)

Simak artikel selanjutnya dengan topik DAYA LISTRIK (3)
Integrasi Sistem Poin Aksi Terfokus

Advertisement

Tulis Opini Anda