TEKNOLOGI PENGGERGAJIAN

Sortasi dan Penyusunan Secara Otomatis yang Terintergrasi Penuh

0
7
Sebuah robot menaruh bidang potong pada satu dari empat palet. (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG) 

Mesin ini secara ideal terhubung dengan seluruh proses produksi upstream dan downstreamsebuah langkah atau tingkatan penting dalam implementasi era Industri 4.0.

KASTO Performance Cutting (KPC) adalah sebuah varian peralatan untuk pengoperasian yang tanpa berisik meski melakukan pemotongan yang meningkat (banyak). (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG)

Gergaji pita KASTOtec FC4 full otomatis yang baru-baru ini terpasang dan digunakan telah menghasilkan suatu peningkatan yang sangat besar dalam produktivitas bagi penyuplai peralatan mesin di Austria. Tak hanya gergaji tersebut didesain untuk digunakan dengan pisau karbida yang dilengkapi oleh perusaahan KASTO dengan sistem berasistensi robot yang berfungsi untuk menyortir bagian cut-off. Dengan menghubungkan gergaji ke sistem manajemen manufaktur, pengguna dapat memantau seluruh data produksi untuk memastikan pengoperasian dengan hemat tenaga, aman, dan tentu saja dapat diandalkan.

Kawasan Austria bagian Selatan sangat terkenal dengan pemandangan alamnya. Padang rumput yang diterangi sinar matahari dan perbukitan yang lembut bergelombang menarik pendaki dan pesepeda pada setiap musim panas. Sedangkan pada musim dingin, sejumlah area ski menawarkan kondisi yang sempurna untuk para penggemar olah raga musim dingin.

Advertisement

Di daerah ini ada sebuah kejutan jika ingin menemukan komponen peralatan mesin khusus yang diproduksi di lokasi area yang indah yang lokasinya  persis di antara wilayah Graz dan Klagenfurt. Di lokasi inilah sebuah perusahaan milik keluarga orang Austria yang mengoperasikan unit produksinya dengan daerah yang luas.

Perusahaan ini mengembangkan, memproduksi, dan menjual suatu solusi untuk mengatur vibrasi torsional dalam beragam mesin gas dan diesel. Produknya pun bervariasi termasuk kopling yang fleksibel secara torsional dan elastis serta damper vibrasi torsional yang terbuat dari baja dan material fiber komposit. Komponen-komponen tersebut digunakan dalam sistem propulsi kapal, generator atau mesin pembangkit tenaga (listrik), bulldozer,  dan bahkan lokomotif kereta—itulah beberapa contoh penggunaannya.

Penggunaan paralel metode penggergajian yang berbeda

Satu dari area produksi pertama adalah unit penggergajian. Stok baja bulat dan lembaran, sebagian besar baja temper yang disuplai sebagai material batang baja yang dipotong dengan panjang yang presisi. Bahan (material) yang berkualitas tinggi sangat sulit untuk dipotong. Akan tetapi, sejak Desember 2014, mesin gergaji pita otomatis KASTOtec FC 4 yang dibuat oleh spesialis teknologi penyimpanan dan penggergajian buatan KASTO mampu menggergaji dan memotong bahan baja yang sangat keras itu.

Sebuah magasin dengan ruang untuk empat batang bahan baja dengan panjang hingga 3500 milimeter yang disuplai ke  gergaji pemotong bahan baku atau material. (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG)

Padahal gergaji yang digunakan sebelumnya saat itu tidak mampu untuk memenuhi peningkatan permintaan dalam performa pemotongan. Oleh karena itu, perusahaan memutuskan untuk membeli gergaji baru dan ternyata dengan mudah mememotong bahan baja sesuai dengan syarat dan hasilnya demikian akurat.

Efisiensi penggergajian yang lebih tinggi dengan KASTO Performance Cutting

Orang atau pun pebisnis tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan lokasi KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG. Dengan KASTOtec FC 4. KASTO menawarkan solusi yang sempurna untuk pekerjaan sesuai permintaan. Dengan jangkauan potong 430 milimeter dan dimensi potong terkecil 10 x 10 milimeter, mesin ini secara efisien dapat memotong material berbagai diameter.

Selain itu, fitur tambahan KASTO Performance Cutting (KPC) membuat gergaji cocok dalam menggunakan pisau gergaji karbida. “KPC termasuk sejumlah pengukuran untuk meningkatkan pengendalian pisau gergaji, untuk mencegah vibrasi dan untuk mengoptimalkan damping alat penggergaji,” jelas Sönke Krebber Kepala Strategic Predevelopment perusahaan KASTO.

“Sebagai contoh, vibrasi secara efektif dilumasi dengan pengendali berisi pegas pada pisau balik, memastikan pengoperasian yang kebih tenang tanpa suara bersisik.”

Sebelum menentukan solusi ini, manajer perusahaan Austria ini mengunjungi KASTO di Achern-Gamshurst, Jerman. Dia sangat terkesan dengan teknologi baru itu. Mereka juga menghargai penerimaan secara profesional selama mereka bertatap muka. Alasan lain untuk membuat keputusan adalah nilai uang yang sesuai sistem dan sangat baik, dan secara nyata KASTO mampu untuk menarwakan apa pun yang dikehendaki dari sumber utama.

Perusahaan ini tak hanya memutuskan untuk membeli gergaji baru, juga membeli sistem sortasi berasistensi robot untuk di bagian cut-off  yang berfungi sebagai alat otomatisasi dengan tugas untuk pemindahan dan penyusunan yang monoton atau terus-menerus yang membutuhkan banyak waktu. KASTO menyelesaikan masalah ini dengan menyuplai sebuah robot industrial buatan perusahaan ABB dengan pencengkeram magnetik yang dapat ditukar untuk mengangkat benda tersebut dan kemudian menyimpanya di satu dari empat lokasi palet yang sudah tersedia sebelumnya.

Aliran informasi dan material terintegrasi

Gergaji ini disupali dengan sebuah magasin yang dapat menahan empat batang baja sepanjang hampir 3500 milimeter. Hal ini membuat produksi dapat berlangsung tanpa pengawasan secara penuh bahkan dalam waktu yang cukup lama. Manajemen KASTOtec memperoleh data sesuai urutan dan dimensi dari manufacturing execution system (MES), yang terhubung dengan gergaji melalui interface kustom.

Dengan cara tersebut, mesin ini secara ideal terhubung dengan seluruh proses produksi upstream dan downstream–sebuah langkah atau tingkatan penting dalam implementasi Industri 4.0. Dan hasilnya adalah proses produksi dapat diketahui lebih transparan dan faktual.

Sebuah robot menaruh bidang potong pada satu dari empat palet. (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG)

 

Alat kontrol mesin penggergaji EasyControl memastikan pengoperasian KASTOtec secata sederhana dan intuitif. Interface dengan grafis terstruktur sangat jelas dengan cepat memandu operator pada fungsi yang dibutuhkan. Hubungan ke MES membuat banyak proses, seperti pergantian di antara urutan, berubah secara otomatis penuh. Keadaan itu  membuat pekerjaan lebih mudah dan memastikan keamanan yang lebih pasti.

Jika sebuah proses tidak berjalan sesuai dengan aturan yang benar seperti biasanya, spesialis penggergajian KASTO dan programmer robot bekerja sama dalam satu lokasi dan siap membantu. Mereka dapat memperoleh remote access pada sistem, kapan saja dan siap melakukan perbaikan masalah apa pun dalam waktu relatif singkat.

Produktivitas didorong oleh sebuah faktor dalam tiga-empat kali li

Bagi pengguna atau industri terkait, solusi khas KASTO menjadi sangat diperlukan. Sistem penggergajian karbida telah mendorong produktivitas hingga tiga sampai empat tingkat dibandingkan dengan hasil atau pekerjaan  sebelumnya. Tooling time  dan waktu siklusnya rendah meski perusahaan membutuhkan sekitar 1000 buah yang berbeda panjang dan pembagian silang untuk memproduksi banyak produknya–menurut otomasi dan konektivitas dengan mesin penggergaji.

Mesin hacksaw KAISTO ini dibeli pada tahun 1980-an dan  masih bekerja dengan sempurna. (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG)

Penyortasi bagian cut-off  yang mempunyai asisten yakni robot telah terbukti  sukses hingga perusahaan berencana untuk menggunakan teknologi baru ini untuk gergaji tambahannya. Kombinasi efisien KASTO dalam mesin penggergaji dan teknologi penyimpanan otomatis terutama membuat kesan yang besar. Pengguna melihat ini sebagai model yang sangat baik untuk pertumbuhannya nanti.

Pengguna meyakinkan telah menemukan partner yang tepat untuk masa depan. “KASTOtec menyediakan bagi kami, kapasitas yang kami butuhkan untuk menghadapai tantangan pada tahun-tahun mendatang,” pendapat wakil perusahaan. “Dan kami melihat sejak  awal mula bahwa KASTO menaruh perhatian besar dalam kualitas dan umur layanan yang panjang,“ tambahnya dengan tersenyum sambil menunjuk arah hacksaw di sebelahnya. Alat itu juga buatan KASTO yang melakukan pekerjaannya dengan sempurna sejak tahun 1980-an.

Seorang petugas melakukan pengawasan melalui alat kontrol mesin penggergajian EasyControl untuk memastikan pengoperasian KASTOtec yang yang mudah  dan intuitif. (Sumber foto/@: KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG)

  

Perusahaan Maschinebau GmbH & Co. KG  berpusat di Achern, Jerman, merupakan perusahaan spesialisasi dalam teknologi penyimpanan dan penggergajian untuk bahan mentah logam. Perusahaan ini termasuk pemimpin global dalam manufaktur dan penjualan gergaji pemotong logam dan sistem penyimpanan otomatis dan semi otomatis untuk bahan mentah logam dan lempengan logam.

Perusahaan ini juga merupakan manufaktur terdepan dalam sistem handling otomatis untuk logam batangan, lempengan logam, dan bagian pre-cut. Perusahaan ini adalah milik keluarga dan tertua di Eropa. KASTO merayakan peringatan ulang tahunnya yang ke-170 pada tahun 2014. Sebagai bagian dari sejarah kesuksesannya dengan menorehkan 160 hak  paten yang mengantarkan lebih dari 140.000 mesin penggergaji ke seluruh dunia dan membuat lebih dari 1.800 fasilitas penyimpanan otomatis. Perusahaan ini mempunyai kantor cabang di Schalkai, Thuringia, dan di Inggris, Perancis, Swiss, Singapura, dan Amerika Serikat.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci silakan hubungi:
KASTO Maschinenbau GmbH & Co. KG–Stephanie Riegel–Stolzer,
Member of the Management Board–Industriestr,  14 – 77855 Achern,

Jerman
Tel. +49 7841 61-387 – Fax +49 7841 61-70 388

 

Agen:
a1kommunikation Schweizer GmbH-Oberdosfstr. 31A – 70794 Fiderstadt,
Jerman
Tel. +49 711 945 4161-40
[email protected]
www.a1kommunikation.de

Advertisement

Tulis Opini Anda