Sistem pengelasan termal RI terbaru dari Branson

0
6

Branson Ultrasonics Corporation memperkenalkan lini sistem pengelasan termal Rotary Indexed (RI) terbarunya yang memberikan kepada pabrikan peningkatan hasil dan produktivitas dalam proses perakitan. Pengelas Branson seri RI 201, 301 dan 401 ini memadukan dua posisi meja putar dengan pengelas panas standar Branson serta digunakan untuk pemancangan, pemaluan, penyisipan, dan pengecapan tanggal.

Thermal staking

Advertisement

Dalam pemancangan termal, juga merujuk sebagai ”pemanasan pancang, kepala atau kelim,” aliran plastik cair yang terkontrol digunakan menangkap atau menahan komponen yang lain, menggabungkan plastik dengan plastik atau logam atau jenis material yang lain (misalnya PCB). Proses ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengelasan ketika dua part yang akan dirakit terdiri dari material-material yang berlainan yang tidak dapat dilas atau ketika retensi mekanis sederhana dari salah satu part yang ber-hubungan dengan yang lain cukup (sebagai lawan terhadap ikatan molekular).

Aplikasi yang paling biasa digunakan termasuk penempelan logam ke plastik. Sebuah lubang pada part logam menerima nap plastik yang sudah dimold sebelumnya. Tip termal menyentuh nap (boss) dan menghasilkan panas yang terlokalisir. Ketika boss meleleh, tekanan api dari tip membentuk kepala hingga bentuk yang ditentukan oleh konfigurasi tip. Bila sumber panas ditarik masuk, material plastik mengeras dan material-material yang berbeda ini terikat bersama-sama. Ini adalah pelelehan progresif boss plastik di bawah tekanan api yang terus menerus yang membentuk kepala. Ketika staking, biasanya lebih direkomendasikan tekanan rendah daripada tekanan tinggi.

Baca juga :   Mesin multi-axis seri NZ dengan hingga 3 turret untuk produksi massal dari Mori Seiki

Manfaat-manfaat thermal staking:

– Estetika lebih bagus.

– Tidak menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik yang mudah pecah atau sensitif.

– Keausan perkakas minimal.

– Tidak ada kilat atau bahan particulate yang terbentuk.

– Terbentuk pancang-pancang yang sangat ketat dengan metoda yang sudah terbukti.

– Material termoplastik apapun mudah dipancang.

– Bisa memancang satu atau beberapa pancang pada berbagai bidang secara simultan.

– Tidak ada pecah, pemisahan, patahan, atau tekanan yang diterapkan pada boss.

Thermal insertion

Pada penyisipan termal sebuah logam sisipan ditempatkan di suatu lubang yang dibor, yang jelas lebih kecil dibandingkan sisipan. Lubang ini memberi derajat interferensi tertentu dan juga memandu sisipan masuk ke dalam. Panas dari tip thermal berjalan melalui sisipan ke interface logam dan plastik. Panas yang dihasilkan oleh tip thermal akan menyebabkan plastik meleleh, dan ketika tip thermal berlanjut, sisipan ditanamkan ke dalam komponen. Cairan plastik mengalir ke pinggiran bergerigi, lipatan, dan ketika sumber panas ditarik masuk, plastik menguat kembali dan sisipan akan terbungkus aman.

Advertisement

Tulis Opini Anda