TEKNOLOGI LASER (2)

Sistem CAD Memasok Data Geometrik

0
7
Dengan menggunakan AutoCAD, sebuah badan pesawat terbang dirancang. (Sumber foto: http://www.hexagon.de/)

Metode baru ini ditujukan untuk pengguna yang ingin mempercepat proses pemolesan dan menghemat biaya dengan mengotomatisasi prosedur. Pemolesan dengan sinar laser tidak dapat memenuhi tuntutan yang ekstrim pada kualitas permukaan.

Dengan menggunakan AutoCAD, sebuah badan pesawat terbang dirancang. (Sumber foto:  http://www.hexagon.de/)
Dengan menggunakan AutoCAD, sebuah badan pesawat terbang dirancang. (Sumber foto: http://www.hexagon.de/)

Meskipun sudah pernah ada beberapa solusi mekanis untuk peralatan kerja yang sangat sederhana, namun alat ini tidak cocok untuk pengolahan yang rumit,yaitu geometri tiga dimensi. Ini berarti bahwa produsen alat, mesin atau mobil tidak punya pilihan selain untuk menyelesaikan komponen produk itu dengan menggunakan tangan atau konvensional.

“Pemolesan secara manual sangat memakan waktu dan karena itu juga mahal,” kata Willenborg. Para ahli di Institut Fraunhofer menghitung bahwa dibutuhkan rata-rata dua menit per sentimeter persegi untuk memoles alat baja dengan laser, sementara permukaan titanium dapat dipoles dalam waktu tiga detik per sentimeter persegi. Sebaliknya, pemolesan konvensional dengan tangan sering memakan waktu 10-30 menit per sentimeter persegi.

Advertisement

Mengajar alat laser untuk memoles pada tingkat kualitas dan kehandalan yang diinginkan bukanlah tugas yang mudah. Dengan menggunakan prosedur pemolesan bertingkat, yang terburuk dari kekasaran bisa disamakan keluar terlebih dahulu sebelum yang terakhir dari benjolan dikeluarkan dalam proses finishing halus, laser yang khusus mampu mencapai hasil yang sangat baik bahkan dalam kondisi yang sulit.

“Kami mulai dengan memoles bentuk geometris yang sangat sederhana dan menetapkan bahwa, pada prinsipnya, proses ini juga cocok untuk permukaan tiga dimensi,” kata Willenborg. Kisaran permukaan 3-D yang bisa dipoles saat ini secara bertahap akan diperpanjang. Para ilmuwan Fraunhofer juga menyelidiki bahan yang berbeda yang sangat cocok untuk pemolesan dengan sinar laser. Salah satu bahan yang diuji adalah titanium, yang memainkan peran dalam bidang pencangkokan medis.

Peran CAD software demikian besar untuk merancang alat yang dinamakan CATIA V5 R18 ini (Sumber foto: http://cfnewsads.thomasnet.com/)
Peran CAD software demikian besar untuk merancang alat yang dinamakan CATIA V5 R18 ini (Sumber foto: http://cfnewsads.thomasnet.com/)

Tidak ada solusiyang terbaik

Selain sumber cahaya yang disesuaikan, yang dapat bergerak bebas ke posisi apapun, komponen sistem lain diperlukan termasuk optik pengolahan yang sesuai dan pengendalian proses yang fleksibel. Para peneliti ambisius membuka jalan menuju tujuan mereka untuk memproduksi alat mesin yang siap digunakan untuk menghaluskan dengan diintegrasikan ke dalam jalur produksi yang ada dan menawarkan keuntungan dari segi biaya produksi.

Akan tetapi, tidak akan ada solusi yang terbaik, bahkan di masa depan, untuk semua bagian yang berbeda dari sistem yang harus diselaraskan dan disesuaikan dengan masing-masing aplikasi untuk mencapai hasil pengolahan terbaik. “Semuanya tergantung pada kombinasi sempurna dari semua elemen individual,” kata Willenborg.

Para peneliti terutama bekerja untuk membangun pengaturan parameter proses yang tepat untuk polishing komponen tiga dimensi. Pengatur laser harus mencapai nilai tertentu dari kekasaran pada permukaan komponen dalam waktu yang sesedikit mungkin. Tingkat permukaan ini merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas aplikasi.

Sinar laser memanaskan lapisan batas kertas tipis kurang dari 0,1 milimeter tebal pada permukaan logam komponen. Karena tegangan permukaan antarmuka dari logam cair, maka permukaan komponen bisa keluar tanpa memerlukan bantuan mekanik, yang berarti bahwa pengamplasan alur dan goresan yang sekarang adalah sesuatu yang berasal dari masa lalu.

Baca juga :   Bagaimana Menghadapi Ulah Para Pembajak?

Proses untuk melelehkan lapisan permukaan dapat diatur secara tepat, sehingga memungkinkan untuk ditentukannya kualitas dari hasil. Keuntungan lainnya terletak pada proses hasil peleburan yang bebas debu. Karena tidak adanya abrasi mekanik selama pemolesan dengan sinar laser, sehingga pencemaran lingkungan melalui debu atau limbah bisa dihindari.

Permukaan mengkilap dalam berbagai aplikasi

Metode baru ini ditujukan untuk pengguna yang ingin mempercepat proses pemolesan dan menghemat biaya dengan mengotomatisasi prosedur. Namun, seperti dijelaskan oleh Willenborgbahwa pemolesan dengan sinar laser tidak dapat memenuhi tuntutan yang ekstrim pada kualitas permukaan.

Saat ini hanya mungkin untuk mencapai kualitas menengah, meskipun hal ini sangat cukup untuk berbagai sektor industri dan aplikasi. Sinar laser sekarang dapat mengurangi kekasaran permukaan dengan faktor 20, yang merupakan perbaikan besar atas metode yang dikenal. Beberapa makalah penelitian ada pada upaya untuk memoles logam dengan teknologi laser yang hanya mencapai faktor 2-3.

Meskipun ILT telah menerima banyak permintaan dari industri, para penggunanyamasih harus bersabar. Sebelum teknik ini dapat dirilis untuk digunakan dalam lingkungan industri yang nyata, pekerjaan pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk merancang koneksi yang sesuai dengan sistem CAD untuk memasok data geometrik pada permukaan yang dipoles. Ada juga keterbatasan tertentu, seperti alur yang dipotong besar, yang hampir mustahil untuk dikerjakan oleh sinar laser.

“Jika sudut sinar laser menjadi menjadi terlalu datar, maka hasilnya bisa buruk,” jelas Willenborg. Prioritas utama dalam agenda peneliti ini adalah aplikasi 3-D. Aplikasi ini terutama akan menguntungkan peralatan dan cetakan konstruksi, yang membuat tuntutan sangat tinggi pada pemolesan cetakan bidang kerangka untuk bagian plastik.

Untuk ahli laser di Aachen, aplikasi jenis ini mewakili puncak ketrampilan khusus mereka. Pengetahuan dan teknologi dibutuhkan untuk menempatkan pemolesan ini di dalam praktek yang sudah ada. “Sekarang, kita hanya perlu untuk memanfaatkan potensi penuh pengetahuan ini,” kata Willenborg. Diolah dari Polishing components with a laser beam tulisan Andreas Beuthner, Fraunhofer dan http://hadiwong.blogspot.com)

Simak artikel terkait dengan topik  TEKNOLOGI LASER (1)
Memoles Komponen itu Mudah

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda