Sinar Ultraviolet untuk Mengecat Mobil

0
11
Radiasi Mobil
Para peneliti merancang radiasi yang optimal dengan menggunakan bantuan sebuah komputer. (Sumber foto/@: Fraunhofer IPA)

Sikat yang digunakan di tempat pencucian mobil, ilalang di perkebunan, lubang di jalan raya, dan banyak hal yang lainnya bisa membuat goresan pada cat badan mobil. Untuk mencegah kerusakan pada lapisan pelindungnya, para pembuat mobil telah memperkuat ketahanan cat dengan sebuah proses baru yang menggunakan sinar UV.

Radiasi Mobil
Para peneliti merancang radiasi yang optimal dengan menggunakan bantuan sebuah komputer. (Sumber foto/@: Fraunhofer IPA)

Pada bengkel cat tertentu, partikel-partikel yang sangat kecil dari serbuk cat berpencar melalui udara dan ada yang jatuh pada sebagian badan mobil, menempel walaupun sangat ringan. Bubuknya itu tidak sampai dilelehkan dengan menggunakan oven, yang diikuti dengan penyinaran menggunakan sinar UV, agar molekul-molekul cat berubah wujud menjadi suatu jaringan yang padat untuk membentuk suatu lapisan pelindung yang teramat sangat keras untuk menahan goresan. Sebelum proses pengecatan bisa dimulai, para teknisi harus memposisikan ulang pemancar-pemancar sinar UV untuk setiap badan mobil yang baru.

Para peneliti pada Fraunhofer Institute for Manufacturing Engineering and Automation IPA telah menggabungkan kekuata dengan suatu produsen mobil untuk mengembangkan suatu program simulasi yang menjadikan radiasi secara optimal mampu dirancang dengan menggunakan bantuan sebuah komputer. Langkah ini sangat mengurangi pemakaian praktek-praktek ujicoba yang mahal. Program tersebut mendorong para teknisi untuk mampu menggantikan secara interaktif posisi-posisi dan gerakan-gerakan yang berhubungan dari pemancar sinarnya serta mensimulasikan radiasinya dengan lampu-lampu UV yang mereka pilih dengan periode waktu tertentu. (Fraunhofer)

Baca juga :   Mudah Mengecek Bahan Peledak di Tumit orang
Advertisement

Tulis Opini Anda