Sikat Tatal Tingkatkan Fleksibilitas Hasil Akhir

0
11

Bernd Rosemann

Sikat tatal terbuka sebagai teknik finishing permukaan karena banyaknya jenis perkakas dan material abrasif yang tersedia yang sangat potensial untuk bermacam-macam aplikasi. Metode produksi ini dapat dimanfaatkan baik dalam produksi skala besar maupun kecil.

Produksi halus dari komponen KFZ oleh sikat tatal; produksi program kontrol berlangsung untuk produksi penggilingan dengan sistem CAD/CAM.

Pemotongan brush konvensional, yang juga dikenal dengan milling jarum, merupakan proses produksi klasik yang secara geometris membatasi tepian potong. Sejumlah pin kawat logam yang elastis yang ujungnya digunakan sebagai pemotong. Sebagian besar paku-paku kawat digunakan dalam bentuk sikat putar (sikat logam) (Gambar 1). Sebaliknya, teknologi inovatif dari sikat tatal ini memotong secara geometris yang tidak tentu pada penggunaan polimer, yang membawa bahan abrasif yang disimpan (filament brush). Jumlah ini tidak diberi nama persis di partikel abrasif yang digunakan selama proses produksi melalui kontak dengan permukaan benda kerja ke removal material, yang dapat dirancang tergantung pada sifat yang diperlukan dari permukaan yang akan diproduksi dalam wilayah yang luas. Jadi orang mendapatkan teknik produksi dengan perangkat kerja yang elastis, yang mirip dengan proses grinding,  yang melepaskan perangkat grinding mahal, sensitif, dan akurat.

Advertisement

 

Rambut-rambut sikat (a) dan sikat logam (b) untuk sikat tatal. Gambar 2: Perbandingan teknok/metode - nilai kekasaran yang ingin dicapai pada sikat tatal membuka potensi produksi permukaan bila digunakan pada mesin produksi CNC.

Bürstspanen sebagai teknik proses finishing pada mesin bubut dan mesin penggilingan CNC

Bürstspanen dengan Filamentbürsten dapat digunakan pada mesin bubut CNC atau pusat produksi konvensional sebagai teknik proses finishing. Seringkali ini memungkinkan penghapusan penggunaan satuan kerja tambahan, seperti untuk grinding silinder eksternal dikombinasikan dengan penghapusan pertukaran stasiun dan waktu persiapan dan penyempurnaan yang tepat. Berbagai macam filamen, bahan baku, ukuran dan geometri  yang berbeda menyebabkan perangkat kerja yang bervariasi, sangat fleksibel dan mudah beradaptasi pada kebutuhan produksi .
Tergantung pada jenis dan lokasi dari geometri benda kerja Bürstspanen dapat digunakan dengan cara yang berbeda – sebagai contoh, sebagai mesin bubut proses produksi luar dan dalam atau proses produksi muka – secara fleksibel.
Bürstspanen berlaku di berbagai bidang aplikasi untuk proses ekonomi dan ekologi dari berbagai material yang berbeda (logam untuk keramik hingga kayu atau tekstil) dan pada realisasi efisien Feingestaltparameter. Proses produksi permukaan tanpa sarana pendingin membuat proses dari sisi ekonomi dan ekologi terlihat menarik. Dengan demikian, hal ini cocok untuk stasiun produksi dengan proses produksi kering.
Permukaan mesin yang besar dapat diproduksi dalam waktu singkat

Aplikasi potensial berawal dari mulai dari pengasaran target area permukaan hingga produksi permukaan optik atau fungsional melalui proses Entgraten hingga produksi halus pada kuantitas survei yang sedikit juga hingga pengaruh yang ditargetkan pada struktur permukaan, misalnya struktur silang mirip dengan asahan silinder (Zylinderhonen).
Pada pusat produksi CNC, Bürstspanen sangat menarik terutama karena fakta nilai kekasaran dapat dicapai pada mesin ini. Dengan ini, permukaan mesin yang besar dapat dimodifikasi dalam waktu singkat. Pada gambar 2 jelas terlihat prosedur/teknik produksi mana yang melengkapi kekasaran permukaan dan prosedur mana yang dapat disubstitusi dengan Bürstspanen dalam proses kombinasi [1].
Terutama untuk analisis tambahan yang menarik adalah kemampuan/kemungkinan  pemindahan mekanik karat, skala atau permukaan kontaminan sebagai langkah pembersihan atau sebagai metode pra-perawatan permukaan.

Baca juga :   Memaksimalkan Capaian Profit Dengan Sistem Otomasi Terintegrasi
Produksi halus komponen KFZ oleh sikat tatal.

Terdapat cukup contoh penerapan sikat tatal

Pada produksi mesin kepala silinder, katup, bak mesin, dan poros mesin harus diperbaiki (Gambar 3). Dalam cetakan konstruksi, sebagai contoh, permukaan mesin dapat diperbaiki agar menjadi halus [2 dan 3].
Selain produksi bagian-bagian baru, pengolahan atau penyesuaian kembali aplikasi menjadi hal yang sangat menarik. Renovasi komponen berguna untuk produksi kembali bagian-bagian yang telah digunakan, dimana teknik produksi yang terpisah pada perangkat mesin berhasil digunakan. Dengan demikian sikat tatal sangat efisien untuk digunakan, baik untuk pengolahan fungsional maupun, karena untuk ditingkatkan dalam banyak kasus, struktur halus permukaan haris diperbaiki [4]. Sebuah contoh aplikasi adalah perbaikan poros mesin, di mana permukaan silinder diperbaiki dengan alat penyikat [5].
Sikat tatal adalah teknik produksi yang fleksibel

Sikat tatal adalah teknik produksi yang fleksibel, yang harus diterapkan secara otomatis untuk penggunaan produktif. Melalui hal ini, bidang-bidang penggunaan dalam produksi skala kecil dan besar dapat dikembangkan. Oleh karena itu, CNC yang sudah stabil dapat digunakan [2]. Produksi program kontrol dilakukan seefisien mungkin serupa untuk produksi penggilingan dan pengeboran dengan sistem CAD/CAM yang sesuai [6]. (MM/gesamt-001-2010 p-94)

Dr-Ing. Bernd Rosemann adalah Professor di Departemen Teknologi Produksi Ramah Lingkungan Universitas Bayreuth.

Advertisement

Tulis Opini Anda